Inikah rasanya nunggang harian All New Honda CBR250RR ? (3) Performa

Pagi masbro..

Melanjutkan artikel tentang riding harian All New Honda CBR250RR, bagian 1 dan 2 nih. Lanjut, sekarang ke impresi keluaran mesin. Saia nggak memungkiri, selain tampilan luar yang gagah dan racy, daya tarik CBR250RR adalah keluaran mesinnya.

cbrmodelSudah banyak dibahas di media dan blog, bagaimana akselerasi dan topspeed yang mampu diraih. Dan hasilnya, memang, nih motor punya segalanya. Akselerasi oke, topspeed pun juga dapat. Bahkan, ada yang entah, iseng atau memang niat, mengadu CBR250RR dengan rivalnya di kelas 250cc, yaitu Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha R25. Nah, saia lebih condong mencoba akselerasi dan kecepatan puncak di gigi rendah. Seperti kita tahu, untuk harian, topspeed bakal jarang tersentuh. Tahu sendiri, gimana jalanan sekarang ini. Atas pertimbangan hal tersebut, saia fokus ke area gigi persneling yang bakal tiap hari dipakai saat harian.

Paling nyaman besut CBR250RR ini saat di jalan raya sehari-hari, adalah di kisaran gigi 3 dan 4 dengan RPM sedang, sekitar 5000-6000 RPM. Dengan RPM di angka tersebut, kecepatan yang bisa diraih sekitar 60-80 kpj. Maklum, jalan raya adalah fasilitas umum, semua berhak menggunakan, sehingga toleransi tetap dijaga. Kalau menuruti karakter si CBR, waduh…putaran dan kecepatan segitu sih enteng banget, gak bakal menonjolkan performa mesin sesungguhnya, yang jelas dan khas, ada di RPM atas.

Saia sempat mencoba, memuaskan rasa penasaran, berapa sih kecepatan maksimal di gigi awal, yaitu gigi 1 dan 2 motor ini. Dari pantuan speedometer, maaf nih, gak ada gambarnya, gigi 1 bisa tembus kecepatan 66 kpj sementara gigi 2 mencapai 95 kpj. Raihan itu maksimal, sebelum akhirnya diputus oleh limiter yang bekerja di kisaran 14.000 RPM. Oh iya, mode riding saat itu adalah Sport++.

cbr6Saia coba gas di sebuah jalan perumahan yang cukup sepi, lalu coba ulang dengan aplikasi android yang berbasis GPS. Ternyata, nggak terlalu jauh penyimpangan angka di speedometer. Maklum, kan kecepatan dibawah 100 kpj, kalau diatasnya, bisa jadi mulai ada penyimpangan. Faktor keamanan itu mah, sudah diatur dari pabrikan 😉 Berikut hasil capture gigi 1 dan 2 dari aplikasi Ulysse speedometer

gigi-1                                                                           Topspeed gigi 1

topspeed gigi 2

Topspeed gigi 2

Untuk gigi 3 dan seterusnya , karena tempat dan trek yang sangat tidak memungkinkan, tidak bisa saia coba. Yah, cukup gigi 1 dan 2 saja. Mantap memang. Dengan hasil itu saja, saia bisa mengira-ira, kecepatan di gigi atas yang bakal jauh diatasnya. Makanya, nggak heran, hasil tes beberapa media dan blogger, memang tembus hingga diatas 170 kpj. Ngeriii masbro..

Yang jelas, untuk bisa maksimal eksplorasi Honda CBR250RR , memang sirkuit-lah tempat yang pas. Aman, nyaman dan maksimal. Betul nggak?

Semoga berguna

Advertisements

6 comments on “Inikah rasanya nunggang harian All New Honda CBR250RR ? (3) Performa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s