Yamaha YG80

Pagi masbro..

Motor klasik, memang jadi salah satu pelampiasan hobi seseorang. kadang, cukup melihat bentukannya yang klasik, sudah seneng banget, meski serimng terkendala keberadaan si motor yang di jaman sekarang sudah sangat susah ditemui, apalagi suku cadangnya. Salah satunya,a dalah produk Yamaha YG 80

Sumpah, nih motor susah banget dicari, termasuk di dunia maya. Ya karena memang jumlahnya yang masuk ke tanah air sepertinya memang nggak banyak.

Motor lansiran 1965 ini, punya dapur pacu berkapasitas 80cc saja. Bernama resmi Yamaha Trailmaster 80, mesin 2 tak tentunya masih dipercaya saat itu karena popularitas mesin 4 tak belum moncer. Balik ke mesin utama ini, kubikasi persis 81cc mampu meletuskan daya 6,2 HP/10.000 RPM.

Nah, ketemu di salah satu forum, pemilik motor langka ini di Jatim. Upaya beliau merestorasi YG 80, sudah nyaris sempurna. Panel bodi sudah kembali orisinal, kinclong dengan kelir biru. Yang jadi masalah adalah bagian dapur pacu yang setengah mati untuk mencari suku cadang orisinal. Alhasil, kerjaan swap engine terpaksa dilakoni

Dan pilihannya, adalah produk Yamaha juga. Segelondong mesin Yamaha F1ZR ditancapkan di sasis YG 80. Masuk sih, apalagi kan masih 2 langkah juga, hehehehehe. Sistem kopling juga memudahkan pemasangan karena aslinya YG 80 kan juga kopling manual. Tinggal menyesuaikan dudukan mesin di sasis saja tuh, termasuk menggeser posisi tabung filter udara yang aslinya di belakang mesin, jadi diatas depan mesin

Jadinya, YG 80 yang sudah tampil ganteng, bisa diajak berkelana kembali karena bisa digas hingga 100 kpj :mrgreen: Suara knalpot khas, garing dengan sensasi jambakan mesin 2tak. Ada yang kepingin?

Semoga berguna

One comment on “Yamaha YG80

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s