Kawasaki KLX 150 BF jadi custom cafe racer

Pagi masbro..

Modifikasi sepeda motor, jamak dilakukan untuk merubah tampilan dari motor tunggangan. Dari yang awalnya biasa-biasa saja, jadi warbiyazah. Bisa sekedar modifikasi bolt-on atau tempel aksesoris, bisa juga hingga langkah ekstrem, sampai merubah sasis/rangka.

Hasilnya beraneka ragam. Dari awalnya motor bebek, bisa berubah garang, motorsport yang beneran garang aja bisa kalah, hehehehe. Kali ini, dapat foto dari teman di Malang juga, yang ketemu dengan motor modifikasi berbasis motor trail Kawasaki, yaitu KLX150. Ubahannya, meski nggak dapat informasi detail, hasilnya cadas juga.

Motor jenis ini, biasanya paling banyak diubah jadi supermoto. Varian KLX 150 BF merupakan varian trail tertinggi, yang punya spek ban kombinasi 21-18 depan – belakang, serta sudah menggunakan sokbreker upside down untuk meredam ganasnya trek. Yang ini rada nggak biasa, karena si KLX diubah jadi gaya cafe racer. Nah lo…

Dan ternyata, untuk merubah jenis aliran tampang si KLX, nggak merombak kelewat banyak ternyata. Paling menonjol, sektor roda. Ban merk Swallow bermodel klasik nan gendut, dijejalkan ke swing-arm orisinal KLX dan garpu depan USD-nya. Karena nggak dapat info lanjutan soal ukuran ban, yang jelas ban dengan diameter 18 inchi ini juga dipasangkan dengan velg alumunium ring 18 inchi berkelir hitam

Tangki, berkesan klasik  yang rada membulat di bagian depan, dibuat ulang. Menggusur tangki asli berikut body bawaan KLX 150. Kapasitas penampung bahan bakar ini jelas membengkak, karena punya ukuran jauh lebih besar ketimbang tangki asli. Dengan hitungan pas, bisa duduk manis diatas rangka KLX dengan sempurna. Bagian belakang ai tangki, disambung dengan jok bermodel minimalis dan egois. Yups, dengan bentuk mendatar sederhana, dan lebih pendek, jok custom ini hanya cukup untuk pengendara saja. Lha gimana nggak, wong buntut si KLX ini pendek. Bahkan, bila dibanding ban belakang, ujung buntutnya hanya sampai pertengahan roda saja.

Dikemas sebagai pemanis, ujung rangka belakang yang mengalami ubahan ini dibuat lengkungan besi sekaligus sebagai tempat dudukan lampu belakang, sein kanan-kiri serta dudukan plat nopol. Efisien ya? Sementara, sistem suspensi monosok khas Kawasaki yaitu Unitrack, nggak diutak atik. Aman dan tetap berfungsi sebagaimana mestinya

Pindah kedepan, sokbreker USD juga gak mengalami ubahan. Sepatbor, berganti dengan spatbor custom berbahan plat. Desainnya rada minimalis dan pendek, menguatkan kesan ban gendutnya yang memang sudah gendut ukurannya. Lampu depan bertopeng khas KLX juga dilepas. Gantinya, sepasang mata belo, eh, bundar besar. Sepasang lampu depan bulat duduk manis untuk menerangi jalan, berkat bantuan braket atau dudukan ke sokbreker depan. Imbuhannya, panel spidometer bermodel klasik terpasang di atas setang bermodel fatbar pendek. Setang pendek ini, memaksa pengendara rada merunduk saat berkendara karena posisi sokbreker depan yang diceperkan/diturunkan. Mashoook..mana ada cafe racer setang mendongak tinggi? :mrgreen:

Penutup, sekujur body hingga mesin dan roda, kompak diberikan kelir hitam gelap. Sangar sekaligus menyamarkan identitas motor yang awalnya jangkung. Pelengkap sebagai kendaraan tertib lalulintas, sepasang spion bar end alias terpasang di ujung setang , dan sein depan produk variasi nemplok di bawah lampu depan.

Sudah, itu saja ubahannya. Eh, ada lagi sih, knalpot custom pendek yang pasti nge-blar suaranya, sama, dikelir hitam doff dengan ujung moncong ala bambu runcing, nongol di bawah lengan ayun. Nggak ribet ya (kelihatannya) ?? :mrgreen: Yang jelas, modifikasi KLX jadi custom cafe racer ini, memang jarang banget ditemui. Ada yang kepingin juga?

Semoga berguna

NB : ssst, katanya mau dijual lho, dengan mahar yang sesuai. Yang jelas, part asli KLX ada semua dan siap dikembalikan standart, demikian bisikan dari tetangga

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s