Lampu lalulintas berkedip-kedip? Simak makna kedipannya

Pagi masbro..

Lampu traffic light , disingkat saja TL, mulai anak-anak, pasti sudah paham. Warnanya ada 3 yaitu merah, kuning dan hijau.  Warna lampu pada lampu lalu lintas mewakilkan peraturan lalu lintas dan pemberitahuan kepada pengguna jalan. Pada kondisi normal, masing-masing nyala lampu berwarna pada TL punya kodefikasi tertentu yaitu :

  • Ketika lampu merah menyala, peraturan yang berlaku saat itu adalah pengguna jalan yang menggunakan jalur jalan di hadapan lampu merah harus berhenti.
  • Ketika lampu hijau menyala, peraturan yang berlaku adalah pengguna jalan harus melintas (jalan) melewati lampu lalu lintas.
  • Sedangkan saat lampu kuning yang menyala, artinya pengguna jalan harus bersiap akan perubahan peraturan dari wajib berhenti menjadi wajib melaju (jalan) atau sebaliknya.

Tapi tahu nggak masbro dan mbaksis, ada kalanya, pada kondisi tertentu, nyala lampu TL ini disetting berkedip-kedip, kira-kira apa maksudnya?Berkedip warna kuning atau berkedip warna merah?

Paling sering dijumpai, adalah nyala lampu kuning berkedip-kedip secara terus menerus, sementara lampu merah dan lampu hijau mati. Lampu kuning berkedip kedip di jalan nasional atau di persimpangan lainnya  ini punya tujuan yaitu mengisyaratkan kendaraan harus berhati-hati dan mengurangi kecepatan ketika melintasi persimpangan tersebut.

Nah, ada satu kondisi lagi nih. Yaitu lampu merah yang menyala berkedip-kedip, sementara lampu kuning dan hijau mati.

Lampu merah berkedip ini ternyata punya tujuan sedikit berbeda. Yaitu,  pengendara wajib berhenti dahulu dan melihat situasi kanan dan kiri serta depan dan belakang sebelum  melintasi persimpangan.

Wah, ilmu baru kan? Sama, saia juga barusan paham setelah emndapat info dari rekan aktifis lalulintas :mrgreen: . Meskipun kondisi ini sangat jarang ditemui, termasuk saia juga nggak pernah ketemu dengan lampu merah yang berkedip-kedip di Malang, namun nggak ada salahnya menjadi pengetahuan kita bersama, bila entah diomana ketemu dengan lampu TL yang berkedip-kedip merah, itu adalah tanda wajib berhenti dulu dan memperhatikan keadaan sekitar sebelum melintas.

Semoga berguna

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s