Posisi kaliper cakram belakang, atas vs bawah

Pagi masbro..

Motor jaman sekarang, sudah sepantasnya, eh, sewajarnya, dilengkapi dengan rem cakram belakang. Nah, umumnya nih, yang paling banyak ditemui, kaliper belakang versi pabrikan alias orisinal, punya posisi yang sama di banyak merek. Yaitu kalipernya berposisi diatas. Bingung dengan posisi kaliper diatas? Ya macam rem cakram bawaan motor itu lho

Posisi kaliper rem belakang, memang bisa dipasang dengan 2 pilihan posisi kaliper. Yaitu diatas, persisnya diatas lengan ayun, atau Continue reading

Modifikasi roda Pulsar 135 LS

Dari hasil jagongan a.k.a ngobrol dengan Richard, pemilik Pulsar 135 LS, yang kapan hari kopdar alias ketemuan dengan saia disini nih, ternyata ada info menarik. Yaitu velg Honda CB 150 R, bisa PNP, masuk ke Pulsar 135. Gak percaya? Nih ceritanya…

pies1

Awalnya, Richard pingin mengupgrade Continue reading

Minim perawatan, cakram belakang Honda CB150R bisa jadi gelang

Semangat Senin…

Dapet gambar via teman-teman grup, share aja disini. Kayaknya, dulu banget, dah pernah rame soal cakram yang hancur karena gak diganti-ganti kampasnya. Ini ada lagi, di Honda CB150R. Cakram belakangnya, sampe protol alias lepas, kemungkinan besar juga karena minim perawatan, kampas rem habis gak diganti-ganti. Alhasil, pad yang tinggal besi doang, beradu dengan piringan cakram, yang besi pula. Bagus deh hasilnya…

IMG-20151115-WA0119Bagus yak, sampe habis gitu 😆 Kalo lihat kondisi cakram dan motor, komentar macam-macam sih. Kebanyakan, ya menuding karena kurang perawatan, sampe dekil gitu 😉 . Terbayang, ganti cakram belakang deh, belum lagi kalo kondisi kaliper juga rusak.

Selalu cek kondisi motor Anda ya masbro. Dekil, kotor itu biasa, asal semua perangkat masih berfungsi normal dan kondisinya layak pakai. Ya menjamin keamanan saat berkendara, juga bisa sedikit berhemat. Yah, minimal lihat sekilas kondisi kembangan ban, ketebalan kampas rem depan-belakang, ketegangan rantai dan volume oli mesin. Paling mudah sebenarnya, cek ketebalan kampas rem,lewat ketinggian cairan minyak rem di tabungnya. Bila volume minyak rem terlihat menurun, perlu dicurigai kampas rem mulai tipis, karena minyak rem, pada ngendon alias terkumpul di bawah. Tepatnya, di kaliper, karena piston kaliper terus nongol, mendorong kampas rem yang menipis. Simpel aja kan?? Asal tidak ada kebocoran saja di jalur slang rem, tips ringan ini lumayan akurat kok.

Semoga berguna