Binter Merzy eks Patwal, komplit nan unik

Pagi masbro, apa kabar? Sehat? Maaf nih, beberapa hari blog sempat lowong, karena kerjaan di dunia nyata lumayan menyita, jiaahh :mrgreen:

Buat masbro dan mungkin mbaksis, terutama keluaran , eeh, maksudnya kelahiran kisaran tahun 70an, pasti beberapa ngak asing dengan sebuah brand/merk motor yang lumayan booming di awal tahun 1980. Binter Merzy. Buat yang mungkin belum tahu, Binter merupakan nama yang dipakai Kawasaki di era itu. “Bintang Terang” , itu nama panjangnya, merujuk pada nama perusahaan PT. Bintang Terang sebagai perpanjangan tangan Kawasaki Jepang di Indonesia. Sayangnya, ini merk Binter, gulung tikar di kisaran tahun 1985 karena kasus yang membelit salah satu petingginya.

binter-kawasakiProduk Binter yang paling lekat di ingatan saia adalah versi sport/laki turing berkapasitas 200 cc. Binter Merzy judulnya. Hmm..motor gagah bermesin 4 tak dengan 1 silinder. Dentuman ngebas knalpotnya, bener-bener nancap di ingatan, karena dulu tetangga rumah ada yang punya. Jaman masih SD nih,..lha bapak nggak demen motor Jepang, dari dulu punya-nya Itali loh, Vespa :mrgreen: Apalagi, saat marak film-film bergenre action hingga komedi, banyak menggunakan motor ini, kesan gagahnya makin wow.

binter-logoDiproduksi dengan rentang singkat, membuat motor ini tergolong susah ditemukan. Kalaupun ada, kebanyakan sudah dalam kondisi tidak orisinal, dimodifikasi dengan berbagai aliran. Dulu, yang ngetop adalah ala Harley jadi-jadian, sekarang, makin banyak lagi. Cafe racer, turing, japs style dan macam-macam.

binter-oriNah, beberapa waktu lalu, saat iseng membuka salah satu situs jual beli online, ada penampakan sosok Binter Merzy yang menggoda. Keluaran tahun 1983 akhir, kondisi orisinil, sudah menggunakan CDI. Yang asyik, menurut empunya jualan, ini Merzy lengkap surat-suratnya, berikut kelengkapan ekstra. Ekstra??? Ya, karena ini klaimnya adalah salah satu kes Patwal/Patroli Pengawal. Berwarna putih, dengan kelengkapan antara lain windshield, besi engine guard, lampu rotator dan side box/boks samping dengan stiker highway police. Wow…jadi ingat film Warkop nih, CHIPS….mantap.

binter-merzy1Klaim orisinal, memang perlu dibuktikan sih, salah satunya cek fisik dan dokumen. Beberapa kekurangan sudah disampaikan dalam keterangan, antara lain catnya yang repaint/cat ulang, serta pajak yang mati beberapa tahun. Oh iya, yang unik adalah, adanya beberapa kelengkapan non motor yang disertakan. Yaitu sepasang sepatu boot dan helm ala polisi jaman dulu, CHIPS. Hehehehe…unik kan??binter-merzy5Monggo, silakan yang berminat, bisa cari info nih. Saia pribadi sebenarnya ngidam banget ini motor, sayang..banderolnya yang tak terjangkau 😆

binter-merzy2

binter-merzy7

 

binter-merzy4

binter-merzy3

Semoga berguna

gambar : google, olx

 

Advertisements

7 comments on “Binter Merzy eks Patwal, komplit nan unik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s