Bedah teknologi All New Honda CBR250RR bareng blogger dan vlogger

Pagi masbro..

Namanya ilmu , memang nggak ada habisnya. Sumber dari mana saja bisa, demikian pula untuk penyalurannya, bisa kemana saja. Hari Sabtu lalu, 7 Oktober 2017, saia bersama rekan-rekan blogger dan vlogger berkesempatan menambah ilmu dan teknologi. Dengan difasilitasi PT. AHM melalui Astra Honda Training Center (AHTC) yang berlokasi di daerah Sunter, Jakarta Utara ini, kami mendapat materi dan sebagian ilmu tentang teknologi yang ada di si babyRR , All New Honda CBR250RR. “Workshop Experience Technology CBR250RR” demikian tajuk acara ini.

Berkumpul sekitar jam 8 pagi, satu persatu rekan blogger dan vlogger berdatangan. Terbanyak dari area DKI Jakarta dan Jawa Barat, sementara dari daerah timur ada motoblast.org, cahbrogo.net, maskurmambang.com serta saia sendiri. Jelas tak ketinggalan, selebblogger tanah air seperti mas Iwan IWB, mbah Muhsin bonsaibiker.com, mas Taufik TMC, om Kobay dan mas Stephen Langitan. Belum lagi anak-anak muda gaul dengan vlog masing-masing seperti duet raksasa mas Alki dan mas Sumarlin Putra dan kroni-kroninya 😆 Mantap tenan.

Dibuka oleh Pak Nyoman Kesawa, Customer Assistance Dept. Head AHM yang intinya menyampaikan, bahwa AHM berkomitmen untuk melakukan edukasi teknologi yang telah diterapkan pada berbagai varian motor Honda, salah satunya CBR250RR ini. Seperti diketahui, berbagai fitur teknologi memang telah dipasang pada motor 2 silinder ini, dan yang menjadi gebrakan di kelas 250cc adalah sistem throttle by wire biasa disingkat TBW.

Secara teknis, ada 2 narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing yang siap berbagi ilmu dengan kami, yaitu Pak Sarwono Edi dan tandemnya, pak Endro Sutarno.  Pak Sarwono berbagi detail teknis tentang teknologi dan sistem dalam CBR250RR. Mulai sistem TBW, cara kerjanya, berbagai sensor yang berkaitan, bahkan hingga rancang bangun sasis CBR250RR. Komplit disampaikan pak Sarwono melalui slide. Weh..

Sementara, sisi teknis mesin diulas tuntas oleh pak Endro. Bapak ini, begitu memahami semua jeroan mesin CBR250RR hingga bagian terkecilnya. Termasuk bagian mungil nan vital yang bernama metal bearing. Apaan tuh?

Saia sendiri juga baru tahu jenis bearing seperti ini, hehehehe. Tahunya ya bearing alias laher biasa, laher bambu, sudah itu saja. Padahal, masih ada jenis lain yang punya bejibun keunggulan. Kayak gini nih wujud si metal bearing.

pic : warungasep.net

pic : warungasep.net, trims gambarnya kang

Usai dengan susah payah mencerna materi teknis ini, akhirnya tiba saat yang ditunggu. Melihat langsung jeroan mesin dan beragam part mesin CBR250RR. Bergeser ke ruangan sebelah, telah tersedia segelondong mesin utuh Honda CBR250RR.

Mesin ini duduk manis diatas penyangga besi siap dipelototi dari segala sisi. Masih kurang puas? Nih, sudah ada mesin Honda CBR250RR yang terurai alias dalam kondisi pretelan. Semua bagian dilepas, hingga beberapa bagian kecil. Oh iya, untuk penanganan penempatan komponen mesin, perlu ditempatkan dalam wadah khusus dengan kode tertentu. Tak lain untuk memudahkan saat merakit kembali, karena tidak jarang banyak bagian yang serupa tapi tak sama.

Diskusi heboh pun terjadi lagi diruangan ini, karena bisa sekalian menunjuk, bagian mana yang masih mengandung misteri alias belum dipahami. Asyik tenan nih..malah pak Nyoman sendiri asyik banget dan antusias saat diskusi soal knalpot orisinal vs aftermarket untuk CBR250RR ini, hehehehe

Sayang, karena terbatasnya waktu, kami semua harus mengakhiri sesi ini sekitar jam 3 sore. Rekan-rekan dari luar daerah mengejar waktu hendak pulang ke negara masing-masing, padahal sebenarnya banyak yang masih belum tersampaikan. Terima kasih buat AHM yang telah memfasilitasi acara penuh manfaat ini sekaligus bisa mengumpulkan , meski tidak semua, rekan-rekan blogger dan vlogger tanah air. Semoga lain waktu bisa kumpul-kumpul lagi nih. Semoga berguna dan materi lain sisi teknis materi tentang teknologi Honda CBR250RR akan saia tambah pelan-pelan di artikel lain, sesuai dengan pemahaman saia yang nol tentang permesinan :mrgreen:

 

Advertisements

2 comments on “Bedah teknologi All New Honda CBR250RR bareng blogger dan vlogger

  1. Pingback: Mengenal Throttle by Wire pada Honda CBR250RR | sekedar coretan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s