Modifikasi roda CBR150R dual keen

Modifikasi tipis-tipis saja siang ini. Tengok penampilan New CBR150R dual keen eyes ini. Pasti pada memperhatikan rodanya kan? Iya, 1 set velg orisinal Honda New CB150R alias NCB, terpasang menggantikan roda bawaan. Yang bikin beda, hanya repaint aja. Aslinya hitam, dikerok, disemprot dengan warna emas khas Marchesini. Ituuu…velg kondyaang enteng, bagus dan mahalll :mrgreen:

cbr3Emang PNP / plek n plung ke CBR150R a.k.a K45 lokal? Continue reading

Advertisements

Kuras radiator CB150R secara sederhana

Masbro sekalian, maap nih, warung agak lama tutup, soalnya kebetulan empunya lagi tugas ke wilayah yang rada susah jaringan internet, lha wong di pulau ujung perbatasan negara kita dengan negara tetangga πŸ˜‰
Ini artikel cadangan, yang saia posting nebeng di warnet, sambil nunggu speedboat Sebatik – Tarakan, Kalimantan Utara
===================================
Hari Minggu, hari istirahat bareng keluarga setelah beribadah. Eh, gak ngapa-ngapain kok malah bingung yak. AKhirnya istri bersih-bersih tanaman, saia ngelongok si ciput yang nongkrong di teras.Ah, mumpung belom siang, kuras radiator ajah. Posisi odometer nunjukin 20.000 kilo lebih. Saia cabut ke bengkel dekat rumah, sambil bonceng si thole, yang selalu ikut ribet kalo saia ngoprek motor πŸ˜†
Awalnya, saia mo beli radiator coolant bawaan AHM, lha kok pas kosong. Eh, si tetangga bilang, pake merk ini ajah, yo bagus yo murah, sambil nunjukin sebotol nomer 1 yang ngetop (tahu kan?? πŸ˜† ) kemasan seliter seharga IDR 20.000. Kalo punya AHM, sebotol 500 ml harganya sama, cuma pas gak ada stok. Ya wis, saia beli daripada muter-muter, panas, macet.
Beres, sampe rumah, saia siapkan ember, slang kecil, kunci ring 8, dan kunci L bawaan toolkit CB. Ingat, jangan pernah lakukan ini bila mesin dan radiator dalam kondisi panas.
Pertama, buat CB150R, lepas shroud kanan pake kunci L, soalnya tutup radiator, terhalang sama shroud-nya. Setelah itu, tutup radiator bisa dikendorkan dulu.

lepas shroud supaya bisa mengakses tutup radiator

lepas shroud supaya bisa mengakses tutup radiator

Lanjut, siapkan ember penampungan di sebelah kanan bawah mesin. Buka baut 8 di crankcase kanan, di posisi water pump. Buka baut yang dibawah saja.

buka baut waterpump pake kunci ring/sok 8

buka baut waterpump pake kunci ring/sok 8

Hati-hati, kalo posisi tutup radiator dah dibuka, cairan radiator bisa nyembur dari lubang baut tadi, jadi triknya, tutup radiator dibuka sedikit-sedikit, supaya tekanan coolant tidak terlalu kencang, bisa tertampung sempurna di ember. Saia awalnya juga gak ngeh, tutup radiator sudah saia lepas, pas mbuka baut, jadilah kesemprot coolant sampe belepotan di celana πŸ˜†

tampung cairan radiator di ember

tampung cairan radiator di ember

Oke, tunggu sampe cairan coolant habis. Tuh, warnanya dah rada butek/gelap kan?? berarti emang minta diganti coolant…

cairan pendingin yang sudah agak keruh

cairan pendingin yang sudah agak keruh

Beres itu, mari kita kuras radiator. Cara yang mudah dan murah, digelontor pake air, bisa dari sumur ato sumber lain. Pake slang, masukkan ke lubang pengisian radiator. Pelan-pelan saja, pasti bakalan keluar lagi dari lubang baut 8 yang kita buka tadi. Tunggu sampe cairan yang keluar sampe jernih/bersih. Sebenarnya, lebih bagus lagi pake cairan khusus flush radiator buat menguras, karena bisa merontokkan kotoran dan karat yang mungkin mengendap. Karena saia baru pertama nyoba kuras sendiri, jadi pake cara yang mudah dan murah dulu, pake air :mrgreen:
Beres digelontor air bersih, silakan tutup lubang baut water pump (baut 8) tadi. Isi radiator dengan coolant baru sampe penuh.

isi coolant baru

isi coolant baru

Eh, jangan lupa, cuci tutup radiator, karena, ternyata, banyak kotoran yang menempel dan mengendap di bagian karetnya. Saia pikir, pasti karena posisinya, yang diatas, plus sering kena hembusan debu, trus numpuk deh. Tuh liat, abis dicuci, kotor kan airnya??

cuci tutup radiator

cuci tutup radiator

Beres isi penuh radiator, segera tutup, karena takut masuk angin…. πŸ˜†
Masih ada kerjaan lagi, yaitu kuras tabung reservoir yang ada di belakang mesin, nyempil dekat monosok. Ini yang agak ribet, karena saluran pembuangannya susah dijangkau dan kalopun dibuka disitu, pasti muncrat kemana-mana itu cairan coolant.
Gak habis akal, slang karet yang menghubungkan tabung reservoir dan radiator saia lepas. Sedikit butuh telaten melepas slang dari klem yang nempel ke rangka teralis-nya.

lepas slang menuju ke reservori/tangki cadangan pendingin

lepas slang menuju ke reservori/tangki cadangan pendingin

Begitu lepas, tinggal arahkan moncong slang ke ember penampungan.

kuras isi tabung reservoir lewat slang ke radiator

kuras isi tabung reservoir lewat slang ke radiator

Kenapa harus kuras reservoir juga? Karena eh karena, beda merk coolant. Yang masih ada di reservoir, masih punya AHM, sementar yang saia isikan ke radiator, ya merk tang ngetop itu. Kebetulan, tercantum di botol coolant, kalo sebisa mungkin, tidak dicampur dengan merk lain. Ditakutkan, kandungan kimianya berbeda, kan bisa bercampur tuh CMIIW..ikut aja, wong gak tau je, daripada kenapa-napa..
Beres kuras semua, tinggal balikkan slang dari tabung reservoir ke radiator. Masukkan ujung slang ke nipel di bagian atas radiator seperti semula. Jangan lupa, isi juga tabung reservoir sampe batas full. Hidupkan mesin, biarkan langsam sampe temperatur di indikator naik ke 1 atau 2 bar. Tambahkan coolant di reservoir bila terlihat turun. SUdah selesai deh cara simpel kuras radiator CB150R.
Sebenarnya, ada cara lain untuk kuras radiator, tanpa membuka baut 8 di water pump, yaitu dengan melepas klem slang pembuangan radiator, yang posisinya ya pas disebelah water pump. Cuma modal obeng minus, kendorkan klema, trus lepas slangnya, buang ke ember penampungan.

alternatif kuras radiator lewat slang waterpump

alternatif kuras radiator lewat slang waterpump

Semoga berguna…dan tak lupa, aslimalang.wp mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa buat masbro dan sis sekalian yang menjalankan…