Tips pengecekan ringan kendaraan sebelum perjalanan, motor tetap optimal

Pagi masbro..

Sepeda motor, buat sebagian besar orang, memang jadi salah satu perpanjangan kaki. Yaitu sebagai sarana transportasi utama dalam beraktifitas mulai bekerja , aktifitas sehari-hari hingga berwisata.

Maka dari itu, dibutuhkan kesiapan kendaraan guna menunjang keselamatan pengendara serta menjaga kondisi motor agar tetap optimal. Kali ini, ada tips dari PT. Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha STSJ saat melakukan pengecekan ringan kendaraan sebelum dikendarai. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan??

Dipandu Ilham Wahyudi, selaku General Manager Service & Sparepart , berikut hal-hal yang perlu dicek pada sepeda motor agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Langkah awal pengecekan pada sepeda motor antara lain :

1.      Cek kondisi kelistrikan 

Pemeriksaan dilakukan untuk part standart seperti lampu, klakson, dan kondisi aki motor. Bersihkan area kutub (+) dan (-) pada aki apabila kondisinya kotor atau berjamur. 

2.                  Periksa kondisi oli 

Lewat dipstick oli, pemilik kendaraan bisa melakukan pengecekan volume, kekentalan, dan warna oli. Jika oli berubah menjadi hitam pekat dan encer, segera ganti oli anda dengan oli yang baru.

3.                  Cek sistem pengereman

Tuas rem pada sistem rem yang normal, akan kembali memantul dengan cepat saat ditekan.

4.                  Cek tekanan angin ban 

Saat tidak digunakan dalam waktu lama, biasanya ban akan kehilangan tekanan udara. Sesuaikan ulang tekanan ban dengan standar yang dianjurkan yaitu ban depan 200 kPa dan ban belakang 225 kPa. Sekaligus cek kondisi tapak ban ya…

Untuk menjaga kendaraan tetap dalam performa maksimal, segera kunjungi  bengkel resmi Yamaha untuk mendapatkan perawatan maksimal. Teknisi handal akan membantu membantu mengembalikan performa motor konsumen.

Semoga berguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s