Gak usah penasaran lagi, ini dia wujud skutik petualang baru, Honda ADV 150

Siang masbro..

Setelah berkali-kali isunya timbul tenggelam, sosok skuter matik alias skutik yang punya garis desain petualang alias adventure resmi dimunculkan Astra Honda Motor (AHM).

Punya nama resmi ADV 150, skutik ini, punya desain kokoh dan garang. Pantes banget kalo nyemplung di segmen petualang. Lha wong memang adopsi dari kakaknya Honda XADV 750.  Bentukan garis bodynya lancip-lancip dan terkesan kokoh dengan model semacam nggak nyambung antar beberapa bagian. Justru disitu yang bikin kesan kokohnya dapet banget.

Aplikasi lampu depan LED, yang desainnya dari Honda Fireblade dan Africa Twin. Mantul khan? Lampu belakang, juga LED sementara modelnya, ada bau huruf X meski rada samar karena lebih mengotak, beda dengan PCX. Sein depan menyatu dengan headlamp sementara sein belakang yang bermodel ala CBR150R ini , nempel pada sepatbor belakang yang modelnya mengingatkan pada Honda Vario 150. Hmm..misal beda model, lebih asyik nih

Roda , menggunakan velg CW alias velg palang kelir hitam dengan kombinasi belang. Depan diameter 14″ sementara belakang punya diameter 13″. Dibalut ban tubeless bermodel kembangan kasar, khas ala supermoto. Bisa mengaspal, bisa pula trabas ringan dengan ukuran 110/8014 depan dan 130/70-13 di belakang. Kalo saia mah, tinggal lepas rodanya, diganti velg ruji alias jari-jari dengan velg alumunium rada gedean, ban tetap gak masalah. Uh, makin gahar. Kelupaan, piranti pengereman sudah menggunakan cakram di roda belakang juga nih, ngikut yang depan. Kaliper piston tunggal, lebih dari cukup menghentikan putaran roda belakang, sementara didepan, wajib dobel piston dong.

Suspensi depan teleskopik pendek, laiknya skutik, sementara sokbreker belakang, ganda alias sepasang lansiran Showa yang dilengkapi tabung minyak terpisah alias twin subtank. Ajibb..

Model setang telanjang, ala-ala fatbar yang tinggi dan lebar. Bakalan nyaman nih handling si ADV, dan lebih mudah dikendalikan kala melibas jalan nggak mulus. Didepan setang, ada panel dasbor informatif dengan tampilan LED. Nah, didepannya lagi, alias diatas headlamp, ini nih yang bikin tampilan ADV150 khas. Yaitu windshield atau tameng angin tinggi, yang bisa disetel. Wih, kayak windshiel kepunyaan Honda Forza 250 dong? Hmm..mirip sih, tapi bedanya, kepunyaan ADV150 setelan manual, nggak elektrik macam Forza250. Btw, tetep bikin gagah sekaligus fungsional

Soal mesin, tetap andalkan basis mesin skutik 150cc Honda. Yaitu 4-tak SOHC, dengan kubikasi persis 149,3cc, yang dilengkapi fitur  eSP, dan idling stop system laiknya fitur khas skutik Honda. Tenaga maksimalnya, diklaim capai 14,5 PS/8000 rpm sedangkan torsinya 13,8 Nm/6500 rpm.

Honda ADV 150, tersedia dalam 2 varian yaitu ABS dan CBS. Just info juga, ada perbedaan berat badan ,eh , berat motor. ABS lebih berat sekilo 133 kg, sementara CBS 132 kg. Sedangkan warnanya, khusus ABS hanya tersedia 2 warna yaitu merah advance red dan putih advance white. Kalau versi CBS malah lebih lengkap, ada coklat tough matte brown, merah tough red, hitam doff tough matte black dan silver/perak tough silver. Total ada 6 warna pilihan Honda ADV 150 ini.

Last, harganya, masih menurut rumor, adalah di angka IDR 34,1 juta untuk versi CBS, sedangkan varian ABS belum nongol harganya. Yuk, dipantau bersama kelanjutan si ADV 150 ini

Semoga berguna

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s