Bakso bakar murmer, nyempil nih di pojokan Malang

Pagi masbro..

Artikel kuliner kali ini, bertema bakso. Yups, makanan yang mayoritas berbentuk bulatan ini, bisa dibilang makanan sangat populer, apalagi di Malang. Beragam olahan , bentuk hingga rasa bakso bisa ditemukan di Malang. Salah satunya, bakso bakar

Banyak banget merk, eh, judul bakso bakar di Malang. Menyajikan olahan bakso yang ditusuk lantas dibakar diatas api arang, dan disajikan dengan saus kacang. Nah, yang saia jumpai kali ini masih mirip juga. Saat melipir lewat jalur alternatif karena macet luar biasa di proyek underpass Karanglo bareng si bleki, ketemu dengan warung bakso bakar ini.

Berlokasi di jalan alternatif Arjosari, Malang yang merupakan jalur kampung, menghubungkan Singosari dengan Arjosari dan bisa juga menuju Pakis. Jalur kampung ini lumayan nyaman, sudah aspal mulus. Pas di sebuah tikungan, ketemu warung bakso bakar ini.

Berdesain sederhana, yaitu semacam warung tenda semi permanen. Sangat mudah ditemukan, asal tahu jalan alternatif ini πŸ˜† Kalau yang dari dalam kota Malang sih, bakal rada susah nyarinya. Menu unggulannya, ya jelas bakso bakar meski tersedia lainnya seperti bakso kuah, dan aneka minuman. Langsung deh, pesen seporsi bakso bakar pada ibu dan bapak penjual yang ramah, kayak tetangga sendiri deh.

Oh iya, saat memesan, pasti bakal ditanyai, kuahnya mau diisi apa? Yup, sebagai pendamping bakso bakar, pasti ada semangkok kuah. Disini, bisa pilih isian kuahnya. Mau bakso juga, atau tahu, mie bisa juga semacam siomay. Saia pilih tahu dan mie masing-masing 2 buah, supaya nggak kelewat bentrok dan berat, lha wong sudah ada bakso bakarnya, hehehehe

Nggak pakai lama, bapaknya menyiapkan beberapa tusuk bakso yang dibakar diatas api arang. Yah, macam bakar sate itu. Asap tipis mengepul dengan bau khas, sangit gurih. Selang beberapa saat, seporsi bakso bakar dan kuahnya dihidangkan dimeja.

Mantap. Bakso bakar yang masih sedikit mengepulkan asap ada dipiring, berikut guyuran saus kacang kecoklatan. Saus kacang ini, sangat mirip dengan saus atau bumbu sate. Paling asyik, tambahkan sedikit sambal lalu gulingkan si bakso bakar, maknyusss. Tekstur baksonya sendiri, empuk dan nggak kelewat kenyal. Gurih, rasa asap dan sedikit sangit bakaran, nggak mengalahkan rasa baksonya yang lumayan gurih dan enak

Seporsi bakso bakar, berisi 2 tusuk bakso yang masing-masing terdiri dari 3 butir bakso. Ditemani segelas es teh pereda pedas sambalnya, bakso bakar berikut kuah dan isiannya tandas sudah. Saatnya membayar nih, dan tebak habis berapa hayo??

Selembar duit IDR 20.000 masih ada kembalian, masbro. Seporsi bakso bakar, dengan 2 tusuk bakso berisi 6 butir dihargai hanya IDR 12.000 saja. Sementara tambahannya, tahu dan mie hanya berharga IDR 500 saja. Total jenderal, berikut segelas es teh manis adalah IDR 17.000 saja

Murah pake bangets kan? Harga merakyat deh pokoknya. So, buat yang demen trabas cari jalan alternatif di Malang, jangan sia-siakan pengalaman menjajal banyak kuliner murmer di Malang Raya, termasuk salah satunya ya ini, bakso bakar.

Semoga kepingin

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s