Lagi, Pemutihan pajak kendaraan bermotor Jawa Timur digelar

Masbro dan mbaksis, khusus warga Jawa Timur nih, Program khusus berkaitan dengan pajak kendaraan bermotor kembali digelar Pemerintah Provinsi Jawa Timur. 

​

Rencana pemutihan pajak kendaraan bermotor di area Jawa Timur, akan dilangsungkan mulai tanggal 5 September 2016 hingga 3 Desember 2016.

IMG01334-20131219-1023

Berdasarkan Pergub Jatim 44 Tahun 2016 yang baru saja ditandatangani Gubernur Jawa Timur, setiap warga ber-KTP Jatim berhak atas layanan khusus ini. Kebijakan ini dinamakan ”  Pemberian Keringanan dan Pembebasan Pajak Daerah untuk Rakyat Jawa Timur. Yaitu meliputi :

  1. Pembebasan pokok dan sanksi administratif berupa kenaikan dan/atau bunga Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) atas penyerahan kedua dan seterusnya (BBN II) diberikan kepada seluruh masyarakat pemilik kendaraan bermotor
  2. Pembebasan sanksi administratif berupa kenaikan dan/atau bunga Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) diberikan kepada seluruh masyarakat pemilik kendaraan bermotor.

Informasi yang saia dapat, untuk tahun ini, pemutihan alias penghapusan denda serta biaya BBN berlaku untuk semua kendaraan. Kendaraan roda 2, roda 3, roda empat, bahkan kendaraan roda lebih dari 4 juga bisa. Tidak seperti tahun sebelumnya yang terbatas hanya kendaraan roda empat ber-plat kuning saja. Mantap….

IMG00783-20120913-0819Jadi, bila masbro sekalian, bila hendak melakukan proses balik nama (BBN) , ataupun memiliki kendaraan yang pajaknya telat alias belum bayar pajak, langsung saja ke Samsat terdekat. Kenaikan pajak, bunga pajak serta sanksi atau denda yang biasanya dikenakan pada pemilik kendaraan yang terlambat membayar pajak, untuk kurun waktu ini, dihapuskan. Tidak ada denda/sanksi administratif. Wah, lumayan pake bangets kan? Ayo, segera bayar pajak kendaraan bermotor anda, mumpung tidak didenda. Juga yang masih sering pinjam KTP pemilik lama, buat perpanjangan pajak tahunan, segera balik nama menjadi milik pribadi. Gratis nihhh… Daripada perasaan waswas, karena STNK mati, belum diperpanjang, juga saat nembak KTP,  ogah kan?

Semoga berguna..

Advertisements

2 comments on “Lagi, Pemutihan pajak kendaraan bermotor Jawa Timur digelar

  1. Pingback: Peminat membludak, petugas kewalahan | sekedar coretan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s