Fitur pengaman tersembunyi Honda CMX500 Rebel

Pagi masbro..

Honda CMX500, atau yang biasa disebut Honda Rebel, merupakan salah satu jajaran motor gede Honda yang dijual resmi di tanah air. Desain motor cruiser ini, memang menjadi salah satu dari sedikit motor berkapasitas mesin besar yang menganut gaya penjelajah.

Posisi riding sangat santai dan rileks, didukung mesin mumpuni yang aplikasi 2 silinder berkapasitas 500 cc yang fokus pada keluaran torsi di putaran bawah, memang berkarakter kendaraan penjelajah yang nyaman dikendarai. Gak perlu puntir gas dalam-dalam, torsi yang nendang sangat cukup untuk mendorong motor melaju berkelana.

Dibalik performa mesin yang mengambil basis Honda CBR500 ini, terinstall beragam fitur. Torsi maksimum 45,8Nm @ 5.500 rpm dan menghasilkan tenaga puncak 35,2kW @ 8.500rpm merupakan keluaran mesin Honda Rebel. Nah, ada satu lagi fitur keamanan yang terlihat sederhana, namun fungsional. yaitu, switch pemati mesin yang terpasang pada standar samping, atau bahasa resminya kickstand.

Switch pengaman ini, sepintas mirip cara kerjanya dengan saklar serupa yang ada pada hampir sebagian besar skutik di tanah air. Kalau di skutik Honda, jamak disebut SSS (side stand switch). Saklar pada standar samping akan memutus arus pada sistem pengapian sehingga mesin tidak akan bisa dinyalakan saat posisi standar samping terbuka/turun.

Sistem serupa juga terpasang pada Honda Rebel di standar sampingnya. Secara fungsi hampir sama, tapi lebih cenderung ke sisi safety yaitu mematikan mesin ketika standar samping diturunkan. Jadi, ketika mesin sedang menyala lalu standar samping diturunkan, maka mesin akan mati.

Bisa sangat berguna ketika ada kejadian tak terduga saat berkendara di jalan, lalu berhenti dan memarkir motor, nggak perlu mematikan motor sesuai standar, yaitu mematikan lewat kunci kontak. Sebenarnya, di panel setang Honda Rebel sudah ada tombol engine kill alias pemati mesin di sisi kanan.

Hanya, bila dalam keadaan mendadak, respon pengendara akan lebih cepat dengan menurunkan standar samping. Misal nih, saat berkendara bareng dalam rombongan, lalu ada kecelakaan atau rekan yang jatuh, kan otomatis tuh, akan menepi dan menghentikan motor. Bakal lebih cepat kalau menepi dan mematikan motor secara cepat sekaligus saat menurunkan standar samping pas berhenti. Sekali gerakan, sudah ada 2 manfaat. Standar samping terpasang sehingga motor bisa berdiri sekaligus mesin sudah dimatikan. Praktis kan?

Sayang nih, belum ada kesempatan jajal Honda Rebel, sekaligus jajal beberapa fiturnya termasuk switch ini. Semoga deh, lain waktu ada yang mau memberi kesempatan alias minjemin Rebel, hehehehehe

Semoga berguna ya, dan tetap berkendara dengan aman

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s