Masa tanggap darurat, ada dispensasi SIM yang mati nih

Pagi masbro..

Seiring diberlakukannya mas atanggap darurat Covid-19 alias si Corona, membuat banyak aktifitas, baik masyarakat maupun instansi terganggu. Bukan terganggu sih, sebenarnya, tapi diinstruksikan untuk social distancing serta mengurangi aktifitas di luar rumah.

Lha terus, kalau buat yang kebetulan mau ke Satpas SIM, karena SIM nyaris mati dan mendekati waktu perpanjangan bagaimana?? Sing tenang, masbro…simak deh

Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia, KORLANTAS POLRI, memberikan dispensasi nih. Yaitu untuk pemilik surat izin mengemudi (SIM) yang waktunya memperpanjang masa berlaku SIM-nya. Baik itu SIM A (roda 4) , SIM B (roda 4 lebih), SIM C (roda 2) dan SIM D (disabilitas).

Info sementara, kompensasi ini diberlakukan bagi SIM yang masa berlakunya habis, per  tanggal 17 sampai 31 Maret 2020. Selanjutnya, si pemilik SIM yang bersangkutan, bisa melakukan perpanjangan setelah masa tanggap darurat bencana ini selesai.

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Mabes Polri. Brigjen Pol Yusuf menyampaikan kebijakan tersebut. Mengutip dari Liputan6.com, 

“Selama dalam masa darurat penanganan Corona (Covid-19), misalkan SIM habis masa berlaku masa darurat seharusnya kan diperpanjang. Tapi, karena situasi bisa diperpanjang setelah masa darurat,” jelas Yusuf.

“Kalau aturannya kan, jika lewat masa berlaku harus tes seperti pembuatan SIM baru, ini tidak perlu. tinggal perpanjang saja,” tegas beliau. Jadi nggak usah khawatir nih, SIM-nya hangus dan harus bikin baru mulai awal.

Selain itu, ada lagi dispensasi lain. Yaitu kompensasi khusus bagi masyarakat yang masuk kategori orang dalam pemantauan (ODP) atau suspect virus Corona (Covid-19) yang masa berlaku SIM-nya habis pada saat masa karantina. Sesuai aturan, ODP maupun PDP kan memang harus dikarantina, walhasil nggak bisa kemana-mana. SIM-nya juga nggak bakalan hangus, dan pemilik SIM yang bersangkutan, diperkenankan untuk mengurus setelah dinyatakan sehat. Namun, dengan catatan membawa surat keterangan dari rumah sakit ya, jangan lupa. Syarat utama tuh

Sebuah dispensasi yang ajib nih, mengingat kondisi yang rada sulit sekarang ini, yang membuat aktifitas masyarakat sedikit terganggu. Stay safe di rumah saja dulu ya, jaga kesehatan dan keluar rumah bila ada keperluan mendesak saja.

Semoga Covid-19 segera berlalu

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s