Jajal, mesin changing tire dan balancing di AHASS

Pagi masbro..

Proses mencopot atau melepas ban dari velg, sudah jamak digunakan mesin yang namanya changing tire, atau mesin pelepas ban. Dengan mesin ini, selain mengefisienkan tenaga manusia 😆 , juga efek sampingnya, lecet pada velg akibat congkelan bisa diminimalkan. Kan biasanya dicongkel manual tuh

Di beberapa bengkel resmi pabrikan, sudah banyak yang mempergunakan mesin changing tire ini. Meski belum tahu, apakah memang sudah distandarisasikan oleh pabrikan pusat atau gimana. Saia menjajal mesin ini, di salah satu bengkel AHASS di Malang, yaitu Asia Motor Pakisaji. Kalau alatnya sih, sudah lama tahu ada disitu. Bahkan komplit sekaligus dengan mesin balancing velg juga lho. Nah, ini mencoba sekaligus bikin dokumentasi dan ilmu baru buat saia pribadi. Ndeso? Kudet? Biarin :mrgreen:

Pertama,jelas. Roda dilepas dulu dari motor. Berikutnya, silakan membuang angin alias menggembosi ban. Cabut saja pentilnya, dan angin bakal keluar dengan cepat.

Selanjutnya, letakkan roda diatas mesin. Posisikan pas dengan penjepit di bagian bawah, bisa disetel alias disesuaikan. Setelah roda terjepit rapat, bisa dimulai deh. Congkel sedikit dengan alat khusus yang sepaket dengan nih mesin, membuat jalan supaya mesin pencongkel bisa masuk. Jangan lupa bubuhi air sabun supaya licin dan lancar proses pelepasannya.

Setelah bilah pencongkel mesin masuk, tinggal operasikan mesin. Mesin akan memutar roda, sementara bilah pencongkel akan tetap berada pada posisinya, membuka ban. Hanya hitungan detik, ban sudah lepas dari velg.

Setelah 1 sisi lepas, tinggal melepas sisi satunya. Lebih mudah karena tinggal menarik bagian ban keatas, tahan dengan bilah pencongkel dan putar mesin lagi. Pluung..lepas deh itu ban

Sementara proses memasangnya, ya tinggal membalik saja. Posisikan ban diatas velg terlebih dahulu, lalu, bilah pencongkel diposisikan sebagai penekan ban kebawah, masuk ke bibir velg. Lanjut, jalankan mesin hingga roda berputar dan ban terdorong  masuk ke velg. Lagi-lagi jangan lupa basahi dengan air sabun sebagai pelicin.

 

Lalu, mesin balancing. Mesin ini, mirip dengan kepunyaan bengkel balancing ban mobil. Prinsipnya juga sama, memutar roda yang telah terpasang rapi di sisi kanan mesin, sementara dipantau keseimbangan si roda melalui angka panduan di mesin. Bakal terlihat bedanya, apabila ada ketidak seimbangan pada sisi velg. Tandai terlebih dahulu titik berat awalnya. Bila setelah diputar , roda tidak kembali pada titik tersebut, bakal muncul angka yang berbeda pada mesin

Tinggal pasang pemberat di sisi yang kurang seimbang dengan material timah yang dilengkapi perekat. Tempel saja. Lanjut putar lagi, dan cek angka keseimbangan pada mesin. Bila sudah sama pada sisi velg, berarti velg sudah balance alias seimbang. Beres, tinggal matikan mesin dan kembali, pasang roda di motor.

Berikut videonya ya, biar jelas

Semoga berguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s