Pede aja meski nopol resmi belum (nggak) jadi-jadi

Bakal banyak lagi kendaraan tanpa nopol lalu-lalang di jalanan. Waduh, kenapa eh kenapa???
Simak gambar di bawah masbro…

IMG01585-20140520-0624

Jelas kan? Sekarang, untuk pengurusan STNK (surat tanda nomor kendaraan) dan tnkb (tanda nomor kendaraan bermotor) alias nopol bisa memakan waktu 6 bulan, bahkan lebih. Mak jleb!!
Informasi yang saia dapat dari hasil nongkrong di salahsatu dealer kemarin membenarkan hal itu. Secara kasak kusuk sih, sudah agak lama beredar informasi soal lamanya pengurusan identitas kendaraan, baik baru ataupun perpanjangan 5 tahunan. Ada yang sampai 2 bulan, ada yang lebih. Katanya sih, berkaitan dengan kekosongan bahan di pihak kepolisian CMIIW
Jadi, untuk kendaraan baru, surat resmi untuk kendaraan yang diperoleh sementara (berkisar 1-2 mingguan) adalah notice/bukti pajak aja. Lainnya??? Sabar ya masbro, bisa diatas 6 bulan untuk STNK dan nopol.
Yang lebih parah, pas ketemu seorang pembuat plat nomor variasi, si mas bilang, beberapa waktu lalu pernah ada yang hampir 8 bulan, baru keluar plat nomornya. Itu cerita salah satu klien, yang dengan terpaksa memesan/membuat plat nomor aspal/abal-abal pada beliau. Lha mau gimana lagi coba, wong motor sudah dibeli mahal-mahal, mau segera dipakai, eh, nopol gak jadi-jadi. Sementara notice pajak sudah ada, dengan dilengkapi dengan stempel seperti gambar yang saia jepret diatas.
Solusi untuk amannya ya seperti itu. Bukan bermaksud ngajari bikin identitas palsu kendaraan lho ya…walaupun sebenarnya, ekstrem-nya, kita berhak lho memakai kendaraan tanpa nopol. Kan berbekal notice pajak plus stempel keterangan yang menjelaskan kalo notice pajak dengan stempel ini berlaku sebagai TNKB sementara…betul nggak???
Cuma, kondisi di lapangan, pakai kendaraan tanpa nopol mencolok sekali kelihatannya, jadi nggak umum. Jadi, alangkah lebih sopannya, buat pemilik kendaraan baru yang sudah “gatal” pingin wira-wiri di jalan, pesan plat nopol dengan model standar, ukuran standar dan angka/huruf standar, disesuaikan dengan identitas kendaraan yang tercantum di notice pajak atau STNK (kalo udah jadi). Lebih aman dan elegan πŸ˜†
Trus, kalo “apes” kena razia??? Pakai ajian ilmu ngotot..tapi gak pake urat leher alias woles saja. Tunjukkan saja bukti pajak dengan stempel keterangan tadi, beres kan?? Tapi ya itu, harus sedikit lebih pede hehehehe..
Kalo pihak aparat masih mempersoalkan, minta saja supaya TNKB segera dikasihkan ke kita, langsung pasang di tempat. Toh, kita sudah melaksanakan kewajiban kita?? Kita beli motor, sudah melengkapi persyaratan, sudah bayar pajak. Trus, hak kita mendapatkan surat-surat kendaraan beserta nopol kok gak dipenuhi? Betul nggak???
Sekian artikel nggak penting, bukan mengajari mengakali peraturan, tapi sedikit solusi dengan berdasarkan dokumen yang kita punya
Monggo sharingnya masbro…

Advertisements

14 comments on “Pede aja meski nopol resmi belum (nggak) jadi-jadi

  1. Surabaya jg sama mas, ane beli motor cash dan 2 minggu br kirim, cm dikasih surat pajak yg belakang ada stempel kyk sampean diatas.

    Org dealer bilang BPKB keluar sktr 2 bulan setelah kendaraan dikirim, trus STNK + Nopol asli jadi sktr 6 bln setelah kendaraan dikirim.
    Ini yg ane heran mas, STNK sama BPKB kuq cepetan BPKB…?

    Tp kata tmn yg polisi katanya gpp kuq buat jalan walau cm surat pajak yg ada stempel diatas, dan tentunya kita hrs bikin nopol dipinggir jalan yg sesuai dgn surat pajak.

    Like

    • nah, betul kan?? πŸ˜†
      padahal, selama ini,kalo lancar, STNK+nopol maksimal 2 minggu, kalo BPKB minimal sih2-4 bulan…
      berarti bahan BPKB tergolong ready ya mas,dibanding bahan STNK+nopol
      eh, ralat, nopol juga ready terus kok di tukang plat/stempel pinggir jalan :mrgreen:

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s