Nyobain BBM Shell Super di Malang

Pagi masbro..

Bahan bakar minyak (BBM) merupakan asupan vital buat kendaraan bermotor, yaitu sebagai sumber bahan pokok untuk dibakar, dan menghasilkan tenaga pada roda. Ada beberapa macam BBM yang punya jenis berbeda, yaitu pada nilai oktannya, tergantung pada spesifikasi mesin yang bakal mengkonsumsinya.

Sementara, penyedia BBM, selain Pertamina (Persero) yang notabene operator BUMN ada juga pemain swasta yang mulai beroperasi di tanah air. Adalah Shell dan Total, dua operator swasta yang berkecimpung di dunia BBM. Nah, baru-baru ini, Shell melebarkan sayap ke daerah Jawa Timur. Di Malang sendiri, bulan Maret ini sudah ada 2 SPBU Shell yang beroperasi. Yakni 1 SPBU di kota Malang dan satunya lagi, di wilayah kabupaten Malang, persisnya di Lawang.

Awalnya, nggak ngeh kalau SPBU di jalan Kawi kota Malang ini kepunyaan Shell, karena sebelumnya merupakan SPBU Pertamina. Saat lewat keduakalinya, baru paham kalau warna dan logo di SPBU tersebut sudah berganti kuning oranye, dengan logo kerang khas Shell. Kebetulan, saat itu kondisi BBM si bleki NCB saia sudah mulai menipis. Indikator di panel spidometer sudah berkedip-kedip, menandakan isi di tangki hanya sekitar 1 literan, alias masuk cadangan. Langsung melipir masuk deh ke SPBU baru ini. Masuk, nggak ada pemisah barisan antara sepeda motor dan mobil. Situasi termasuk sepi, karena belum banyak yang tahu kalau SPBU ini sudah beroperasi.

Petugas, kebetulan cewek, menyapa ramah dan mempersilahkan saia memilih BBM yang tersedia. Kalau nggak salah, ada 3 pilihan, yaitu 1 jenis untuk mesin diesel dan 2 jenis untuk mesin bensin. Adalah Shell Super dengan oktan 92 dan Shell V Power yang punya oktan 95.

Coba jajal Super, yang secara kualitas sebanding dengan Pertamax, dari sisi oktan. Sebelum mengisikan BBM ke tangki, si mbak petugas mempersilahkan saia turun dari motor saat pengisian. Hehehehe, satu hal yang jarang ditemukan saat mengisi BBM di SPBU Pertamina nih

Kalau dirunut dari faktor keamanan, memang Standart Operation Procedur pengisian BBM roda 2, pengendara harus turun dari kendaraan. Selain menghindarkan tumpahan BBM kena pengendara, juga bila terjadi hal tidak diinginkan, pengendara bisa lebih cepat reaksinya untuk menyelamatkan diri.

Tak lama, nozel berkelir hijau pun sudah diarahkan ke moncong tangki si bleki. Diisi hingga penuh, nyaris luber. Dan panel angka di pompa menunjukkan angka 11 liter

Dengan banderol IDR 9.900 per liter untuk jenis Shell Super, total jenderal yang harus saia bayar adalah IDR 109.454 dan dibulatkan deh IDR 109.500. Terus rasanya gimana? Impresinya, nggak berbeda jauh sih dengan Pertamax yang biasa saia gunakan. Mungkin karena masih ada sisa Pertamax di tangki. Pengisian berikutnya bisa jadi bakal lebih presisi karena isinya bisa murni Super.

Di artikel lain, bakal saia ulas tentang konsumsi bahan bakar Shell Super ini pada Honda New CB150R. Semoga berguna

Advertisements

2 comments on “Nyobain BBM Shell Super di Malang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s