Kompetisi Safety Riding Pertama spesial blogger dihelat di Jatim

Pagi masbro..

Safety Riding, alias cara berkendara dengan aman, sudah menjadi hal yang biasa kita dengar saat ngobrol maupun browsing dan jalan-jalan di dunia maya. Meski memang sebagian sudah kita terapkan saat berkendara sehari-hari. Contoh gampangnya, tiap hari riding dengan motor saat beraktifitas, sudah pakai helm SNI kan? Pasti jawabannya iyes..apalagi helm SNI sekarang sudah macam-macam model, corak dan desainnya. Nggak melulu hitam dan bentuknya biasa banget. Nah, PT MPM selaku distributor utama Honda di Jawa Timur dan NTT, Sabtu lalu, 23 September 2017 menggelar sebuah kompetisi safety riding. Jaringan MPM ini memang berkomitmen dan getol untuk mengkampanyekan berkendara aman di jalan, termasuk idiom dan tagline #cariaman bareng Honda.

Bertempat di MPM Learning Center, disingkat MPM-LC Sidoarjo, sebagai tahap awal gelaran kompetisi safety riding ini, terkumpul 12 blogger dari Jawa Timur, termasuk saia 😆 Kok blogger aja sih? Begini masbro, kalau untuk tingkat instruktur, dari pabrikan  alias AHM kan sudah rutin digelar setiap tahunnya. Nah, sebagai salah satu media penyambung lidah rakyat, eh, dengan pembaca blog dan masyarakat pada umumnya, diharapkan blogger mampu menerjemahkan dalam bentuk tulisan, gambar maupun video. Berhubung AHM masih belum memfasilitasi, MPM yang aktif, dan menyelenggarakan acara ini terlebih dahulu. Jadilah acara “Safety Riding Competetion for Blogger Jawa Timur” ini terlaksana.

Berkumpul sekitar jam 8 pagi, kegiatan dimulai dengan pengenalan tentang safety riding, berikut sebagian besar materi cara persiapan berkendara hingga tahap saat menghadapi berbagai kondisi lalu lintas. Materi ini, memang diperlukan sebelum acara kompetisi berlangsung, secara sebagian peserta memang belum menerima materi ini, termasuk saia :mrgreen: Mas Dimas, salah satu instruktur safety riding andalan MPM, turun langsung berbagi ilmu dengan peserta. Ternyata banyak banget ya, yang belum saia tahu? Jadi makin paham, kalo ilmu saia masih cetek banget, maluuu :mrgreen:

Namanya ilmu, lebih sahih dan mantap kalau dipraktekkan kan? Setelah cukup menerima teori, saatnya turun ke lapangan. Sirkuit sih lebih tepatnya. PT MPM, melalui Learning Center-nya, menyediakan area sirkuit khusus di bagian belakang, ya untuk berlatih safety riding. Trek aspal mulus, dengan berbagai rintang, cone/kun dna pengaman, lengkap tersedia. Bahkan, sensor kecepatan alias speed gun, yang seperti dipakai di tayangan TV itu juga ada tersedia. Mantapp…

Berganti pakaian khusus pelatihan, training set kelir biru putih. Termasuk kelengkapan pengaman macam sarung tangan, sepatu hingga protektor tangan dan protektor kaki. Tinggal pilih sesuai ukuran, lengkap tersedia di sini. Usai siap-siap, langsung pilih kendaraan yang tersedia. Ada 4 jenis motor yang disiapkan, berbasis 150cc Honda yaitu Honda CBR150R, Honda CB150R, Honda Sonic 150 dan Supra GTR150. Awalnya ingin pilih motor sesuai yang saia tunggangi harian, CB150R, tapi keduluan sama rekan-rekan lain, walhasil, si  CBR150R yang saia pakai selama acara ini.

Eiitss…salah foto nih, maap–maap :mrgreen: :mrgreen:

Saatnya praktek nih. Ada 3 kriteria yang wajib dijalani, yaitu Braking/pengereman, Slalom/manuver serta Plank Riding/Titian. Mas Dimas, beserta rekan-rekan instruktur, memberikan contoh terlebih dahulu. Nggak main-main, pake moge nih, Honda NC750. Wow… Semua tips dan isi materi yang diperoleh di kelas tadi, terpakai. Cara mengerem dengan aman tanpa ngesot/terkunci, melibas halangan kun, termasuk saat melewati area sempit dengan papan titian. Bergantian, semua peserta menjajal ketiga kriteria ini, dengan kondisi khas kota Sidoarjo, panas menyengat. Gampang kah jajal ketiganya? Sama sekali nggak masbro, lumayan sulit dan jauh dari gambaran awal. Maklum, terbiasa nonton saja, kelihatannya nggak sulit. Ternyata, haduuuh… Butuh latihan rutin nih kayaknya. Di pengereman, kombinasi rem depan belakang diutamakan, tanpa ada gejala ngesot di roda karena terlalu keras mengerem. Di slalom, selain kudu menyatu dengan motor, juga fokus mengingat rute alias lay out sirkuit yang dibatasi dengan kun. Ada waktunya lurus, putar balik, zig-zag, angka 8 dan lainnya. Sementara di keseimbangan, konsentrasi mengendalikan motor di kecepatan rendah dengan lebar papan titian 30 cm saja. Alamakk, susah menjaga kestabilan saat pelan ternyata.

Berakhir mendekati jam 3 sore, acara ditutup dengan hasil lomba. Sukses dong, di urutan terakhir karena nilai yang saia peroleh hanya dari pengereman saja, sementara slalom dan plank riding nol. Hiks…sabar 😆  😆 Yang sukses menaklukkan dan peroleh nilai tertinggi adalah kang Marnu admin warungbiker, disusul bapak Agus pemilik motomazine serta di peringkat 3 ada kang Gesang admin potretbikers. Selamat ya masbro semua..

Yah, kembali ke tema, karena sifat ‘fun’ , diambil ilmunya. Sekalian ngumpul bareng blogger, ilmu safety riding didapat. Kayaknya, perlu terus ngasah ilmu nih, secara blass..sama sekali nggak pernah praktek seperti ini. Tantangan tersendiri buat saia, melatih konsentrasi, fokus dna mengenal lebih dalam handling serta karakter motor. Sukses buat acara ” Safety Riding Competition for Blogger jawa Timur”, semoga kedepan, agenda safety riding beserta kompetisi semacam ini bisa lebih sering diselenggarakan. Yuk, tetap berkendara dengan aman ya masbro dan mbaksis..

Semoga berguna

Advertisements

One comment on “Kompetisi Safety Riding Pertama spesial blogger dihelat di Jatim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s