Polri bakal adakan SIM gratis nih, catet tanggal dan aturannya

Pagi masbro..

Yang namanya “gratis” , memang luar biasa banget magnetnya. Iyalah, gratis alias percuma alias nggak bayar, seneng to??? Suka? Sama 😆 Nah, berkaitan dengan gratis, Kepolisian Republik Indonesia, bakal menggelar program SIM gratis nih untuk masyarakat. Weleh..asyik tenan

Sebenarnya, agenda gratisan ini, sudah berlangsung sejak beberapa tahun kebelakang. Tahun 2020 ini, dan bertepatan dengan pandemi covid-19 yang meluluhlantakkan bangsa ini, program SIM gratis dilangsungkan lagi. Tujuannya memang, untuk membantu masyarakat memperoleh SIM tanpa biaya. Iyalah, ekonomi saat ini lagi morat-marit, bantuan dalam bentuk apapun jelas patut diapresiasi dan disyukuri. Betul??

Balik lagi. Menurut rencana, SIM gratis ini, bakal diadakan persis pada hari Rabu, tanggal 1 Juli 2020. Yaitu bertepatan dengan hari Bhayangkara. Kok pas? Iya, karena ya memang dalam rangka memperingati hari Bhayangkara tersebut, yaitu yang ke 74, Polri menggelar SIM gratis ini.

Menyadur keterangan Kasubdi Regident Ditlantas Polda Jatim, Adhitya Panji,  “Pembuatan sim gratis berlangsung serentak di seluruh Indonesia pas pada 1 Juli 2020 bersamaan dengan HUT Bhayangkara,” dikutip dari Kompas.com pada Sabtu (13/6/2020)  silam

Syarat untuk bisa memperoleh SIM secara gratis ini tentu ada. Yang pertama, adalah diperuntukkan bagi warga masyarakat yang berulangtahun, alias lahir pada tanggal 1 Juli. Tahun berapapun terserah, asal sudah lebih dari 18 tahun

Syarat selanjutnya, untuk pemohon SIM baru, wajib dan kudu lulus tes. Baik tes tulis/teori , tes praktek maupun tes kesehatan dan psikologi.

Lanjut, layanan pembuatan SIM gratis juga dikhususkan bagi warga yang kurang mampu, sopir angkutan umum dan tukang ojek

Nah, itu tuh beberapa persyaratan untuk bisa mendapatkan SIM secara gratis pada 1 Juli 2020 mendatang. Berlaku di semua wilayah kepolisian di Indonesia, alias serentak, syaratnya sama semua dan berlaku untuk SIM baru maupun SIM perpanjangan serta semua golongan SIM.

Yuk, yang ultah 1 Juli dan  merasa mampu memenuhi syarat diatas, segera persiapkan diri dan melipir ke Satpas SIM terdekat ya..

Semoga berguna

 

One comment on “Polri bakal adakan SIM gratis nih, catet tanggal dan aturannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s