Perlu-kah minyak rem diganti secara rutin? Ini penjelasan gamblangnya

Pagi masbro..

Artikel kali ini, rada teknis yak. Menyangkut safety soalnya, hehehehe. Piranti pengereman, pada motor jaman sekarang, sudah jamak menggunakan rem cakram, Nah, sebagai media penggerak alias penekan piston, digunakanlah cairan yang namanya minyak rem.

Minyak rem ini mempunyai tanggung jawab yang besar karena bila sistem rem kehabisan minyak rem, maka bahaya akan mengintai. Rem tidak bisa bekerja maksimal, bahkan resiko rem blong yang ujungnya taruhan nyawa nih.

Nggak banyak, yang belum memahami kapan saat harus mengganti minyak rem, bahkan banyak juga yang tidak ngeh atau ngarti gejala saat minyak rem sudah berkurang atau harus diganti. Meski dinamakan  ‘minyak’  namun Continue reading

Advertisements

Irit rem biar keren? Gak banget deh

Pagi masbro..

Setiap motor yang dijual ke pasaran oleh pabrikan beragam merk, tentunya telah dilengkapi persyaratan keamanan. Mulai sistem pengereman, penerangan alias lampu-lampu dan beragam fitur keselamatan dan kenyamanan yang ditujukan agar pengendara merasa aman, nyaman mengendarai si motor.

Sistem rem, merupakan perangkat wajib dan mutlak ada serta berfungsi dengan maksimal pada sepeda motor. Bila nggak berfungsi , tak terbayang deh ngerinya. Masak iya, menghentikan motor kudu dibenturkan (baca : ditabrakkan) dengan dinding atau pohon supaya berhenti total?? Urusannya dengan nyawa nih..

Menyimak obrolan di beberapa komunitas anak motor, banyak juga yang menyangkut soal rem ini. Awalnya, saling bertukar Continue reading

Rem cakram blong saat panas? Ini asal muasalnya

Pagi masbro..

Rem, merupakan salah satu perangkat yang sangat vital pada kendaraan, baik sepeda motor maupun kendaraan beroda lebih dari 3. Bisa menyangkut nyawa nih, persoalan tentang rem. Buat apa coba motor sekenceng apapun kalau ternyata rem-nya nggak berfungsi? Masa iya mau pakai rem tembok? Maksudnya, kudu ditabrakin tembok baru berhenti? Serem ih..

Sudah sering banget kan dengar kejadian kecelakaan akibat rem blong? Alias rem sama sekali nggak berfungsi untuk menghentikan roda? Penyebab rem blong memang beragam masbro. Pada rem cakram, sebagaimana rem pada kendaraan modern, rem tidak berfungsi bisa karena macet, kotor, selang terjepit, dan karena kelewat panas. Yuk kita ulas penyebab karena panas.

Rem cakram, Continue reading

Honda Blade 110 CW, modifikasi jadi rem tromol

Kembali ke potret jalanan masbro. Saat pulang kerja, berbarengan dengan seorang ibu-ibu, yang membonceng anaknya mungkin, masih berseragam sekolah. Yang menarik perhatian, bukan ibu-nya :lol:, tapi penampakan Honda Blade 110 yang ditunggangi. Saat melihat ke area roda belakang, ada yang aneh. Yaitu, absennya perangkat rem cakram belakang disitu.

down2Setahu saia, Honda Blade, untuk versi velg CW alias velg palang, mulai keluaran pertama berkubikasi 110 cc hingga terbaru yang naik jadi 125 cc, nggak ada tuh yang pakai rem belakang model tromol/drum.

blade2

Kalau Blade lawas, iya, memang masih pakai rem belakang tromol.

blade-tromolNah, pas saia lihat lebih detail, rapi banget ini velg Blade si ibu. Gak terlihat modifikasi, yang nampak sekilas memang orisinil. Tromol lengkap berikut penutup, juga tuas yang terhubung ke footstep/tuas rem kaki. Rapi. Jadi penasaran, ini ganti velg atau bagaimana ya? Sepertinya, kemungkinan besar iya, entah pakai velg apa, yang kayaknya PNP dengan Blade.

down1Yang jelas, kadang, piranti yang dibenamkan pabrikan pada tiap motor, belum tentu cocok dengan selera konsumen. Banyak yang diubah lagi alias dimodifikasi. Meski kebanyakan naik kelas (baca:up grade) misal, rem tromol diubah jadi cakram, namun tak jarang yang sebaliknya, malah di-down grade. Bisa jadi sih, si ibu meras akelewat pakem kalau pakai rem cakram di belakang, makanya dirubah tromol saja, hehehe

Oke, sekian artikel singkat. Semoga berguna