Sepatbor depan motor, ada aturan ukuran minimalnya lho

Pagi masbro..

Dunia bikers alias penikmat dan pengguna sepeda motor, memang luar biasa. Begitu banyak yang bisa dilakukan dengan motor, alias modifikasi. Ya karena dari bentuknya saja, celah dan peluang untuk dimodifikasi memang banyak sekali, tergantung arah modifikasi dan selera sang pemilik.

Mulai gaya standar, chopper, japstsyle, bratsyle, sport fairing, sport naked..belum lagi  aliran buat skutik, bebek. Waalah, banyak banget deh yang nggak  bakalan muat kalau saia tulis satu persatu. Hal paling awal yang biasa dilakukan pemilik saat modifikasi adalah merubah roda. Entah dirubah  menjadi lebih  lebih besar dan kekar, atau malah sebaliknya, justru dikecilkan

Perubahan pada roda ini, biasanya juga berimbas pada  sepatbor atau spakbor. Bagian dari body kendaraan ini berfungsi  untuk menghalangi cipratan air atau apapun dari roda. Penyuka modifikasi arah roda besar biasanya juga merubah spatbor menjadi lebih  lebar, supaya nampak pas kala dipadukan dengan roda motornya.

 

 

Sebaliknya, penyuka minimalis, kadang menyisakan spatbor mungil, bahkan seringkali tidak memfungsikan spatbornya alias dilepas.

Nah,  kalau dari undang-undang, sebenarnya hal ini telah diatur oleh pemerintah. Simak petikan dari Undang-undang Nomor 40 Tahun 2012 khususnya pada Pasal 40.

Sepatbor, harus memiliki lebar paling sedikit selebar telapak ban, dan harus mampu mengurangi percikan air atau lumpur ke bagian belakang kendaraan

Kalau dari pabrikan, desain spatbor sudah disesuaikan dengan lebar ban. Contohnya saja pada Honda CB150R versi awal nih, alias OCB. Tuh kan, sudah  lebih lebar dari ban-ny akan?

Lha yang suka modifikasi gimana dong? Nah, supaya aman nih di jalan, selain nggak berbahaya karena menciprati orang  lain dan diri sendiri, silakan saja spatbor modifikasinya disesuaikan masbro. Meski modifikasi jadi lebar, nggak mengurangi kegantengan motornya kok. Simak deh beberapa contohnya

Masih garang kan? Aman buat diri sendiri dan orang  lain, terutama di musim hujan. Sekaligus, aman dari lirikan polantas tuh, hehehehe.

Yuk, taat peraturan untuk keselamatan diri sendiri dan orang lain. Semoga  berguna

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s