KPB ke 2 Honda New CB150R, kembalikan performa

Pagi masbro..

Sepeda motor, bermesin, memang sudah selayaknya selalu dirawat. Nggak hanya sisi eksterior alias bodyluar saja yang bersih dan mengkilap, tapi juga mesinnya. Termasuk si bleki, Honda New CB150R saia. Lansiran 2017 lalu, dan beberapa hari lalu, saat intip odometer ternyata sudah menginjak 6.000 km jarak tempuhnya. Lebih sedikit malahan :mrgreen:

Hmm..waktunya service rutin nih. Masih dalam kaitan layanan pada pemilik, Honda memberikan gratis Kupon Perawatan Berkala hingga 3 kali. Yaitu KPB 1 pada jarak tempuh 1.000 km (gratis jasa service dan oli), KPB 2 pada jarak tempuh 6.000 km (gratis jasa service) dan KPB 3 pada jarak 12.000 km.

KPB 1 si bleki ini, saia lakukan di bengkel AHASS MPM Malang. Artikelnya disini nih. Nah, untuk KPB 2, beda nih. Saia lakukan di bengkel AHASS Asia Motor Pakisaji. Biar beda gitu, meskipun nih bengkel langganan saia sejak menggunakan si ciput OCB.

Sehari sebelumnya, saia sempatkan pesan tempat service. Kalau istilah kerennya sih booking service. Artikel lain tentang layanan di AHASS Asia Motor akan nongol di lain waktu. Beres booking service, tinggal meluangkan waktu untuk service sesuai tanggal yang diinginkan. Singkat cerita, pagi sekitar jam 8.30 saia sudah sampai di nih bengkel yang berlokasi di Kab Malang, Pakisaji persisnya.

Karena data sudah ada, nggak nunggu lama, motor langsung naik dynotest untuk tahu kondisi awalnya. Kebetulan, ada head mechanic sekaligus pemiliknya, mas Amar yang di TKP.

Dari hasil dynotest , ternyata memang ada penurunan performa si bleki. Tenaga maksimal, kalau merujuk spesifikasi, menurut teknisi sekitar 16 HP. Mengacu spek pabrikan, datanya ada diangka 16,7 HP/9000 rpm meskipun saat pengukuran hasil bisa berbeda karena berbagai faktor. Paling rendah dan apes, dapatlah angka 16 HP. Lha ini, hasil keluaran mesin di angka 15,65 HP pada 10.040 rpm. Weh, rada turun dong

Langsung deh, naik pit service. Preteli tangki dan area sekitar situ. Dilanjutkan dengan melepas filter udara dan throttle body untuk perawatan lanjutan.

Kondisi TB, masih lumayan bersih. Salah satunya, karena bahan bakar yang rutin saia kasih minum oktan 92. Paling yang terlihat adalah residu pewarna bahan bakar pertamax warna biru, yang tertinggal pada area intake si TB.

Segera dilakukan pembersihan dengan cleaner. Semprot-semprot, bersihkan, kinclong segera deh. Nggak hanya bagian dalam yang penting, area luar TB juga dibersihkan.

Demikian pula dengan filter udara, karena kondisi masih lumayan bagus, bisa dipakai lagi. Eits..jangan sampai salah perlakuan ya masbro. Filter udara Honda New CB150R tergolong tipe basah, jadi nggak boleh dibersihkan dengan angin bertekanan. Bisa rusak alias jebol tuh..saran adalah penggantian bila melihat kondisi terlalu kotor. Patokan resmi dari pabrikan, rekomendasi penggantian filter udara adalah di angka 16.000 km. Bisa kurang dari itu bila kondisinya kelewat parah. Nih hasilnya ketika si TB sudah dibersihkan

Beres semua rakit ulang deh. Mesin dinyalakan, tes beberapa saat lalu dijalankan. Sebelumnya, masih ada cek lanjutan, yaitu melalui HIDS tools. Melalui alat ini, yang terhubung dengan sistem di motor, bisa diketahui semua kondisi dan data pada motor. Mulai setting idle rpm, derajat bukaan noken-as, setting injeksi hingga tegangan kelistrikan, baik aki maupun sistem pengisian. Semua terbaca pada alat ini, yang tinggal colok pada soket merah yang tersedia di motor.

Semua indikator masih sesuai toleransi standart. Maklum, nih motor memang masih standart, nggak ada yang saia ubah sama sekali, kecuali sekedar pemasangan klakson Denso yang dilengkapi relay pengaman.

Usai pengecekan terakhir, bleki naik lagi ke mesin dynotest. Yups, karena ingin tahu, bagaimana hasilnya setelah mesin melalui proses service alias maintenance. Setting sebentar, lalu jajal deh. Dilakukan 2x running , supaya fix pengukurannya. Dan hasilnya?

Lumayan nih. Tenaga New CB150R stallionblack ini, naik. Nggak banyak sih, tapi masuk ke range patokan tenaga standart, kisaran 16 HP. Angka persisnya, kok ya pas 16 HP, nggak ada embel-embel koma 😆  Power 16 HP dicapai pada putaran mesin 10.164 rpm.

Itulah hasil perawatan berkala yang dilakukan pada Honda New CB150R ini. Dengan perawatan standar di bengkel resmi Honda, mampu mengembalikan performa mesin ke kondisi standart. Pingin lebih? Ya kudu modifikasi dong, hehehehehe. Pasang part peningkat performa yang pasti, menaikkan power mesin.

Beres semua, tinggal prosesi bayar nih. Lho, katanya gratis jasa service? Iya, betul. Jasa service memang gratis, tapi kebetulan, karena kampas rem depan menipis, ya saia ganti juga sekalian disini. Makanya masih bayar , hehehehe. Beli kampas rem depan sekaligus jasa pasangnya.

Total jenderal, kena IDR 48.200 untuk ganti kampas rem. Kalau nggak ada acara itu, ya tinggal pulang saja, wong KPB2 masih gratis kok, hehehehe. Toh, oli juga saia ganti sendiri di rumah, rutin 2000 km.

Semoga berguna

 

Advertisements

4 comments on “KPB ke 2 Honda New CB150R, kembalikan performa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s