Sedikit eksplorasi Toyota Sienta

Di artikel sebelumnya, saia sudah mendongeng kala testdrive. Nah, kali ini, yuk dibahas sedikit beberapa fitur yang ada pada Toyota Sienta. Kalau bahas tentang mesin, penggerak dan sebagainya, sudah gamblang di media lain. Saia bahas yang printhilan saja deh, meski berbeda-beda fitur yang ada di tiap tipe Sienta, seperti dijelaskan lewat spesifikasi berikut.

sienta-spesifikasiSliding door alias pintu geser. Meski terpasang di semua tipe, tapi khusus tipe E, harus didorong manual. Tipe G, sisi kiri sliding door sudah elektrik, sementara V dan Q, sliding door kiri-kanan sudah elektrik semua.

sienta sliding doorUntuk keyless, hanya diadopsi tipe V dan Q, tipe E dan G, masih menggunakan kunci biasa, meskipun sudah dilengkapi alarm juga tanpa immobilizer.

sienta keylessKompartemen alias ruang penyimpanan, sama di semua tipe. Didashboard kiri ada 2 atas dan bawah, ditambah bottleholder, dan masih juga ada tambahan di doortrim pintu.

sienta dobel kompartemenPiranti entertainment alias hiburan multimedia, yang beda hanya di tipe E. Aplikasi head unit double din, sudah support USB, CD serta MP3. Untuk tipe G, V dan Q, setingkat diatasnya. Sudah menggunakan head unit touchscreen berukuran 7  inchi yang support semua tipe multimedia. Sayang, masih kurang kamera parkir nih, yang terpasang hanya sensor parkir saja.

sienta huPiranti keselamatan sama, dilengkapi ABS dan safety belt di semua jok. Pengaturan jok, nah ini. Untuk memaksimalkan fungsi kabin belakang, mendukung mode MAV (multi activity vehicle) yang dislogankan Toyota, ada yang unik. Saat hendak memfungsikan secara maksimal kabin belakang, jok baris kedua silakan dilipat kedepan terlebih dahulu.

sienta 2nd rowSetelah itu, jok baris ketiga/paling belakang, bisa dilipat kedepan juga, tapi lebih maksimal, yaitu masuk persis ke bagian belakang jok baris kedua tadi.

sienta 3rd rowKira-kira, gambarannya jadi seperti ini masbro..

sienta jok againNah, kabin belakang lebih lega kan? Apalagi, didukung lantai rata, karena absennya gardan belakang, makin terasa luas. Maklum, Toyota Sienta kan menggunakan penggerak roda depan alias Front Wheel Drive. Salah satu keunggulannya ya itu tadi, ruang untuk gardan belakang tidak diperlukan. Sisi maksimal kabin belakang ini, seolah menutup celah minor, sempitnya area belakang untuk 2 penumpang dengan postur 170 cm atau lebih. Jok belakang, memang cukup untuk 2 orang saja, dengan model terpisah, tidak seperti AX series yang jadi satu. Kebetulan saia belum coba duduk di jok belakang nih, kalau ada testride lagi, bisa nih diagendakan. Yang jelas, meski rada sempit, tapi lebih lega dibanding AX series.

sienta 3rd row2

Beralih ke sisi eksterior. Paling mencolok, di sektor roda. Tipe E, cukup pakai velg besi ukuran 15″ dengan dilengkapi cover/dop velg. Sementara, 3 tipe diatasnya, semua terpasang velg alumunium dengan ukuran 16 inchi

sienta bokongSatu lagi pembeda, yaitu dari headlamp. Meski semuanya sudah dilengkapi pengaturan sorot/adjusting level, khusus tipe tertinggi Q, aplikasi headlamp bi-beam LED, sementara tipe lain masih menggunakan bohlam halogen dengan projie/projector.

sienta control headlampHeadlamp dengan projector lens

sienta lampu

Untuk harga, area Malang, Toyota Sienta tipe E dengan transmisi manual, dilepas di angka IDR 235 juta, sementara versi matik, selisih lumayan banyak. Banderolnya IDR 253 juta. Tipe E, G dan V semua ada pilihan transmisi manual dan otomatis, sementara khusus tipe Q, hanya tersedia transmisi otomatis saja. Berminat? Segera melesat ke dealer Toyota terdekat yak…saia gak jualan 😆

Sementara ini yang bisa saia share, mohon maaf bila repost dan kurang lengkap. Semoga berguna

yang mau testdrive, jadi sopir saya yaaa...

 

 

 

 

Advertisements

3 comments on “Sedikit eksplorasi Toyota Sienta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s