Pengalaman service di AHASS Asia Motor Malang

Pagi masbro..

Kali ini, saia mau share pengalaman saat service motor di bengkel resmi Honda nih, alias AHASS. Eh, buat yang belum tahu, AHASS ini merupakan singkatan dari ‘Astra Honda Authorized Service Station’ yang artinya secara harfiah adalah bengkel resmi motor Honda.

AHASS tersebar di berbagai tempat, termasuk di Malang ini. AHASS Asia Motor, salah satu dari bejibun bengkel AHASS. Bengkel resmi yang sudah punya 2 cabang nih, satu di wilayah kabupaten Malang, tepatnya di daerah Pakisaji yang sekaligus merupakan ‘induk’ nya dan satunya lagi di wilayah Kota Malang. Bengkel ini sudah saia kenal rada lama, ya saat masih memelihara si ciput, Honda OCB150R yang kini dipakai adik. Service gratis ke 2 si bleki, NCB150R juga saia lakukan di Asia Motor Pakisaji. Artikelnya ada disini nih.

Salah satu ‘fitur’ unggulan Asia Motor adalah menu booking service. Meskipun sebenarnya sudah banyak bengkel lain yang melakukan hal sama, layanan ini nyaman menurut saia. Karena cukup telpon dan pesan waktu service dengan menyebutkan identitas berikut nopol motor, nama kita sudah masuk data prioritas service. Saia telpon pagi bener jam 7an, pas bengkel sudah buka dan mendapat nomor 3 di hari yang sama. Enaknya, sewaktu-waktu kita datang, nggak perlu antri baru lagi. Sampaikan sudah booking service, langsung deh bypass, motor langsung ditangani.

Agenda rutin di AHASS Asia Motor, setiap motor konsumen, sebelum dilakukan service dan maintenance, dinaikkan dulu ke mesin dynotest yang sudah tersedia. Ajibnya, di wilayah Malang, bisa dihitung sebelah jari saja bengkel yang punya perangkat ini. Meski nggak kelewat lengkap dan wah seperti bengkel tenar di ibukota, data dari mesin ini sudah lumayan merepresentasikan kondisi motor sebelum diservice. Bagaimana performanya saat diuji jalan, tanpa perlu mengandalkan feeling mekanik yang kadang kala masih bisa luput. Setelah data didapat, konsumen akan diberikan penjelasan tentang kondisi motornya. Entah ada penurunan performa seperti yang saia alami dan analisa kemungkinan penyebabnya.

Setelah itu, baru deh motor dilakukan perawatan alias service. Bongkar karburator, bersihkan throttle body injeksi, filter udara, setel rantai, cek rem, bersihkan CVT merupakan beberapa item wajib service. Nah, yang bikin nyaman, konsumen selalu diajak komunikasi dengan baik, apalagi bila ada penggantian part. Jadi nggak asal main ganti aja, tahu-tahu nongol tagihan bejibun di nota. Misal kampas rem menipis. Konsumen akan diberi masukan tentang penggantian. Bila memang nggak mau diganti dulu, entah karena sebab lain, maka pihak mekanik dan service advisor akan menjelaskan resiko dan kemungkinan yang akan terjadi. Jelas jadinya..misal nggak mau diganti karena gak bawa duit, misalnya ini lho 😆 , bisa balik lagi lain waktu. Tentunya setelah menerima penjelasan dari pihak bengkel

Ganti oli yang merupakan ritual wajib saat service, sangat cepat dilakukan berkat mesin vacuum. Nggak perlu nunggu lama oli menetes, karena disedot oleh mesin. Menghemat waktu service sekaligus lebih tuntas menguras oli dalam mesin.

Ajib pula dengan gratis pengisian angin ban dengan nitrogen bagi kendaraan yang service. Lumayan hemat kan? Masih ada pula perangkat khusus roda yang tersedia disini, yaitu alat pelepas ban/tyre changer dan juga alat balancing roda. Nggak perlu khawatir velg cuil, peyang ataupun baret karena penggantian ban dengan dicungkil.

Nah, selama menunggu motor diservice, yang sebetulnya sih nggak lama kalau hanya service rutin, konsumen bisa nyaman menikmati jaringan WiFi yang tersedia, berikut colokan untuk mengisi daya gadget. Komplit tersedia disini, cuma kalau mau ngeblog sih nggak nutut. Motor sudah selesai, belum sempat selesai 1 artikel, wkwkwkwkkk :mrgreen: Oh iya, tersedia juga minuman ringan, cuma kudu beli yang ini. Termasuk ada beberapa display part aksesoris orisinal Honda , baik buat pengendara maupun motornya. Helm, jaket, karpet motor skutik hingga stiker tangki, ada dipajang disini. Tinggal dipilih, dan jangan lupa bayar di kasir.

Komplit kan, menu layanan di AHASS ini? Bisa direkomendasikan nih, untuk area Malang Raya. Eh iya lupa, masih ada lagi layanan khusus. Yaitu, tersedianya layanan service ke rumah atau lokasi tertentu. Asia Motor mempunyai unit mobil layanan service lengkap, yang bisa diminta melayani service panggilan. Memang ada syarat khusus sih, yaitu minimal ada 10 sepeda motor untuk dilayani. Pas nih, untuk instansi atau perusahaan yang mau service massal kendaraan sepeda motor operasionalnya. Lumayan hemat, nggak perlu ke bengkel, justru bengkel yang akan datang ke lokasi. Asyik kan?

Yuk, service dan rawat motormu. Apalagi yang mau mudik pakai motor, supaya tenang dan nggak was-was selama perjalanan. Semoga berguna

 

Advertisements

5 comments on “Pengalaman service di AHASS Asia Motor Malang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s