Kuras minyak rem New CB150R di AHASS, empuk lagi deh

Pagi masbro..

Rem adalah perangkat vital di kendaraan, mangkanya kudu dirawat bener-bener. Jangan kayak saia, gegara rem depan terasa keras/bagel, baru deh cek minyak rem, hehehehe

Yups, kejadian barusan sih. Memang, sudah beberapa bulan silam, rasanya rem depan si bleki New CB150R saia terasa nggak enak. Nggak enaknya, terasa rada keras dan terasanya, macam kotor itu piston di master rem. Saat direm, apalagi rem santai, terasa rada berdenyut gitu, nggak empuk seperti sebelumnya. Alhasil, jadi pengaruh juga pada tingkat kepakeman

Saat diintip di tabung minyak rem, kaca indikator minyak rem buram, bahkan kayaknya isi minyak rem terlihat butek/keruh. Wadaow..sepertinya sudah saatnya kuras minyak rem. Memang sih, odometer sudah nunjuk ke 60.000 kilometer lebih dengan usia 5 tahun pemakaian.

Continue reading

Perlu-kah minyak rem diganti secara rutin? Ini penjelasan gamblangnya

Pagi masbro..

Artikel kali ini, rada teknis yak. Menyangkut safety soalnya, hehehehe. Piranti pengereman, pada motor jaman sekarang, sudah jamak menggunakan rem cakram, Nah, sebagai media penggerak alias penekan piston, digunakanlah cairan yang namanya minyak rem.

Minyak rem ini mempunyai tanggung jawab yang besar karena bila sistem rem kehabisan minyak rem, maka bahaya akan mengintai. Rem tidak bisa bekerja maksimal, bahkan resiko rem blong yang ujungnya taruhan nyawa nih.

Nggak banyak, yang belum memahami kapan saat harus mengganti minyak rem, bahkan banyak juga yang tidak ngeh atau ngarti gejala saat minyak rem sudah berkurang atau harus diganti. Meski dinamakan¬† ‘minyak’¬† namun Continue reading

Cara mudah cek ketebalan kampas rem cakram

Pagi masbro..

Rem, merupakan salah satu sarana keselamatan yang vital alias penting banget pada kendaraan, baik itu sepeda motor ataupun mobil. Rem sendiri, yang kebanyakan tertanam pada kendaraan di negeri ini ada 2 versi, rem cakram dan teromol.Apapun tipenya, yang utama, jangan sampai alpa alias lupa mengecek ketebalan kampas rem. Perangkat yang fungsinya menggesek piringan cakram alias menghambat putarannya. Bisa fatal nih masbro. Selain rem jadi gak berfungsi , khusus yang cakram, besi dasar pada lapisan kampas rem bisa ‘memakan’ piringan cakram. Nggak mau kan kayak gini cakramnya? Hiiyyyy..

Pengecekan Continue reading