Copot spatbor belakang Honda New CB150R? Gampang banget

Pagi masbro..

Pengguna motor laki alias motor batangan, memang sebagian punya jiwa sport yang kental. Contoh gampang, rata-rata, modifikasi motor laki, benyak yang mengacu ke arah balap. Seperti menganut model fairing sebagai tutup mesin, setang jepit merunduk, diimbangi pula dengan footstep model underbone yang makin sporty dan juga, melepas spatbor belakang supaya tampilan belakang makin nungging, racy banget.

Melepas spatbor belakang, memang nggak harus di motor fairing sih, motor model naked kayak Honda New CB150R juga bagus kok. Pingin juga, supaya tampilan belakang NCB-mu terlihat klimis dan nungging sporty? Nah, simak deh cara mudah melepas spatbor belakangnya. Cukup bermodal kunci ring 12 saja, lebih bagus kunci model T. Bisa dikerjakan sendiri pula, nggak perlu ke bengkel yang perlu ongkos. Enak kan? Apalagi pas libur menjelang hari raya kayak gini, pas deh buat ngisi waktu menunggu waktu berbuka puasa.

Pertama, kudu punya Honda NCB150R. Kalau misal pinjam punya tetangga atau saudara, silakan ijin dulu ya. Parkir motor dengan standar tengah.  Sebagai awalan, sepatbor belakang NCB hanya dikunci dengan 3 baut saja. Yaitu 1 baut pengikat di dalam body belakang, bawah jok. Sementara 2 baut sisanya, ada di bagian bawah sepatbor belakang. Simak gambar berikut deh. Maap nih, NCB saia rada kotor sepatbornya, belum mandi junub :mrgreen:

Mau dilepas? Silakan buka dan copot jok dulu, lalu simpan di tempat aman. Terlebih dahulu, lepas soket pada kabel lampu sein belakang. Terikat pada soket besar di dekat rumah lampu belakang. Lepas saja masing-masing kabel hijau (ground), oranye dan biru muda.

Sudah? Lanjut dengan membuka baut pengikat sepatbor atas dengan kunci 12. Lebih enak pake kunci model T atau kunci ring 12.

Lanjut, buka 2 baut di sisi dalam spatbor dengan cara yang sama. Enaknya pakai kunci ring model T, bisa nyempil diantara ban belakang. Kalau kunci ring biasa, rada susah menjangkau bautnya. Proses membuka baut biasanya rada keras, karena baut itu sering kena cipratan air dan kotoran. Rada sabar ya, jangan sampai slek atau dol. Kalau kelewat keras, coba disemprot sam apenetran a.k.a WD40 dulu itu baut bandel

Sudah? Tinggal tarik saja sepatbor belakang mundur ke belakang. Copot deh.berikut lampu sein dan plat nomornya. Beres.

Nah, tampilan kalau sepatbor belakang dilepas alias dicopot kayak gini nih. Kelihatan lebih nungging ya? Sporty :mrgreen: Yang pasti, nggak perlu beli aksesoris pengganti yang biasa disebut undertail atau selancar kalau istilah toko variasi. Tinggal copot doang sepatbor NCB-mu

Namun, kalau mau pake gaya ini, ada hal lain yang perlu diperhatikan. Pertama, siapkan dudukan lampu sein pengganti, berikut dudukan plat nomor. Iya, karena lampu sein dan plat, semua terikat di sepatbor belakang yang dilepas tadi. Bisa custom alias buat sendiri dari plat besi, atau beli saja juga sudah ada yang jual dudukannya. Yang jelas, lampu sein belakang dan nopol harus bisa terpasang dan duduk manis. Biasa disebut fender eliminator. Ada yang ori aksesoris Honda, dengan kisaran harga IDR 350 ribuan

Kedua, karena penghalang sudah nggak ada, cipratan air bakal lebih deras, baik ke kendaraan di belakang, dan juga pembonceng. Makanya, disarankan pakai sepatbor pengganti yang kecil.  Banyak juga kok produk aftermarket lain dengan beragam merk dan model. Atau kalau nggak, bisa juga pakai sepatbor tambahan macam motor keluaran Indihe nih, yang terpisah dengan body.

Berminat? Yuk..dicoba dan semoga kepingin, hehehehe. Dan ingat ya, kekurangan model sporty lepas spatbor belakang kayak gini, yaitu cipratan air dari roda belakang lumayan deras, jadi saran saja, diaplikasi saat musim kemarau seperti saat ini. Semoga berguna

 

 

 

 

Advertisements

7 comments on “Copot spatbor belakang Honda New CB150R? Gampang banget

  1. Mantap mas bro, ane juga mau ngelepas aja spakbor belakang sambil nabung buat beli aksesoris fender eliminator resmi. mumpung musim panas hahaha. thanks bro tutornya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s