Modifikasi Honda BeAT supermoto, jangkung rekk

Pagi masbro..

Modifikasi motor, memang beragam banget alirannya. Bergaya sport-balap, klimis, ala turing dan lain sebagainya. Nah, yang sempat marak salah satunya adalah aliran supermoto. Ciri fisiknya yang paling kentara, adalah dimensi motor yang lebih jangkung alias lebih tinggi dari standar. Tujuannya sih, supaya ketika dibawa turing atau perjalanan jauh, ketemu medan yang kurang bersahabat, misal nggak rata-lubang, bisa dilewati lebih mudah.

Awalnya, gaya ini kebanyakan digunakan oleh motor sport alias motor laki. Seperti Honda Tiger-CB150R-Verza-Megapro, Yamaha Vixion-Scorpio, Suzuki Thunder hingga Kawasaki Ninja. Memang simpel sih, tinggal meninggikan sokbreker depan belakang, tambahkan aksesoris sepatbor depan model supermoto/trail/cross, pasang box tambahan. Beres. Motor tambah tinggi dan gagah. Yang jelas, biasanya ban berganti model dua alam atau bisa juga ban aspal saja.

Belakangan, nggak hanya motorsport, gaya supermoto juga merambah motor lain. Bebek alias cub juga mengalami modifikasi serupa..walhasil, banyak berkeliaran bebek jangkung deh. Waktu berjalan, kini varian skuter matic, skutik, juga terimbas model ini. Nggak hanya skutik rada bongsor macam Honda Vario, skutik imut seperti Honda BeAT juga tak luput dari aliran ini. Coba tengok deh tampilan Honda BeAT yang saia jepret saat melintas di kawasan Karanglo-Malang ini.

Pertama lihat, dari belakang ada yang beda di skutik ini. Terpasang box belakang, tapi saat longok bagian abwah, itu sepatbor belakang kayaknya jauh banget dengan ban belakang yak?

Kelir putih bawaan tetap dipertahankan. Mencolok, karena ketinggian motor berubah drastis. Kira-kira sih, motor laki kayaknya masih kalah tinggi πŸ˜‰

 

Sokbreker belakang, sepertinya mengalami perubahan drastis, karena jelas terlihat, bagian bawah sokbreker yang panjang banget. Nggak hanya dudukan, tapi anting sokbreker alias bagian bawahnya berganti ukuran jadi lebih panjang. Demikian pula sokbreker depan, yang juga lebih tinggi. Yang ini, biasanya tinggal belikan dan pasang sambungan sokbreker aja, tinggal pilih pakai sambungan yang berapa senti panjangnya.

Sayang, nggak dapat foto dari depan, meski terlihat setang sudah terondol, berganti setang model sport telanjang. Panel-panel disetang juga berganti, plus ada penambahan lampu tembak di tengah serta beberapa aksesori lain. Seperti handguard, tempat minum, beragam saklar. Bagusnya, spion lengkap terpasang πŸ™‚

Bagian belakang, selain meninggikan buritan, braket box terpasang komplit, siap dipasangkan top box berikut side box . Siap diisi perlengkapan buat menjelajah nih. Modifikasi yang merubah ketinggian motor, pasti dan jelas bakal merubah feel berkendara. Yang jelas, pengendalian pasti berubah, karena motor lebih tinggi, titik pusat gravitasi atau bahasa kerennya center of gravity nya juga berubah. Yah, kalau sudah terbiasa sih, apalagi motor sendiri , ya nyaman aja. Cuma efek buat yang melihat, pasti rada kagok hehehehe..

Semoga berguna dan semoga menginspirasi

Advertisements

9 comments on “Modifikasi Honda BeAT supermoto, jangkung rekk

  1. Sam, pencerahan donk. Beat saya masih standar, rencana mau bikin laki2 nya lebih tinggi kyk gambar di atas, kira2 apa aja yg perlu di rubah seperti suspensi dan ban nya? Mohon info hehe, nuwus

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s