Dynotest wajib kah di AHASS?

Pagi masbro..

Gegara beberapa artikel saia tentang service di bengkel resmi Honda alias AHASS yang selalu menggunakan ‘ritual’ acara dynotest, ada pembaca kesasar di warung ini :mrgreen: yang bertanya. “Wajibkah, sesi dynotest saat service di AHASS?”

Memang, beberapa kali saia tulis pengalaman saat service di AHASS pada tunggangan pribadi saia. Seiring perkembangan teknologi yang lebih memungkinkan mengukur performa secara nyata melalui grafik dan angka, beberapa bengkel resmi, di Malang, melengkapi peralatan mereka dengan perangkat dyno.

Secara resmi sih, nggak ada kewajiban dari Honda, kalau AHASS kudu menyediakan perangkat dynotest. Namun, bila bengkel tersebut mampu dan mau, dipersilakan saja. Toh, ujungnya bisa memuaskan hasrat konsumen. Eh, maksudnya, konsumen bisa lebih tahu kondisi motornya secara terukur. Hal ini pula yang saia lakukan saat melakukan service motor, memilih AHASS yang lebih lengkap dan syukur-syukur ada dynotest-nya. Jadi, bisa tahu, bagaimana kondisi motor tentang tenaga dan performa sebelum dilakukan perawatan alias service, dan sesudahnya. Kalau istilah kerennya, before dan after :mrgreen:

Disini, bengkel yang sudah memiliki perangkat dyno, juga kudu menguasai perangkatnya. Maksudnya, mengoperasikan secara maksimal dan mampu memberikan penjelasan pada konsumen, tentang apa yang tercatat dan direkam si mesin dyno. Biasanya sih, si Service Advisor yang menjelaskan, melalui pembacaan mesin dyno, seperti apa kondisi mesin sepeda motor konsumen. Beragam angka yang muncul, termasuk bentuk dan model grafik yang tampil.

Kalau sejauh pengalaman yang saia dapat, memang ada perbedaan signifikan, antara kondisi motor sebelum dan sesudah service. Biasanya, pada akselerasi yang lebih baik. Kalau tenaga, dengan kondisi tetap standar, ya jangan berharap ada kenaikan šŸ˜† Bisa mencapai angka standar pabrikan, itu bagus, kecuali melakukan modifikasi mesin.

Kayaknya, memang sudah mulai nggak jaman, mengukur performa mesin kendaraan dengan mengandalkanĀ feeling atau indera perasa, lha wong perasaan tiap orang pasti berbeda, mekanik maupun ahli tuning sekalipun.Ā  Yang paling sahih dan kasat mata, ya melalui data tampilan dari dynotest semacam ini. Meski bagaimanapun sederhananya si mesin dyno, tetap bisa muncul datanya kok, yang menggambarkan performa mesin yang diukur.

Jadi, sudah terjawab kan, tentang dynotest di AHASS? Nggak wajib karena tidak semua AHASS punya, namun bila ada, masbro bakal diberikan fasilitas ini, termasuk berhak mendapatkan beragam penjelasan teknis tentang kondisi motor. Jangan ragu, bila bingung dan nggak paham, bertanya dan mendapat penjelasan itu hak masbro dan justru saia pikir adalah wajib. Betul??

Semoga berguna

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s