Sekilas impresi Suzuki Satria FU 150 Fuel Injection

Unit Satria FU 150 MFX alias ber livery MotoGP sudah mendarat malam hari di rumah. Nah, akhirnya, saia berkesempatan nunggangi versi terbaru Suzuki Satria FU150 ini. Eh, sebenarnya sih, bukan kali pertama. Pas masih belum launching, sudah nyicipin saia, di dealer Suzuki SMG Singosari. Meski cuma sesaat, lumayan lah daripada gak blas….Penasaran, berbagai fitur dan kelebihan dibanding keluaran sebelumnya. Maklum, sudah heboh tentang output powernya yang ajegile, lewat 18 HP. Busyet tenan to?

fufiPagi, sambil berangkat, sedikit saia eksplore tampilan. Dari Satria FU lawas karburator, hampir sama. Hanya tampilan mesin, yang sekilas masih mirip dari versi sebelumnya, padahal gedean yang FU injeksi ini. Mungkin efek dari cat hitam, yang membalut sekujur bak mesin kanan-kiri. Efek hitam kan melangsingkan😆

sijuki kiriPaling mencolok dari fisik Satria FU FI ini adalah tampilan headlamp berisi LED dan penampakan radiator jumbo, yang menggantikan oil cooler di versi lawas. Memang sih, yang aplikasi lampu LED (Light Emitting Dioda) ini, hanya di lampu depan saja, yaitu lampu senja, lampu dekat dan lampu jauh. Sementara lampu sein depan belakang berikut lampu rem belakang, masih aplikasi model bohlam.

kepala satriaKontak ON, speedometer menyala komplit termasuk lampu engine check. Headlamp, hanya lampu senja/kota yang menyala. Nah, saat mesin dinyalakan, baru deh, lampu utama nyala. Putih…

fufi2Penasaran kala malam, gimana sorotnya di jalan?

lampu dekatTernyata, terang pake banget. Sayang, mau bandingkan dengan lampu LED Vario 110 FI punya nyonya, pas dipake keluar, haduuh… Tapi, kalo dari pengamatan saia pribadi, punya Satria FU ini lebih tebal fokusnya. Kalo lebar area yang tersorot, hampir sama sih. Intinya, lebih terang punya Satria. Nah, kalo untuk lampu jauh/beam/dim, bagian headlamp yang nyala adalah bagian bawah. Nyalanya gimana?

lampu jauh satriaItu penampakan dari depan. Mohon model diabaikan ya… Kalau penampakan sorot ke jalan, seperti ini

lampu jauhArea yang tersorot lebih tinggi dan lebar. Cocok buat dim,kala mau nyalip kendaraan besar nih. Sayang, saklar dim/passing khusus belum ada, jadi ya memainkan tombol hi/lo aja😉

Yang menyita perhatian adalah radiator jumbo yang terpasang menggantikan oil cooler versi lawas. Disinyalir, ini adalah salah satu cara pabrikan Suzuki, untuk meredam panas mesin, akibat kenaikan power yang signifikan. Tenaga besar, pasti panas juga bertambah.

radiator fuKnalpot dengan desain lebih besar, menempel di sisi kanan, siap menyalurkan gas buang

fufi11Roda, setia dengan ukuran imut, menurut saia pribadi. Depan, Enkei 1,60 terbalut ban 70/90-17 sedangkan belakang Enkei 1,85 dengan ban 80/90-17. Untuk menghentikan laju, masing-maing roda dipasang cakram model baru, bergelombang/wave yang disebut “petal disc brake” dalam istilah pabrikan, dengan ukuran diameter masih serupa tipe karburator.

Speedometer, nah, ini yang komplit banget, jauh dengan versi lawas. Full digital, dengan bentuk kotak, mengingatkan pada salah satu alat permainan😆 Dengan background warna oranye, sedikit keluar pakem, dimana yang lagi musim adalah warna biru. Menu yang ada dalam speedometer ini antara lain, penunjuk kecepatan angka digital, putaran mesin/rpm berbentuk bar, odometer, indikator BBM berbentuk bar dan 2 mode tripmeter. Yang merupakan fitur baru antara lain indikator MIL/FI, indikator temperatur pendingin, indikator posisi gigi persneling, jam digital, indikator waktu ganti oli, dan lampu shiftlight/pergantian gigi persneling. Banyak ya ternyata😆

fufi3Yang menurut saia sedikit kurang sreg, adalah desain spion. Memang sih, lebih baik dan lebih lebar dari yang lama, tapi bentuknya itu lho, kurang sporty. Andai lebih lancip, tidak berbentuk “aneh” macam ini, mungkin lebih bagus.

spion fuEh, iya, jangan lupakan adanya fitur bagasi/u-box persis diatas mesin. Meski kecil, lumayan bisa muat kanebo, atau jas hujan model batman. Karena ruang terbatas, hingga akhirnya kapasitasnya juga kecil. Enaknya sih, posisi di depan, hingga mudah diakses, meski harus lepas kunci kontak untuk membuka.

bagasi fuMungkin, ini sedikit ulasan fisik menurut saia pribadi. Lumayan banyak ya, fitur baru yang dipasang Suzuki pada Satria FU 150 seharga  IDR 22.900.000 OTR Malang ini.

Semoga berguna🙂

klakson fu

persneling fu

rantai fu

 

 

 

 

24 comments on “Sekilas impresi Suzuki Satria FU 150 Fuel Injection

  1. Pingback: Secuil eksplorasi daya Satria F150FI, 175 kpj | sekedar coretan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s