Kulik seputar ban tubeless ala Yamaha STSJ, jangan gagal paham masbro

Pagi masbro..

Ban merupakan komponen sepeda motor yang langsung kontak dengan aspal jalanan. Walaupun memiliki bentuk yang sama, yaitu bundar :mrgreen: namun ban memiliki ragam jenis yang berbeda. Ban tubeless merupakan ban masa kini yang kerap digunakan oleh masyarakat. karena dianggap mudah perawatannya serta lebih aman dan nyaman ketimbang ban konvensional. Hal itu pula yang melatar belakangi pabrikan Yamaha membekali beberapa jajaran produknya dengan ban tubeless

 

Continue reading

Kenapa sih, moge ber-velg ruji/jari-jari bisa pakai ban tubeless

Banyak sosok moge, yang aplikasi velg ruji alias jari-jari. Biasanya sih, model adventure/penjelajah, yang bisa hidup di 2 alam meskipun ada juga yang murni motor jalan aspa.  Di jalan aspal oke, jalan non aspal pun hayuk.

Namun, ban yang dipakai, adalah ban tubeless. Lho? Iya, gak pernah to, lihat moge nambal ban? :mrgreen: Meski ada sih, cara akali velg jari-jari supaya bisa menggunakan ban tubeless dengan pemakaian karet pelapis dan menutup lubang celah jari-jari dengan cairan khusus, tapi yang bikin beda adalah desain velg moge penganut jari-jari.

Saia ambil contoh, BMW operasional kepolisian, yang kebetulan lagi ngejogrok di bengkel ini 😆 Bila biasanya, velg jari-jari lubang untuk jari-jari/rujinya berada pas di tengah-tengah velg, beda sama yang ini masbro. Velg jari-jari BMW ini, lubang untuk jari-jari, berada di pinggir, dekat dengan bibir velg.

Lubang ruji ini, Continue reading

Cairan antibocor meler? Hmm

Pagi masbro..

Baru menyalakan PC dan belum sempat nyambung ke jaringan, eeh, HP di saku berdering-dering. Disertai getaran pula 😆  Walah….ternyata, dari kawan yang bertugas di lapangan. Minta tolong, karena ban depan motor trike (roda 3 , biar keren aja diistilahkan trike 😆 ) kempes. Lha apesnya, gak ada tambal ban dekat lokasi, plus dongkrak ketinggalan di garasi kantor. Weleh…

Setelah lapor ke juragan dan ambil perkakas si dongkrak dan teman-temannya, saia pacu ciput ke lokasi, sekitar 10 km dari kantor. Nyempil Continue reading

Pasang ban tubeless di velg CW non tubeless

Beberapa hari yang lalu, disambati adik saia. Ngeluh kalo Honda Blade-nya, sering banget kempes, jadi gak enak buat wira-wiri kerja. Emang sih, standart abis. Gak ada cerita modifikasi apapun 😆 Ukuran ban bawaan depan 70/90-17 sedangkan ban belakang 80/90-17. Belum pernah diapa-apain sejak beli 2011 lalu. Nah, akhirnya tuh Blade ditinggal di rumah, dia kerja pakai Vario nyonyah. Rencana, mau saia ganti sekalian ban depan-belakang si Blade ini, mau diperbesar ukurannya. Memang sih, untuk ukuran aman memperbesar ukuran ban, maksimal adalah 2 step/tingkat diatas sebelumnya. Nah, ini pingin saia maksimalkan aja, hehehe

bladeTiba-tiba Continue reading