Honda CB150R bergaya scrambler tracker, ganteng maksimal

Pagi masbro..

Modifikasi custom ini, jian kempling. Ringkas, padat, rapi. Pokoke ganteng maksimal, dan berubah total dari tampang asli Honda CB150R Streetfire yang punya aura motor jalanan alias streetfighter.

Di tangan modifikator asal Makassar sono, berngaran Fourtysix Motorcycle, OCB ini diacak-acak abis deh. Dipereteli semua mulai tangki hingga body, menyisakan rangka tralisnya. Setelah ditelanjangi, ada sedikit ubahan pada rangka. Terutama pada rangka belakang yang diperpendek supaya ringkas. Sementara, rangka utama hampir tak mengalami ubahan drastis, hanya merapikan. Intip tuh, bentuk utama tralis masih kuat kan?

Tangki, menyesuaikan arahan modifikasi. Tidak lagi berbentuk sporty, namun membulat klasik. Apik nih bentuknya, pas. Nyaman dilihat juga. Pasti pada bertanya, gimana sistem injeksi dan fuel pump nya. Nggak ada perubahan masbro, semua sistem injeksi masih bekerja dengan baik. Fuelpump tetap terpasang berikut sistem injeksinya. Triknya, adalah penggunaan bagian dasar/alas tangki yang mengacu pada model alas tangki orisinal CB150R, sehingga dudukan pompa BBM bisa terpasang sempurna.

Rangka belakang mengalami pemangkasan supaya buritan lebih pendek dan ringkas. Rapi nih potongannya, diakhiri dengan sambungan bentuk melengkung pada ujung buritan yang sekaligus menjadi buntut.

Beres memasang tangki yang pas duduk manis di rangka, tinggal merapikan lainnya. Sokbreker depan belakang masih mengandalkan bawaan OCB. Roda yang berganti menjadi kekar. Aplikasi roda model ruji alias jari-jari, tapi kali ini ban nggak ikut aliran ban mungil (baca : cacing) . Velg lebar berbahan aluminiu berkelir hitam terpasang berikut ban gede dengan motif kasar. Naga-naganya sih ban motif enduro Swallow SB117 dengan ukuran sama antara depan belakang. Sekitar ukuran 130an  dengan  diameter 17 inchi

Piranti pengereman juga masih andalkan bawaan Honda CB150R, cakram depan belakang. Termasuk penggunaan gearset SSS, yang memperbesar ukuran gir belakang saja 1 mata.

Mesin, nyaris tidak ada perubahan. Hanya pelapisan alias cat ulang saja dan menambahkan engine guard alias plat pelindung mesin. Terpasang di bagian bawah mesin, berawal di bawah radiator, plat besi tebal dengan hiasan bolong-bolong memanjang hingga bawah mesin, dekat dengan poros standar tengah.

Knalpot, dibuat ulang alias custom . Desain lebih pendek supaya aliran gas buang lebih cepat dengan model silincer mengingatkan pada bentuk silincer megaphone. Sementara header dibungkus dengan exhaust wrap . Selain lebih gaya juga diklaim mampu menstabilkan temperatur sehingga pembakaran lebih baik. Gayanya dapet banget kan?

Untuk menutupi area kosong rangka tengah, dipakai lembaran plat logam, yang menyesuaikan bentuknya. Supaya nggak polos, dihiasi dengan lubang-lubang yang dibor pada plat hitam doff ini. Jok custom minimalis yang mampu memuat 1 orang saja, jadi nggak bisa boncengan nih. Ujung belakang jok berakhir pada lengkungan rangka belakang yang terpasang juga lampu belakang.

Bingung lampu belakang dan lampu remnya? Mana nih? Tuh, dipasang LED tipis alias LED strip pada lengkungan rangka belakang, yang berfungsi sebagai lampu belakang. Untuk lampu sein, terpasang lampu kecil berbentuk bulat pada bagian rangka bawah jok. Salut, tetap tertib peraturan lalu lintas nih

Sisi depan, lampu berikut panel dasbor spidometer bawaan OCB dicopot semua. Gantinya, sebuah lampu model bulat klasik dilengkapi cover ala jaring garis-garis dipercaya sebagai penerang kala malam. Lampu depan ini ditemani sepasang lampu sein tanda belok yang sama dengan seian belakang, bulat juga bentuknya. Setang model fatbar berkelir hitam doff terpasang sebagai pengendali motor, duduk manis diatas raiser tegak setinggi 5 cm. Dilengkapi dengan spion ringkas, yang terpasang pada ujung setang. Minimalis

Setelah jadi, motor ini sempat mengalami perubahan dengan penambahan striping pemanis warna merah biru pada tangki. Iya sih, lebih manis dan tangki enggak monoton polos. Terpasang juga lampu belakang baru, model bulat yang duduk pada sepatbor mungil berbahan plat galvanis. Ganteng yak? Iya, saia juga pengen, hiks..

Yuk, semoga menjadi inspirasi modifikasi Honda Old CB150R. Biar lain dari yang lain nih. Semoga berguna. Simak racun galerinya yaaa

Advertisements

One comment on “Honda CB150R bergaya scrambler tracker, ganteng maksimal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s