Fungsi vital selembar karet mungil di Honda New CB150R

Pagi masbro..

Semua pabrikan sepeda motor di tanah air, pasti melengkapi semua produknya dengan beragam fitur dan perangkat guna memberikan kenyamanan serta keamanan pada baik pengguna/pengendara maupun unit sepeda motornya sendiri. Salah satunya, dengan memberikan fasilitas pengaman, yang kadang, tanpa disadari atau diketahui oleh pengendaranya. Termasuk pada varian Honda New CB150R.

Saat melakukan penggantian baterai alias aki, biasanya kita melepas kutub positifnya dengan dengan menggunakan obeng panjang kan? Nah, kadang prosedur pelepasan kutub aki, yang seharusnya dari terminal negatif (-) terlebih dahulu, lupa dilakukan. Langsung aja main copot terminal positifnya (+)

aki bawaan CB150R

Nah, karena pakai obeng panjang, tidak menutup kemungkinan, batang obeng bisa menyentuh sebuah besi melintang di sasis/rangka bagian tengah, persis di bawah jok. Bila terminal negatif (-) belum dilepas terlebih dahulu, bisa jadi akan terjadi konslet/hubung singkat, yang berpotensi membahayakan. Bisa muncul percikan bunga api, serem kan? Memang sih, biasanya diamankan oleh sekring utama yang akan terputus, tapi sebisa mungkin dihindari kan, acara konslet ini?

Nah, di generasi awal Honda CB150R Streetfire alias Old CB150R dilengkapi sebuah karet penutup rangka persis di belakang dudukan aki. Sepele memang, tapi fungsi maksimal sebagai pengaman apabila saat mengganti aki, lupa tidak melepas terminal negatif (-), tapi justru melepas terminal positif (+) terlebih dahulu, batang obeng meski tersenggol atau menyentuh rangka yang notabene masih teraliri ground (-), aman karena ada karet penutup tersebut. Pernah saia tulis juga di artikel disini

Ternyata, pengaman serupa ini juga ada pada Honda New CB150R. Saat membuka jok, akan nampak selembar karet mungil yang melingkari besi rangka di belakang posisi aki. Memang, sepintas nggak bakal banyak yang tahu ada karet ini, termasuk fungsinya. Bahkan, bisa jadi karena memang si karet ini hanya dikaitkan saja, kadang terlepas tanpa disadari pemiliknya.

Nah, sekarang, sudah paham kan, fungsi karet kecil itu? Yuk, pada ditengok CB150R series masing-masing ya. Bila terlepas dan hilang, bisa diganti dengan karet yang serupa, atau bila susah, dilapis isolasi tebal saja.

Yang paling penting, saat mengganti aki yang sudah uzur alias menurun fungsinya, biasakan selalu melepas terminal negatif (-)  terlebih dahulu untuk jaga-jaga keamanan.

Semoga berguna

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s