Sebagian motor dinas kepolisian tanah air

Pagi masbro

Sepeda motor, memang punya beberapa kelebihan dalam penggunaan, sehingga dalam beberapa penggunaan malah lebih efektif ketimbang mobil. Termasuk dalam menjalankan tugas kepolisian. Satuan Lalu Lintas Polri, juga mengandalkan sepeda motor, sebagai salah satu armadanya untuk mendampingi mobil operasional se[erti mobil patwal salah satunya.

gambar : 2lcar.com

gambar : 2lcar.com

Nah, motor apa saja nih yang diandalkan Polri, khususnya Lalu Lintas untuk operasional mereka? Ini beberapa diantaranya.

  • Harley Davidson Electra Glide 1.690cc

Motor 2 silinder konfigurasi ala V2 yang melegenda ini,  punya kapasitas 1.690 cc ini. Sudah agak lama berdinas di kepolisian Republik Indonesia. Desain Electra Glide Ultra Classic ini, cocok untuk pengawalan jarak jauh karena punya  mesin gede 1.690cc dan desain yang memanjakan pengendara.

Terbaru, penyegaran dari Electra Glide, ada Harley Davidson Road glide yang menjadi penggantinya di kepolisian.

Sebagai informasi, HD Road Glide dibekali dengan mesin tipe Milwaukee-Eight 107, yang berkubikasi 1.745 cc. Mesin yang lebih besar  itu bisa semburkan torsi hingga 150 Nm @3.250 rpm. Mantap yak??

  • Kawasaki Z900 4 silinder

Jajaran produk Kawasaki ini, khas banget dengan tampilan jangkung. Konfigurasi mesin 4 silinder sebaris, menyuguhkan mesin yang responsif. Motor yang relatif masih baru, yang desain ringkas diimbangi mesin bertenaga mantap khas Kawasaki

  • Honda Goldwing

Honda Goldwing ini, merupakan varian terbesar seri Honda GL.  Nggak main-main, kapasitas mesinnya, yang punya model boxer 6 silinder ini, mencapai 1.832cc. Ditunjang dengan beragam fitur kekinian, yang nggak hanya membuat betah pengendara, tapi juga pembonceng. Eh, kalau ngawal, gak boncengan yak ? 😆 Jok empuk dan lebar, plus sandaran punggung, bagasi gede, masih ditambah sistem audio bawaan Honda yang asik. Lagi-lagi, jaminan kenyamanan untuk berkendara jarak jauh

  • Yamaha XJ900P

Yang ini, sudah familiar sekali ya? Banyak banget kita jumpia wira-wiri sehari-hari di jalanan. Mesin Yamaha 4 slinder sebaris berkapasitas 900cc, persisnya 892cc ini, punya bunyi khas, semriwing multisilinder. Masih andalkan mesin bersirip pendingin udara, sistem transmisi nyaris nggak bersuara karena menggunakan gardan laiknya mobil.

  • Yamaha FJR1300

Kalau yang ini, kakaknya Yamaha XJ900P. Masih punya mesin 4 silinder segaris, kapasitasnya membengkak jadi 1.300cc.  Modelnya semi racy yang menggunakan fairing penuh laiknya motorsport, namun masih nyaman dengan setang yang rada tinggi. Jadi nggak kelewat membungkuk saat riding. Sudah menggunakan pendingin cairan di mesinnya, yang lebih modern.

  • Victory Vision

Berjumlah sedikit, motor yang merknya kurag familiar di masyarakat ini punya tampilan yang sekilas, mirip saudara dekatnya Harley Davidson. Kalau hanya melihat sekilas, apalagi dengan konfigurasi mesin yang V-Twin, memang mirip dengan HD. Yang bikin unik adalah desain boks samping yang seirama body, sehingga menjadi satu kesatuan. Melengkung dinamis dan seirama sepatbor belakang. Setang tinggi, jok rendah plus windshield tinggi, membuat nyaman pengendara. Saat digeber pun suara sepasang knalpotnya mirip dengan HD.

  • BMW K1600 B

Motor BMW ini, punya genre cruiser dengan sidebag. Embel-embel B, yang melekat pada K1600B, merupakan akronim dari bagger, yang nempel manis di bagian belakang kanan-kiri si BMW. Mesin 1.649cc 6 silinder, adalah penggerak utamanya. Asik ya lihat striping khas polisi yaitu kotak-kotak biru putih yang kayaknya pas banget dengan logo BMW yang mirip, kotak biru putih juga. Matching, hehehehe

  • BMW R1200 GS

Paling pas ini kayaknya buat operasional polisi lalu lintas. Ramping, gesit, bertenaga dan termasuk ringan sehingga handlingnya lebih nyaman dan mudah dikendalikan. Mesin mantap berisi 1.170cc dengan konfigurasi khas BMW, yaitu boxer 2 silinder dan penggerak gardan. Sekilas, kayak bukan moge yak, tapi begitu dibetot, hemmss

Kalau masbro, paling sering ketemu yang mana? Hehehehe..

Semoga berguna

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s