Persiapan ngalas bareng Yamaha WR 155, pahami supaya aman dan nyaman

Pagi masbro..

Yamaha, sudah beberapa waktu lalu merilis jagoannya spesial buat trabas, alias ngalas, alias off road. Yaitu Yamaha WR 155. Motor jangkung nan keren ini, nggak hanya gagah, namun siap turun njalur, istilah lain dipakai di jalur offroad. 

Nah, motor siap, lalu gimana nih pengendaranya? Fisik oke dan siap, tapi tanpa didukung perlengkapan berkendara yang aman, yah, sama aja bohong. Kali ini , PT. Surya Timur Sakti Jatim sebagai main dealer Yamaha di Jatim ingin memberikan tips kepada konsumen dan pemilik Yamaha WR155 yang pengen ngalas, terutama newbie alias masih baru di dunia motor offroad. Eh, btw, ada even ngalas bareng nih, bakal dilaksanakan pada hari Minggu, 28 Maret 2021.

Apparel dan perlengkapan yang pas, menjadi hal mutlak bagi para rider adventure. Baik, trabas sendiri ataupun saat bareng-bareng di kala even. Umumnya para pengguna motor trail sudah sangat memahami apa saja yang harus diperhatikan atau properti tubuh seperti apa yang seharusnya digunakan. Tetapi berbeda dengan pendatang baru yang masih sering menggunakan motor trailnya di laju on road dibandingkan off road.

“Di gerai motocross/MX Shop maupun toko variasi, memang telah banyak tersedia apparel sepert jersey, celana berbahan gortex, deflector tangan dan lutut, hingga sepatu MX”  ujar Agus, instruktur Yamaha Riding Academy area Jawa Timur. Namun itu berlaku bagi rider adventure di level expert, sebab sudah memahami kondisi trek yang akan dihajar hingga resikonya. Tapi, bagi rider adventure pendatang baru, tentu saja hal ini menjadi kendala. Bukan soal duit dan anggaran, tapi lebih ke adaptasi pemakaian.

“Seperti sepatu MX, yang justru membuat tapak kaki tak leluasa. Demikian pula deflector saat sabuk terlalu rapat, sehingga membuat tidak nyaman.” tambahnya.

Yuk, kita coba rinci apa saja tips yang pas buat ngalas.

  • Celana adventure

Satu hal paling penting, saat fiting celana adventure, pastikan pergerakan kaki lebih leluasa, tapi tak terlalu kedodoran. Untuk pengetesan cukup dipakai berdiri dan jongkok. Agar saat pemakaian, naik turun kaki tetap nyaman tapi tak mudah nyantol ranting maupun foot step.

Terkait bahan , itu juga tergantung selera dan kenyamanan ketika digunakan, pada dasarnya produsen memberikan bahan yang kuat, mulai dari gortex olahan, atau kombinasi dengan parasut, disertai ornamen dan corak yang mencolok.

  • Jersey

Selain corak brand dan motif warna, untuk jenis bahan pilihlah yang mudah menyerap keringat. Tapi, disatu sisi juga mampu kedap terhadap angin, sejenis bahan jersey spandex. Hal ini bertujuan untuk memastikan, tubuh tetap kering dan tidak mudah masuk angin.

  • Sepatu

Untuk rider adventure pemula, idealnya untuk proses adaptasi memakai sepatu booth atau safety shoes, yang biasa dipakai kontraktor atau pekerja pabrik baja. Sebab, masih memungkinkan pergerakan kaki lebih leluasa. Dari sisi sol dan kulit, untuk kebutuhan adventure juga masih kuat dan direkomendasikan

  • Deflector/Protector Tangan & Kaki

Ini menjadi menu wajib dalam memberi perlindungan lebih terhadap lutut tangan dan lutut kaki. Tapi, saat memilihnya pastikan faktor kenyamanan. Bisa dimulai dari sistem sabuk pengikatnya, pastikan elastic, sehingga fleksibel.

Untuk jangkauan sabuk, pastikan panjangnya memadai dengan lingkar paha, khususnya deflector lutut. Sebab, sering dijumpai sabuk pengikatnya mudah lepas, efek memaksa ukuran yang terlalu kecil.

  •  Goggle

Goggle, atau sejenis kacamata tambahan ini,  secara mutlak di perlukan, terlebih saat menghadapi hutan yang kebetulan banyak serangga terbang, termasuk trek berlumpur. Prioritasnya berada di bagian kaca, wajib elastis, kendati saat mengalami benturan benda keras dan tajam. Untuk mengetesnya, langsung saja ditekuk atau dilipat. Cara ini sekaligus sebagai pembuktian, kalau kaca goggle yang kita pakai aman.

Untuk karet sabuk si goggle ini, pastikan jenis stretch dari tepi hingga bagian tengahnya. Kemudian ada ornament karet yang menyembul, sehingga ketika dikaitkan di body helm tak mudah selip.  

  •  Sarung Tangan

Bahan kuat, elastis dan pada bagian tapak terbuat dari kulit yang mudah lengket dengan hand grip. Bahan mudah lengket biasanya berlapis kulit yang diolah dengan sintetis. Untuk bagian luarnya, pada ruas jari dilengkapi deflector, sebagai pengaman saat terjadinya benturan.

  •  Tas Pinggang

Sehubungan dengan penggunaan gadget yang telah menjadi tradisi rider adventure, maka pastikan tas kecil sebagai wadah piranti elektronik punya bahan nylon atau gortex tas pinggang dilengkapi busa hard case. Untuk memberi perlindungan lebih terhadap benturan, agar gadget tetap aman.

  •  Tas Air

Bagi yang pernah ber-adventure, air mirip dengan berlian saat di tengah hutan, untuk melepas dahaga. Tapi, tas untuk menyimpan air, bisa disiasati dengan pemakaian tas ransel jenis body pack untuk menyimpan botol air minum. Untuk sisa ruangnya, dapat dimanfaatkan untuk menyimpan stok kebutuhan makanan.

  •  Jenis Makanan

Saat ber-adventure memang idealnya, seringan mungkin membawa beban. Maka, untuk stok makanan, pilih yang ringkas dan kecil sehingga tak membebani, tapi mampu memenuhi kebutuhan energy, seperti coklat, pisang dan keju.

Nah,komplit kan tips perlengkapan buat ngalas bareng WR 155? Mulai perlengkapan keamanan bahkan hingga makanan. Yuk, yang start hendak mulai trabas, bisa melengkapi diri dan segera menuju toko perlengkapan terdekat ya..

Tetap berkendara dengan aman ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s