Substitusi kampas kopling Honda CB150R gen 1

Pagi masbro..

Berawal dari cerita adik ipar yang sekarang nunggang si ciput, Honda CB150R generasi pertama, atau kerap disebut OCB. Nih motor naked 150cc DOHC memang diawal hadirnya, cukup membius pengguna motor batangan alias motorsport. Apalagi di kala itu, spek si OCB yang overbore, tenaga didapat pada putaran tinggi.

Alhasil, kalau di putaran bawah memang rada lembek :mrgreen:, sering yang nggak biasa, main kopling supaya lebih terasa tenaganya, padahal ya malah bikin kampas kopling cepat aus. Kampas kopling CB150R generasi 1 alias Old CB, orisinalnya dibanderol lumayan, IDR 250 ribuan, dengan rincian sebanyak 5 lembar kampas kopling

Nah, kalau mau substitusi ini antara lain pilihannya

  • Honda GL series, harganya IDR 100 ribuan saja per set
  • Honda Astrea Grand, harganya IDR 30 ribuan, hanya saja per set isi 4, kurang sebiji yang bisa sih ditebus eceran. Sukur-sukur kalau ada teman jadi bisa beli patungan, jatuhnya lebih murah lagi
  • Kawasaki KLX 150, harga IDR 175 ribuan
  • Yamaha New Vixion Lightning, harga IDR 215 ribuan per set. Unggulnya sih, material lebih tebal ketimbang orisinal bawaan OCB
  • Kampas kopling Racing, seperti Daytona, Kawahara dan lain-lain. Kalau yang ini, sila gugling dan hunting ya, karena banyak penjual baik lapak offline maupun online yang menjajakan material yang diklaim racing ini. kalau kisarannya sih, mulai 150 ribuan keatas kayaknya

Nah, cukup banyak pilihan kan? Tergantung, mau yang bagaimana, mau hemat(baca:irit) atau performa. Semua tergantung pada kebutuhan yak, bukan keinginan

Semoga berguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s