Bayar PKB pertama bleki-NCB150R, nyaris telat

Pagi masbro..

Kamis, 13 September 2018, dengan agak terburu-buru, saia melesat ke Samsat Malang Kota untuk mengurusi 2 unit kendaraan operasional tempat kerja. Rada ribet nih, karena kebetulan keduanya waktunya pajak 5 tahunan, alias cetak STNK. Pasti, yang namanya cek fisik alias esek-esek harus dilakukan. Ini yang rada susah atur jadwal karena memang ya dipakai operasional rutin, jadi harus diliburkan jadwalnya, meski sebenarnya nggak makan waktu lama. Proses cek fisik cepat kok, paling hanya 5-10 menitan, ngantrinya itu yang aduh…

Setelah sebelumnya janjian sama rekan yang mengoperasikan 2 kendaraan tadi untuk ketemuan di Samsat, sambil nunggu di tepi jalan depan Samsat, saia beli minuman di warung. Pas bayar, sambil iseng, nengok yang namanya STNK yang hampir tak pernah keluar dompet, gegara tadi pagi sekilas melihat angka 09 di nopol, yang menandakan bulan masa laku STNK. Haduuh  .. jian lupa tenan, ternyata tanggal waktunya bayar pajak tahunan alias PKB si bleki Honda NCB saia, pas berakhir tanggal 13 September ini. Walahdalah..piye iki?? Pas keluar dan nengok nopol si bleki, memang iya bulan 9 ini habisnya 😉

Memang namanya lupa dan teledor sih, murni kesalahan saia. Coba berpikir jernih, dan nggak mau telat bayar pajak serta didenda, coba intip saldo ATM yang berada satu lokasi dengan Samsat. Kebetulan rekan belum datang, dan nengok angka saldo, kira-kira cukup deh untuk bayar PKB bleki. Kalau lihat pajak tahun lalu di angka IDR 300 ribuan, tahun ini jelas nggak jauh-jauh amat. Nggak dengar kenaikan pajak kendaraan soalnya 😆

Berpikir praktis dan cepat, sekaligus jajal nih, saia lalu mengarahkan laju motor ke arah layanan drivethru Samsat Malang Kota ini. Letaknya di bagian depan, namun masih satu kompleks. Nggak perlu masuk parkiran, ada jalur khusus menuju sistem pembayaran yang katanya cepat ini. Kebetulan, saia belum pernah nyobain bayar pajak macam ini, biasanya rutin uji kesabaran, yaitu ngantri di loket atau di Samsat keliling.

Pas rada sepi, hanya ada sebiji Supra yang sedang bayar juga. Sebelumnya, sesuai himbauan di banner, saia menyiapkan STNK yang sudah dilepas dari plastiknya berikut KTP. Si Supra bergerak maju, saia gantian mendekat ke loket. Uniknya, ada himbauan juga kalau WP (wajib pajak) nggak perlu turun dari kendaraan saat melakukan proses ini. Saia serahkan STNK berikut KTP ke petugas didalam. Ketak-ketik sebentar di komputer, nggak sampe semenit, sudah dikembalikan ke saia 2 barang berharga itu. “Monggo pak, silakan ke loket selanjutnya. Pajaknya 338 ribu” demikian arahan ramah petugas yang sayangnya nih,laki-laki :mrgreen:

Saia menyiapkan uang pas. Eh, ternyata sama si mas petugas, diarahkan maju karena loket pembayaran berbeda, maju sedikit. Oalah, dasar ndeso…nggak tahu sih 😆 Bergeser maju, karena loket pembayaran hanya 2 meteran, saia dorong deh si bleki sambil tetap diatas motor. Di loket pembayaran ini, diminta lagi tuh STNK dan KTP. Ketak-ketik sebentar, “Totalnya IDR 338 ribu, bapak” ujar petugas didalam. Saia angsurkan duit pas, supaya cepat nggak pake nyari kembalian petugasnya. Krik–krik–krik…pencetakan bukti PKB terdengar nyaring dan sesaat kemudian, STNK-KTP serta print-out PKB sudah diserahkan ke saia.

Segera saia kantongi STNK beserta PKB-nya, lalu bergeser ke parkiran, lanjut menunggu kawan yang bawa kendaraan hendak dicek fisik. Masih sambil nunggu, baru deh saia pelototi PKB. Hmm..ternyata memang tetap besaran pajaknya, yaitu IDR 303.000, sama kayak tahun 2017 lalu.

pkb 2017

pkb 2017

Total bayar PKB si bleki, adalah IDR 338.000 yaitu pajak tahunan sebesar IDR 303.000 serta sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas sebesar IDR 35.000

Nah. jadi pelajaran berharga nih. jangan sampai abai dengan pajak kendaraan ya. Sepele memang, tapi bisa berakibat kena tilang juga karena belum bayar pajak tahunan 😆 Semoga berguna

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s