Modif CB150R Spoke Wheel alias ruji

Sekitar akhir tahun 2013, si ciput saia rubah sedikit kaki-kakinya, roda saia “downgrade” ke spoke, alias jari-jari. Lah, kenapa??
Niat awal, pingin tampilan supermoto, jadi pake velg jari-jari, ban agak gedean, plus sepatbor depan supermoto. Seiring berjalan waktu dan duit :mrgreen: , itu sepatbor depan gak kebeli-beli…padahal velg udah, ban juga udah. Karena saia pengen-nya make punya dtracker150, sementara barangnya langka, alias kudu inden di kawasaki.
Sementara sepatbor depan belom kebeli, eh, musim berganti…datanglah musim hujan. semakin galau deh,maklum kalo nantinya jadi pake sepatbor tinggi itu, kebayang muncratan air dari roda depan, hahahahaha..wong sepatbor standar cb150r aja kalo gak dipakein kepet, muncratnya kemana-mana..
xrlf
Balik ke topik…untuk modifikasi roda menjadi jari-jari alias SW, hampir semua saia kerjakan sendiri, mulai belanja sampe pemasangan…kecuali pas mbubut en ngebor, nah, itu yang gak bisa dan gak punya alatnya..
Detilnya, saia mulai dari tromol depan ya.

Tromol, saia nyontek punya honda New Megapro, yang ternyata ada 2 part yang terpisah, antara tromol sendiri, dan adaptor cakram sendiri. Tromol depan, sama plek punya Supra X lawas (100cc), gak perlu ubah apapun termasuk dudukan untuk spidometer. Untuk adaptor cakram, cari aja punya NMP, ato kalo susah bisa pake punya tiger lawas (non revo), sama persis.
Trus, beli sil tromol punya NMP, buat tutup as-nya. Karena saia pingin punya 2 set roda, maka laher pun saia beli sepasang.
Sampe disini, ada yang tanya?? šŸ˜†
Spare-part ini, saia beli nyicil masbro, jadi nunggu kumpul dulu baru dipasang en disesuaikan. Ada yang dapet baru, ada yang seken. Kebetulan, pas proses ngumpulin, ada yang nawarin cakram depan psm ex NMP, yah masih 95% lah. Pas banget nih sama bujet dan keinginan, alhasil saia tebus juga deh

Daftar belanja tromol depan cb15or
1. tromol depan supra x lama 80.000
2. adaptor cakram depan tiger 2000 lama 50.000

tromol depan supra x-100 dan adaptor cakram tiger 2000

tromol depan supra x-100 dan adaptor cakram tiger 2000

3. baut-baut, menyesuaikan, pingin bagus + awet, pake baut L stainless
4. cakram depan psm, 300.000

cakram depan psm

cakram depan psm

5. laher 6301 1 set alias sepasang 36.000
6. sil tromol 15.000

tromol depan sudah dirakit

tromol depan sudah dirakit

tromol depan jadi

tromol depan jadi

Nah, sekarang yang belakang. Tromol sengaja pake punya NMP (lagi) karena persis dan plek, tinggal masuk ke poros roda belakang. Yang menyesuaikan adalah dudukan cakram belakang, karena tromol ruji NMP aslinya pake rem tromol. Akhirnya, beli-lah adaptor dudukan cakram, kalo orang sini bilang plendes. Jadi bentuknya, mirip penutup tromol, cuman buntu dan disiapkan lubang-lubang untuk baut cakramnya di sisi luar. Sedang sisi dalam, nantinya dibaut ke tromol, alias tromol sisi kiri/di belakang nap gir, dibor tembos ke dudukan cakramnya trus dibaut. Kenceng deh…
Berdasar ukuran, yang cocok untuk dudukan cakram belakang pake punya Yamaha JUpiter MX, meski ternyata gak langsung plek, alias masih bubut sedikit plus bor untuk baut ke dudukan cakram dan baut cakram belakang sendiri. Cakram belakang, sengaja beli lagi, tapi bukan punya NMP, tapi malah punya Honda Karisma. Kenapa? Selain lebih murah šŸ˜† dan gak inden, hasilnya ternyata gak merubah dudukan kaliper belakang sama sekali, langsung plek begitu tromol dipasang. Mantab..

daftar belanja tromol belakang cb150r
1. tromol belakang NMP 200.000

tromol belakang dan printilan bosh, laker dkk

tromol belakang dan printilan bosh, laker dkk

2. adaptor cakram belakang jupiter mx 60.000

dudukan cakram belakang Yamaha Jupiter MX

dudukan cakram belakang Yamaha Jupiter MX

tromol belakang dan plendes

tromol belakang dan plendes

3. cakram depan karisma 125.000
4. baut piringan, menyesuaikan
5. laher 6302 sepasang 40.000
6. bos kolar + sil tromol 15.000
7. ongkos bubut+bor dll 100.000

tromol belakang sudah dirakit

tromol belakang sudah dirakit

tromol belakang siap dipasang

tromol belakang siap dipasang

pas dirakit di tukang setel velg

pas dirakit di tukang setel velg

total jenderal biaya untuk 1 set tromol depan-belakang IDR 1.021.000

Paling, banyak yang mikir, ngapain repot, beli pretelan trus masih harus ngerakit, ngebubut dan lain-lain?? Kan ada tromol ruji variasi buat CB150R? Iya, bener. Waktu itu sudah ada produk buat tromol ruji CB150R, katanya sih produk Thailand, merk Z*X kalo gak salah. Dibandrol sekitar IDR 600ribuan, sudah versi polish, alias dipoles mengkilap. Awalnya minat, tapi kemudian ada teman di forum yang cerita soal bahannya yang katanya lho, kayak kurang kuat. Lalu, pas di Malang, ada teman juga yang make produk tadi, pas saia lihat en cek, walah, kok enteng tenan yak?? rada mikir nih soal kekuatan, tapi no offense lho ya…
Karena saia mikirnya, kalo pake roda ruji/SW, harus lebih kuat dari palang/CW. Makanya saia pake velg besi, dan tromol ori, yang secara nalar saia pasti lebih kuat. Itu aja sih pertimbangan saia, meski rada repot dan totalnya lebih mahal daripada beli jadi variasi.
Kemudian, untuk velg , saia pake DID besi ukuran 2.50-17 yang kena tebus IDR 430.000, plus ruji TDR 17 IDR 50.000
Lanjut ke ban, karena pake velg spoke besi, jadi susah pake tubeless, jadilah nebus ban IRC eks Dtracker250 punya kawan dari Surabaya, ukuran 110/17 – 130/17 diharga IDR 400.000, lalu beli ban dalam sepasang IDR 80.000
Setelah semua part lengkap, tromol depan-belakang beserta velg dan ruji saia bawa ke bengkel setel velg buat dirakit, dengan ongkos setel velg kena IDR 50.000
Hasilnya?? Ya kayak gitu deh, hehehehe, siyap dipasang. Cara pasang, ntar diposting selanjutnya…
Semoga berguna šŸ˜‰

Advertisements

155 comments on “Modif CB150R Spoke Wheel alias ruji

    • benernya velg belakang kurang gede kuwi kang, minimal 3 inci ato lebih, baru pas…susah yang besi diatas 2,5

      Like

    • Mas andhi tromol depan apa harus pakek tromol Supra x lawas, saya dapet tromol nmp + adapternya kira2 langsung pnp gak ya ?
      Soalnya carik tromol Supra x susah mas adanyanya tromol nmp eh

      Like

    • megapro primus maksudnya mas? bisa mas, karena basic tromol mirip, cakram juga punya 6 lubang baut
      tromol belakang yang harus pake punya nmp, karena punya megapro primus tidak pakai nap gir alias paten

      Like

    • weitsss….up grade tuh A’ , heheheheee..lebih mahal modif ke ninja daripada modif part-nya ajah

      Like

    • kalo jari-jari depan pake ukuran 184, sedang belakang ukuran 154
      nah, pas abis dirakit, ada sisa lebih alias nongol sedikit di velg, jadi mesti digerinda buat dirapikan/diratakan, sekitar 0,5-1 sentian, supaya gak nusuk ban dalam

      Like

  1. Mas iku pritilan2 (adaptor cakram,tromol supra,laher,cakram karisma dkk) tuku ng endi mas,,opo inden ng dealer ??? Suwun

    Like

    • nek tromol, cakram, laher dkk ning bengkel resmi mas…
      lha nek adaptor cakram/plendes, ning bengkel variasi, ora ono ning bengkel resmi…tapi sing nggarap kebetulan chief mekanik-e ahass…kebetulan akrab, doyan modif juga, cocok šŸ˜†

      Like

    • masih normal semua masbro, kan dudukan speedometer yang ke tromol depan sama plek..jadi tinggal cabut dari velg CW, pasang ke velg SW-nya..jalan deh

      Like

  2. saya mau bikin sonic RS Super 125 new 2008 saya kyak cb 150 nya mas roda depan nya. susah bner ini di POntianak cari barangnya mas.

    Like

    • harus tahu dulu mas, ukuran tromolnya, baru bisa dicarikan teromol buat jerujinya..
      kalo cakram, menyesuaikan aja, yang penting bisa duduk manis di teromol, kalo dudukan kaliper/kepala babi tinggal bikin ulang di tukang las/bubut, palingan 50 ribu mas

      Like

    • tak woco nang forum, anggo ne supra 100 mas, cakram e supra plek kog neng velg racing bawaan sonic e. podo podo lubang 5. cuman ga nemu nemu di Ponti yg jualnya. kalo disana msh bnyk stock, bantu lah mas diriku. nih belakang dah pake tromol blkg supra 125 DD, plek manis dibelakang. matursuwun

      Like

  3. 545471 sam……orang awam mau nanya….ayas kan punya tirev 2008…misalnya s/w nya itu di pasang d tirev apa ada yang dirubah ato lngsung pnp….mohon pencerahanya …545471…

    Like

    • kalo tirev, beda mas, ukurannya…kalo tiger lawas, sama alias pnp dengan cb150, nmp monosok
      mending cari tromol depan ruji-nya revo, sekalian tromol blakang-cakramnya…
      kalo variasi, kisaran 300ribuan kayaknya..CMIIW

      Like

    • sangat bisa…tinggal pilih, cari teromol ori depan-blakang, trus bikin dudukan+adaptor cakram buat belakang atau…cari variasi khusus meggy primus yang komplit berikut cakram belakang…langsung PNP mas benny..

      Like

  4. salam kenal mas… mau tanya, saya punya tromol cakram blakang supra x 125. apa bisa diaplikasikan ke cb 150? utk tromol cakram depan apa harus tromol supra 100? atau bisa menggunakan tromol cakram depan supra x 125?
    mohon pencerahannya… suwun.

    Like

    • gak bisa mas roy, soale tromol belakang supra sisi kiri posisi untuk nap gir bukan untuk dudukan gir spidometer
      yang langsung plek ya tromol depan new megapro monosok atau tromol supra lawas+adaptor cakram tiger
      kalo tromol belakang cakram suprax125 kayaknya malah bisa buat tromol belakang cibi, tinggal ngepasin cakram+nap girnya…tukang bubut pasti bisa..

      Like

    • sudah coba sambangi ahass setempat? ato kalo susah ori, bisa juga cari variasi..kayak merk v*d tuh, pnp sama cibi, tinggal lepas cakram depan-belakang plus nap gear, pasang deh..
      takutnya saia gak mastiin spare-partnya mas..terutama yang belakang..kalo depan mah relatif ebih gampang..

      Like

    • wah, iya, sampe lupa..maap mas
      benernya, kalo cara pasang teromol, ya tinggal lepas as roda depan belakang, tancepin deh tromol rujinya..tentunya setelah jeruji-velg dan ban sudah terpasang di teromol šŸ™‚
      kan emang PnP..tinggal colok šŸ™‚

      Like

    • tromol depan, ngerakit sendiri masbro, kalo belakang, karena ada acara bor-bubut, saia serahin sama ahass langganan
      begitu udah ready semua, pasang sendiri, wong plek masuknya kok

      Like

  5. mau tanyak mas,,
    sepeda saya megapro primus 2009,
    saya mau pasang velg jari” plus cakram lebar cuma yang depan aja mas, pakek cara persis punya mas andhi terangin dek atas tadi, bisa apa nggak ya mas.?
    terimakasih šŸ™‚

    Like

    • bisa mas, tromol meggy primus-nmp sama aja kok basic-nya..
      tromol+adaptor cakram, masuk plek, tinggal cabut bos-as dari tromol lama dan dudukan gigi nanas spidometer

      Like

  6. punya mas andhi kan tromolnya pake supra-x lama, adaptornya pake tiger 2000,,
    persis kayak gitu apa juga bisa di aplikasikan ke motor saya mas.?

    Like

    • iya mas, bisa printhilan kayak gitu, atau kalo lebih praktis, nebus yang sudah 1 set juga bisa..maksudnya teromol+adaptor cakram sudah terpasang, tinggal pasang cakram, dudukan spido+bosh as

      Like

  7. BUAT YG MO MODIF VELG JARI2/SW, SEKARANG SUDAH BISA TANPA MENGGUNAKAN BAN DALAM ASAL KETEMU DNG TUKANG VELG YG NGERTI. MINIMUM VELG JARI2NYA UKURAN LEBAR 2.5 INCI DAN DIAMETER BIASANYA 17 INCI

    CARANYA VELG BAGIAN DALAM DI LAPISI DENGAN BAN DALAM 14 INCI (PAKAI BAN DALAM MOTOR MIO/VARIO/) . BAN DALAM DI POTONG MEMANJANG SELEBAR VELG BAGIAN DALAM ( SELEBAR DIATAS TEMPAT JARI2). PEMASANGANNYA TIDAK PERLU DI LEM. TINGGAL BELI PENTIL KHUSUS TUBELESS.

    KALAU MASIH BINGUNG CARANYA KOK BISA TANPA BAN DALAM BISA CARI TUKANG VELG YANG NGERTI PASANGNYA

    SAYA SUDAH PAKAI UTK CB150R. DEPAN PAKAI VELG LEBAR 2,5 INCI PAKAI BAN DEPAN STANDAR DAN BELAKANG PAKAI LEBAR VELG 4.5 INCI PAKAI BAN 130/70/17, KALAU MAU PAKAI BAN 140/70/17 JUGA MASIH BISA. ARM STANDAR.

    SELAMAT MENCOBA.

    Liked by 1 person

    • kalo gak salah ingat, sama masbro…2,50 depan belakang..
      mau nyari yang gedean buat belakang, bahan besi gak ada, maksimal ya 2,50..kalau almunium ada sampai ukuran 4,00

      Like

    • kalo pake piringan bawaan, harus ganjal lumayan banyak mas supaya bisa digigit kaliper, soalnya piringan bawaan cb tipenya hampir rata, sementara piringan karisma tipenya celong/lebih nongol keluar..
      jadi tinggal ngepasin adaptor/dudukan cakram/plendes dikit, masuk deh ke kaliper
      lagian masih terjangkau kok, cakram ori karisma sekitar 125 ribuan..sementara cakram ori cibi dibiarkan menancap di velg bawaan šŸ˜‰

      Like

    • normal..tinggal copot dudukan spido/gigi spido dari tromol bawaan, tancepin deh ke tromol supra, plek mas..
      jangan lupa, ring-as spido juga dicopot, trus dipasang ke tromol supra-nya, dulu punya saia kelupaan, soalnya masih nempel di tromol cw, alhasil gak jalan spido-nya šŸ˜†

      Like

  8. Kenapa masang nya agak ribet yah, harus bubut dll. gakayak masang di satria atau motor bebek lainya? tinggal beli tromol, cakram dll. pasang. Pencerahanya lur.

    Like

    • Kebetulan ini saia beli teromol ori punya nmp, bukan variasi untuk cb150r. Kalo depan tinggal pasang aja. Yg belakang modifikasi untuk dudukan cakram karena teromol nmp untuk rem teromol bukan cakram. Kalo beli teromol variasi khusus cb150r ya pasti plek,tinggal pasang mas. Saia maunya yg lebih kuat dengan asumsi barang ori lebih kuat šŸ˜€
      Jadi ya resiko harus repot modifikasi (padahal yo seneng pas modifnya, lebih berasa usahanya hehehe)

      Liked by 1 person

    • saia beli di toko sparepart di malang, masbro..emang sih, kudu telaten nyarinya, malah kemaren ada teman nitip dicarikan, agak susah juga
      mas aries domisili mana?

      Like

  9. Pingback: Honda Old CB150R supermoto jangkung | andhi's blog

    • bosh kolar dan sil tromol, bentuknya kayak cincin karet mas, buat nutup celah antara as dan tromolnya
      kalau laher, bearing alias klaker (jawa)..ukurannya 6301 dan 6302

      Like

  10. malangnya mana mas ?
    dulu dapet tromol nmp dimana mas ? kok murah, minat juga ini.
    mau pasang velg jari jari belakang buat tirev

    Like

    • Ocb, alias cb150r gen 1? Nggak cocok mas, beda semua, mulai lebar tromol, dudukan sensor spidometer sampai cakram. Bisa saja dimodifikasi, tapi malah banyak yg harus diubah/menyesuaikan

      Like

  11. Mas .. mau tanya ini .. punya saya Cb150r tahun 2016 .. saya pake teromol belimbing punya vario buat tromol depan .. kira” cakram pake cakram apa ya mas .. tolong di bantu mas ..

    Like

    • kalo gampangnya, cari cakram yang khusus buat vario saja mas, bagus lagi yang cakram lebar. nanti, tinggal membuatkan adaptor dudukan kaliper dari plat besi ke tukang bubut.
      lebih gampang menyesuaikan/buat adaptor kaliper daripada ngakali lubang baut cakram di tromol, hehehe..

      Like

  12. Mas, pengeboran tromol belakang d,bagian mana, saya bingung maksud dri nap gir itu g,mna mas, apa ngebor,a pas d,bawah dudukan gir atau g,mana,,
    Trus tromol NMP ama MP primus sama gak mas ????
    Makasih mas,,

    Like

    • Nap gir, itu maksudnya dudukan gir, yg bisa dicopot dari tromol. Jadi, urutannya, gir dibaut ke nap gir, lalu nap gir ditancapkan ke tromol, dengan tambahan karet tromol.
      Yang dibor, tromol sebelah kiri, posisinya persis dibalik nap gir/tertutup karet tromol. Tembus ke sisi kanan untuk memasang baut cakram belakang.
      Beda mas, tromol nmp dengan meggy primus. Primus tidak pakai nap gir, alias gir terpasang langsung pada tromol, nmp ada nap girnya.

      Like

  13. Trus mas, posisi pengeboran,a pas d,bawahnya karet tromol apa d,celah2 yg buat masang nap gir mas ???
    Trus panjg baut yg untuk nyatuin tromol sama plendes berapa cm ???
    Makasih mas,,

    Like

    • Kalo saia, pas di belakang karet tromol. Coak dikit karetnya, supaya kepala baut gak nongol
      Panjang baut lupa mas, maaf
      Menyesuaikan aja, penting bisa ngikat piringan cakram dan tidak kepanjangan

      Like

  14. Mas,,nanya nih ,klo tromol “becak” yg kuat merk ap ya ?,berapaan ya??
    Jdi kepincut jari2 gara2 artikel ini,,sya pke newcb mas,,
    Ap ad tutorial ncb velg jari2 mas ? Linkny minta lahh ,,hhee

    Like

  15. Mas mau tanya sya beli tromol vnd buat cb 150 r yg baut 6 kira2 piringanya pakai pa ya mas dan yg d rubah tromol dpan apa nya mas??apa harus tambah braket atau gmna?

    Like

  16. Ane punya new jupiter mx nih mas saya ganti ke jari2 alhasil kan tromol ori buat mx gk produksi kan adanya paling tromol merek yg mas bilang z*x saya beli tpi pas dipasang yg depan gk bermasalah tpi yg belangkang masalah banget kampas cepat habis kaliper klo buat jalan jauh panas banget ama kayak piringanya oleng gitu itu pasti dudukan pada piringan di tromol ada yg gk seimbang. Maka dari itu saya mau rubah ke tromol ori jupiter z di pakein adaptor apa bisa PNP dan apa harus ganti piringan apa?????

    Like

    • bisa mas, tromol ori njmx dipakein adaptor cakram
      pemasangan, kudu dibor tembus kes sisi gir
      kalau cakram, bisa pakai punya ori njmx cakram, atau punya satria 120
      hanya dudukan kaliper yang kudu menyesuaikan ulang

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s