Mengenal Throttle by Wire pada Honda CBR250RR

 Pagi masbro..
7 Oktober 2017  lalu, PT. Astra Honda Motor mengajak para blogger untuk bareng-bareng membedah beberapa printilan teknologi yang dipasang pada si baby RR, All New Honda CBR250RR dalam acara ‘Workshop dan Bedah Teknologi All New Honda CBR250RR’ . Artikelnya disini nih. Nah, salah satu teknologi yang terbilang baru, diaplikasi pada motor ini adalah Throttle by Wire, biasa disingkat TBW. Yuk, kita ulas sedikit ya, sesuai materi yang mampu saia pahami saat acara :mrgreen:

This slideshow requires JavaScript.

Apa itu Throttle by wire? Sebenernya ini merupakan salah satu bagian dalam Electronic Throttle Control yaitu pengontrol jumlah pasokan bahan bakar ke mesin yang tidak lagi berupa kawat sling seperti yang biasa terpasang pada motor lain, tetapi berganti dengan kabel. Iya, kabel beneran, yang terdiri dari gabungan beberapa kabel serabut mirip kabel kelistrikan motor lenhkap dengan soket-soketnya.

 

Dari penjelasan pak Sarwono Edi, Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM) yang menjelaskan materi saat itu, pada dasarnya throttle by wire ini ada 3 part penting yang berperan yakni :

  1. Accelerator Position Sensor / APS, terpasang pada grip gas
  2. Electronic Control Unit / ECU
  3. Motor / servo untuk menggerakkan buka tutup valve pada throttle body

Nah pada APS di grip gas, di sekujur stator (bagian yang diam) terdapat sensor sensor yang membaca pergerakkan putaran gas. Makin grip gas dibejek dalem makin kuat sinyal yang diteruskan. Sinyal ini berupa arus listrik , yang diteruskan ke ECU. Intinya APS ini sebagai pengubah gaya mekanis (berupa putaran grip gas) menjadi sinyal elektrik. Makanya, pengiriman sinyal menggunakan kabel ala kabel listrik, bukan kawat.  APS pada Honda CBR250RR bekerja dengan prinsip yang mirip dengan speed sensor.  Namun sensornya tidak menggunakan potensiometer, kayak potensio volume yang bisa digeser-geser itu, melainkan menggunakan IC alias sistem elektronik.

‘Data’ elektrik yang dikirim dari APS, masuk ke ECU untuk diolah lagi, seberapa dalam putaran grip gas oleh pengendara. Olahan data ini, kembali melalui sistem kabel untuk mengirim ‘data’ elektrik menuju motor servo yang ada pada katup throttle body pensuplai campuran bahan bakar dan udara. Sebagai misal, bukaan grip gas terdeteksi 1/4 putaran, maka ECU mengirim sebuah sinyal elektrik ke motor servo, untuk membuka katup throttle sebesar 1/4 juga. Ini contoh lho ya, perhitungan akuratnya, insiyur AHM nih yang paham :mrgreen:Jadi, ringkasnya, perintah bukaan katup pada throttle body, adalah APS mengirim sinyal elektrik ke ECU sebesar apa bukaan grip gas >>>ECU mengolah data dari APS, menyesuaikan dengan data posisi gir persneling>>>ECU kirim sinyal elektrik ke motor servo throttle body>>>motor throttle body membuka katup sesuai perintah ECU>>campuran BBM dan udara menyemprot ke ruang bakar.  Wah, panjang juga ternyata ya prosesnya, nggak sesederhana gerakan membuka throttle body pakai kabel gas biasa alias yang pakai kawat seling.Nah, lalu ada pertanyaan. Sejauh mana nih kekuatan sistem ini? Apalagi posisi APS di setang yang jelas rawan berbagai hal, seperti basah, kehujanan dan lain-lain. Pak Sarwana menjawab tegas, nggak ada masalah. Sensor pada APS di grip gas, terlindung dalam rumah casing logam, jadi aman. Meskipun tetap berusaha dilakukan tindakan preventif berupa tidak menyemprot secara berlebihan saat mencuci motor, area sekitar grip gas itu.

Itulah sedikit yang bisa saia share dan saia rangkum dari acara bedah teknologi CBR250RR. Artikel lain masih dengan bahasan teknologi pada Honda CBR250RR akan saia tulis selanjutnya. Semoga berguna…

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s