Safety Riding Competition blogger dan vlogger, nggak hanya sekedar kompetisi

Pagi masbro..

Gaung kampanye safety riding, memang terus gencar dilakukan oleh pabrikan sepeda motor Honda. Salah satunya, melalui PT MPM yang merupakan distributor wilayah Jawa Timur dan NTT. Beragam agenda dan edukasi terus dilakukan, termasuk salah satunya, menggelar edukasi safety riding untuk blogger Jatim yang sudah dimulai sejak tahun 2016 lalu.

Setelah ada pelatihan safety riding, digelarlah sebuah kompetisi antar blogger. Pertama nih di tanah air, kompetisi safety riding dengan peserta blogger Jawa Timur. Kebetulan saat itu, tahun 2017, saia sempat ikut dan walhasil, gagal total :mrgreen: Dari 3 tes yaitu braking, slalom course dan plank riding, 2 tes gagal total karena salah jalur. memalukan ya? 😆


Nah, hari Minggu lalu 13/05/2018 , PT MPM menggelar lagi kompetisi safety riding serupa. masih mengambil lokasi di arrea khusus bernama MLC, MPM Learning Center di Sidoarjo. kali ini, tidak hanya blogger, tapi diramaikan juga oleh vlogger di Jatim. Terhitung, ada sekitar 21 orang blogger dan vlogger yang tercatat mengikuti kompetisi ini,meski sebagian diantaranya, mendekati hari H, absen dari acara karena berbagai hal.

Sebelumnya, seperti biasa, acara didahului dengan materi tentang safety riding. Berlanjut dengan juklak kompetisi termasuk semua sesi penilaian dan persyaratan lain-lain. Secara umum, sesi penilaian kini bertambah 1 item. Ada sesi penilaian berupa mengerjakan soal teori. Lalu dilanjutkan sesi praktek dengan 3 variasi yaitu pengereman/braking, slalom course dan titian/plank riding.

Salah satu jawara Safety Riding Competition Honda, yaitu Mas Dimas, membagikan banyak ilmu mulai teori hingga praktek di lintasan, bagaimana caranya berkendara aman dan meraih poin sebanyak-banyaknya. Saia hanya takjub dan melongo melihat mas satu ini menaklukkan lintasan slalom course dengan lincah, meliuk-liukkan motor serta mengerem dengan jarak terpendek tanpa ada gejala ngesot alias terkunci. Demikian pula saat melintasi papan titian. enteng banget menaklukkan papan titian dengan waktu terlama.

Bagi peserta, diberikan pula waktu untuk berlatih di tiap sesi selama 2 jam lebih. Asyik deh, meski makin lama cuaca makin panas dan bikin stamina menurun, tapi sumpah, dapat pengalaman lebih menerapkan ilmu dari instruktur. Tak lama, setelah istirahat, kompetisi dimulai. Diberikan kesempatan sekali mencoba lintasan, setelah itu langsung penilaian. Singkat cerita, tuntas dalam waktu 2 jam lebih untuk 11 peserta di tiap sesi penilaian.

Dan hasilnya? Lumayanlah, meski tidak mencapai podium, saia mampu memperbaiki target sendiri. Hanya 1 sesi yang tak memuaskan yaitu plank riding. Mulai buyar konsentrasi dihajar cuaca panas dan mulai lelah. Yang jelas, lebih banyak lagi ilmu yang bisa saia dapat. Cara ringan menstabilkan handling motor, hingga cara mengerem dengan aman. Nggak ada gejala ngesot alias roda terkunci yang berbahaya bila rem mendadak

Lalu, kenapa blogger nih yang diajak kompetisi safety riding? Begini masbro, salah satu tujuan blogger (termasuk vlogger) adalah membagikan alias share pengalaman bagi pembaca atau penonton, tentang hal-hal yang bermanfaat. Termasuk artikel tentang lalu lintas salah satunya adalah safety riding. Yah, bisa dibilang salah satu cara mengedukasi masyarakat melalui blog atau channel masing-masing tentang bagaimana berkendara dengan aman di jalan. Mulai dari penggunaan alat keselamatan diri helm, jaket celana panjang dan sepatu hingga cara berkendara yang aman di jalan, baik untuk keselamatan diri kita maupun orang lain. Cara mengendalikan sepeda motor hingga cara mengerem yang benar adalah beberapa contoh nyata. Makanya, dengan merasakan langsung, maka blogger dab vlogger akan lebih enjoy saat mencurahkan, ahaiiiyy, menulis dan membuat video tentang pengalaman merasakan sendiri beragam trik safety riding

Disampaikan oleh bapak Bondan selaku HC3 Head PT MPM , ““Dengan Kompetisi Safety Riding Blogger -Vlogger ini ada harapan kedepan, rekan rekan blogger dan vlogger semakin semangat dalam safety riding terutama di jalan dan bisa memberikan edukasi positif tentang safety riding kepada pembaca khususnya dan masyarakat pada umumnya. ” Nah, klop kan?


Semoga, di waktu mendatang, kegiatan semacam ini bisa lebih sering digelar. Kalau buat blogger-vlogger, selain menambah ilmu safety riding, juga sekaligus ajang bersilaturahmi baik dengan pihak MPM selaku distributor pabrikan motor, juga dengan sesama blogger dan vlogger. Lebih gayeng dan lebih akrab gitu,.. kalau inginnya sih, juga lebih banyak tersebar ke masyarakat juga, terutama generasi muda yang kini sangat familiar dengan sepeda motor di jalan. Semoga keselamatan berkendara juga terus meningkat kualitasnya di masyarakat saat berkendara yang ujungnya, mampu menekan angka kecelakaan.

Dan inilah, gambar para jawara Safety Riding Competition for blogger-vloggger Jawa Timur. Familiar dengan wajahnya nggak? :mrgreen: ada 3 blogger top dan 2 vlogger beken tuh, mantap kan??

Semoga berguna

Advertisements

2 comments on “Safety Riding Competition blogger dan vlogger, nggak hanya sekedar kompetisi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s