Impresi harian Honda Supra GTR 150 (1) , selayang pandang

Pagi masbro..

Honda Supra GTR 150. Cub alias bebek super keluaran PT AHM ini memang baru saja mendapatkan penyegaran di medio April 2017. Ada beberapa warna baru yang dilaburkan pada ini motor. Simak detailnya disini nih.

Nah, karena barang masih fresh alias baru banget, masih susah banget ditemui di dealer-dealer Honda di daerah, termasuk di Malang. Informasinya sih, masih belum distribusi. Nah, sambil menunggu versi terbaru 2017 ini, saia berkesempatan merasakan impresi riding harian, alias testride dalam waktu agak panjang. Testride kan biasanya sesaat saja, nah ini, saia mendapat kesempatan berbeda. Meski nih GTR 150 keluaran 2016, tapi, kalo secara spesifikasi, sepertinya gak jauh beda deh dengan yang versi 2017 ini. Terima kasih pada MPM Kayutangan Basuki Rahmat Malang yang telah mempercayakan Honda Supra GTR 150-nya saia pakai dan ulas lebih dalam.

Secara tampilan, aura cub/bebek memang masih sangat terasa, terutama area depan hingga tengah. Setang bebek, dek/sayap yang menyelubungi mesin DOHC 150cc-nya hingga underbone, alias tulang tengah berikut covernya. Nah, memasuki area belakang, mulai nampak sporty-nya. Buritan lebih tinggi dan menungging. Pun ditutup dengan model sepatbor belakang yang lebih mirip sepatbor motor batangan/sport. Meski rada kepanjangan menurut saia pribadi nih sepatbor, tapi fungsinya lebih maksimal. Demikian juga saat lirik absennya sepasang sokbreker belakang, yang biasanya tertanam di ujung swing-arm.

Aksen sporty garang juga tercermin dari penggunaan warna doff pada kelir Supra GTR. Kebetulan, GTR yang saia pakai ini warnanya kombinasi abu-abu dan sedikit merah doff. Kalau di spek resmi, warnanya Gun-Black. Terpasang emblem 3D GTR 150 di bodi belakang berkelir krom, yang kontras dengan warna doff pada bodi belakang.

Sekilas, identitas GTR memang sangat samar, terkesan misterius karena tidak ada striping yang biasanya terpasang pada bodi motor bebek. Hanya ada emblem 3D sayap Honda di cover mesin, serta emblem GTR 150 di bodi belakang tadi. Itu yang membuat beberapa kawan kerja, sempat bingung dengan motor ini. “motor opo se, bodi bebek, monosok, mesin-e gedi men? koplingan sisan..” demikian celoteh beberapa kawan :mrgreen: Alhasil, beberapa orang penasaran dengan si bebek super ini.

Headlamp berisi lampu LED terpasang di batok setang. Desainnya lancip, mirip dengan Honda Revo gen 1. Sementara sein masih gunakan lampu tipe bohlam. Sama dengan lampu di buritan, stoplamp berikut sein belakang masih aplikasi lampu jenis bohlam. Ada tambahan lampu plat nomor yang berposisi di sepatbor belakang.

Kaki-kaki, nah ini. Kekar menurut saia. Velg berkelir hitam doff dengan model palang Y terpasang ukuran 1,85 x 17 didepan, sementara velg belakang 3,50×17. Wih, lebar juga nih, setara sama sport Honda New CB150R. Velg ini dipasangkan dengan ban IRC NF66 ukuran 90/80-17 depan dan IRC NR83 ukuran 120/70-17 di roda belakang, Mirip sport nih gedenya kaki-kaki, seimbang dengan bebek super 150cc lain merk tuh. Motif kembangan dan alur ban termasuk dalam, salah satunya untuk antisipasi kondisi jalan yang non aspal IMHO.

Piranti pengereman, sudah jamak ditemui dobel discbrake, alias cakram depan belakang. Ukuran cakram depan lumayan gede, 256 mm sementara cakram belakang 220 mm. Sama-sama dijepit kaliper Nissin 1 piston keduanya.

Mesin DOHC 150 cc dengan sistem injeksi dan 6 percepatan terpasang rapi dibawah cover bodi tengah. Sekilas tersamarkan oleh cover bodi berkelir doff dan punya banyak sirip-sirip yang mengingatkan pada spoiler kendaraan sport.

Sistem kopling aplikasi kopling manual, seperti layaknya sport generasinya, yaitu Honda New CB150R dan CBR150R. Hanya, ada opsi tambahan yaitu tuas persneling yang model 2 sisi ala bebek. Bisa diinjak ke belakang atau kalau mau juga dicongkel seperti motorsport.

Nah, terus impresinya gimana? Secara awal sih, ya berasa naik bebek masbro. Beda pada mesin dan tongkrongan yang sedikit lebih tinggi. Terus?? Simak artikel selanjutnya ya, hehehehe..

Semoga berguna

 

 

Advertisements

10 comments on “Impresi harian Honda Supra GTR 150 (1) , selayang pandang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s