Sejarah warna kebesaran tim balap Honda, RWB (red-white-blue)

Pagi masbro..

Balapan, memang identik dengan super. Motor super kuat, super kencang dan super keren. Pasti jadi idola dan acuan. Makanya, hampir semua pabrikan, menurunkan formasi terbaiknya di ajang balap apapun. Ujungnya, memang jelas, mendongkrak popularitas si brand alias merk tersebut.

Pabrikan sepeda motor Honda, dikenal sejak dulu punya trademark atau ciri tampilan khas kelir merah. Warna merah yang merupakan warna yang sering digunakan Honda di ajang balapan pada tahun 60-an. Seperti salah satunya,  ajang Tourist Trophy di Le Mans yang mulai diikuti oleh Honda pada tahun 1959, motor Honda biasanya diberi warna merah.

Lha lalu,kaitannya dengan kelir red-white-blue alias RWB apaan nih?? Sabar, terusin bacanya dulu ya 😆

Lanjut, beranjak ke era 1970-an dimana saat itu motor Honda di ajang balapan masih identik dengan warna merah nih. Sedangkan warna Red White Blue baru muncul pada pakaian yang dikenakan rider motor Honda. Tepatnya pada ajang motocross di tahun 1973 ketika rider motor Honda menggunakan jersey dengan warna kombinasi biru-merah dengan tulisan dan garis putih.

Di tahun 1973 ini, hampir bersamaan ,  juga muncul motor pertama yang menggunakan cikal bakal warna Red White Blue, saat itu masih dinamakan Vermillion, Aqua, and White. Bagus ya namanya? :mrgreen:

Motor tersebut adalah CB750 yang dipakai di ajang Daytona 200 hours race. Sebuah balap ajang ketahanan, baik motor maupun penunggangnya. Saat itu, baik motor dan ridernya yaitu Morio Sumiya sama-sama menggunakan pakaian berwarna merah-putih-biru yang cukup ngejreng dan atraktif.

Nah, gegara ini kayaknya awal inisal RWB pada motor balap Honda. Bisa jadi penampilan CB750 ini adalah inspirasi dari pewarnaan RWB yang dikenal hingga sekarang. Perpaduan warna RWB tersebut terbukti cukup menarik perhatian dan membuat Honda meresmikan warna tersebut sebagai warna resmi untuk motor balap.

Motor pertama yang resmi menggunakan warna RWB adalah Honda RCB1000 yang dikembangkan untuk berpartisipasi di Europe Endurance Championship di tahun 1976.

Pada tahun 1980-an, paduan warna ini sudah sedemikian menyebar, laiknya media sosial jaman sekarang. Istilah kata viral, sehingga udah nggak ada lagi yang nggak kenal dengan warna RWB. Setiap pengamat balap motor pasti tahu, kalau ada motor dengan pewarnaan RWB. Dan pasti,  sudah barang tentu itu motor berlabel sayap mengepak, Honda. Bahkan nggak cuma di ajang balapan aspal macam GP saja nih, pada tahun 1982 Honda sukses menyabet gelar juara Reli Paris Dakar dengan motor Honda XR500R yang tentu saja diwarnai kelir khas RWB.

Hal itulah yang membuat varian warna RWB mendapat tempat di banyak orang. Motor-motor sport dengan performa ganas seperti CBR1000RR, CBR600RR, hingga motor-motor dibawahnya, yang diluncurkan di Indonesia seperti CBR150R, CB150R, termasuk motor bebek macam Honda Blade 125 pun memberikan varian warna RWB lho!

Sayangnya, makin kesini, makin berkurang deh kayaknya, tampilan RWB pada motor produksi AHM, bisa juga karena tergerus kombinasi warna lain yang lebih trendy dan disukai masyarakat. Kalau balap misalnya, tampilan Honda Repsol, masih mendominasi dan jadi acuan. Seperti pernah saia tulis disini

Nah, kedepan, akankah warna legendaris RWB ini yang ternyata punya sejarah panjang, bakal terus digunakan dalam motor produksi massal AHM? Kita tunggu saja bersama

 

Semoga berguna

 

 

2 comments on “Sejarah warna kebesaran tim balap Honda, RWB (red-white-blue)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s