Service Honda New CB150R di 18.000 km, kena diskon nih gegara aplikasi OHC

Pagi masbro..

Merawat motor tunggangan, adalah kewajiban pemilik alias pengendara. Bukan apa-apa sih, kalau saia melihatnya lebih ke arah sisi positif, yaitu supaya performa si motor tetap sehat dan terjaga. Jangan sampai deh, amit-amit sampai mogok atau bermasalah

Si bleki, Honda New CB150R tunggangan saia, dengan tahun kelahiran 2017 alias sekitar 1,5 tahun silam, bulan Januari 2018 ini odometernya sudah tercatat 18.000 kilometer lebih. Hmm..wajar kan ya, umur tunggangan segitu dan jarak tempuh segitu? Kalau menurut buku service, memang sudah waktunya melakukan service berkala. Meskipun secara keluhan, nyaris nggak ada. Paling hanya terasa, setang kadang rada berat saat bermanuver dan ada sedikit rasa berat saat berakselerasi

 

Makanya, saia giring deh nih motor ke bengkel AHASS langganan, Asia Motor. Sebelumnya, sudah dilakukan proses booking service, alias pesan jasa service terlebih dahulu, melalui aplikasi One Heart Card.  Ceritanya, disini nih..

Skip..jam 8 pagi lebih, saia sudah sampai di bengkel. Ada antrian sih, meskipun nggak banyak. Disapa ramah oleh service advisor, saia sampaikan kalau sudah booking service. Hmm..langsung deh, dikasih tanda khusus dan prioritas. Ini asyiknya pesan dulu, gak ngantri, hehehehe

Ditanyakan seputar keluhan pada motor, ya saia sampaikan kalo hanya setang dan tarikan saja. Lainnya, nggak ada. Setelah dicatat, motor dibawa ke belakang. Mau diapain? Standar layanan, yaitu motor dicuci berseih terlebih dahulu. Ajib kan? Memang sih, sudah ada beberapa bengkel resmi yang mengaplikasi layanan ini, dan itu jadi nilai plus menurut konsumen seperti saia.

Usai cuci, motor dinaikkan mesin dyno. Tujuannya, menganalisa performa mesin. Run 2x, dan hasilnya muncul di layar. Memang, ada sedikit penurunan tenaga, jelas mas SA ini. Makanya, perlu diambil tindakan service ringan, termasuk soal keluhan tentang setang.

Usai tes dyno, motor masuk pit dan dikerjakan mekanik. Bongkar tangki, filter dan teman-temannya. Untuk oli mesin, emmang tidak diganti karena saia ganti sendiri setiap 2.000 km. Saat itu-lah, ketemu salah satu masalah yaitu filter BBM, yang terdapat pada jalur hisap pompa bensin, rada kotor. Padahal, isinya rutin Pertamax di SPBU resmi nih, heran juga ya??

Kalau dari keterangan mekanik, wajar dengan jarak tempuh sekian, kotor. Dicek kondisi si filter, fisiknya masih bagus, hanya kotor saja, Dibersihkan deh, dan nggak perlu diganti baru. Lanjut dengan membersihkan throttle body, cek filter udara yang  kebetulan juga sudah saia ganti disini. Beres semua, dirakit deh. Usai sektor mesin, gantian stel yang lain termasuk stel rantai dan stel komstir.

Ngggak berapa lama, si bleki sudah turun dari pit dan lagi-lagi hendak diuji dyno. Ceritanya, before – after gitu, hehehehe. Sebelumnya, mas SA tes komstir, dan dinyatakan normal setelah distel ulang. Nguueng…saia mengamati tampilan di layar.

Hmm..performa si bleki kembali standar sehat nih, di kisaran angka 16 HP. Sempat diuji jalan juga, dan sip. Malah saia dipersilahkan jajal sejenak juga, secara si pemilik kan lebih hafal kondisi motor, hehehehe. Tarikan nggak lagi berat seperti saat datang ke bengkel tadi, dan salah satu penyebab adalah kotornya filter BBM tadi. Manuver juga oke, sudah enteng dan pas, tak terasa berat setang saat diajak belok.

Karena service rutin  ini sudah tidak lagi dicover oleh buku service, ya kudu bayar penuh. Total jenderal, jasa service Honda New CB150R ini adalah IDR 70.000, tanpa penggantian suku cadang. Iya sih, oli mesin sudah saia ganti sendiri, busi-kampas rem juga sudah diganti. Oh iya, ada garansi service juga nih, yaitu hingga 500 km atau 1 minggu setelah service. Bila nemu masalah di motor selesai service, bisa diklaim balik ke bengkel. Gratis, di luar penggantian suku cadang tentunya.

Karena saat melakukan service ini saia booking melalui aplikasi OHC, jadinya, bayar lebih murah tuh. Iya, untuk jasa service melalui aplikasi, ada diskon khusus, yaitu IDR 20.000. Lumayan banget kan? Jadilah, selembar duit rupiah kelir biru pecahan 50 ribuan, cukup untuk ongkos jasa service kali ini.

Yuk ah, motor sehat, buat aktifitas lebih nyaman dan tenang. Waktunya ngider, kerja cari fulus. Semoga berguna

Advertisements

One comment on “Service Honda New CB150R di 18.000 km, kena diskon nih gegara aplikasi OHC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s