Pasang kepet spatbor dan pelindung monoshock Honda CB150R

Biar deh, tergolong basi..mungkin dah banyak yang posting en pasang. Saia sendiri, juga pasang nih kepet udah tahunan, baru kepikiran untuk dibuat artikel 😆

Dari bawaan pabrik, spatbor depan cibi emang tergolong pendek. Alhasil, cipratan air-lumpur-kotoran dari roda depan, lumayan parah. Gak hanya di bagian depan mesin dan bawahnya, tapi bisa sampai keatas…nyampe bawah radiator. Mantap to cipratannya???

Sementara, bagian belakang, sepatbor emang panjang, mampu menahan cipratan. Namun, sayangnya, di pangkal sepatbor alias di posisi monoshock, gak ada pelindungnya, seperti di punya tetangga, Yamaha Vixion. Alhasil lagi, monosok cepet kotor karena langsung terhantam air dan kotoran dari roda belakang.

pic : google

Solusi supaya gak terlalu kotor alias menahan cipratan sebenarnya murah saja. IDR 5.000 rupiah, atau malah gratis kalo masbro mau cari bahannya. Sepotong karet bekas mousepad saia manfaatkan untuk kepet depan belakang.

2015-05-25 08.40.29Untuk kepet depan, potong sedikit lebih kecil, karena kalo kebesaran,malah aneh. Sementara yang belakang, penutup monosok, pake yang agak panjang. Setelah dipotong sepantasnya, kepet depan disobek sedikit pake cutter, untuk memasang penjepit kertas/paper clip ukuran paling kecil.

2015-05-25 13.23.38Lha, buat apa penjepit kertas? Itu berfungsi untuk menjepit si kepet ke ujung sepatbor depan. Jadi, sewaktu-waktu tidak diinginkan atau mau dilepas, lebih gampang. Tinggal congkel/copot penjepit kertasnya.

2015-05-25 13.24.21Nah, kalo dah terpasang, kira-kira kayak gini penampakannya

DSC_0214Gak kuatir lepas? Nggak tuh, dah hitungan tahun saia pake, masih kuat nempel di sepatbor depan. Kan penjepit kertas berbahan besi, jadi lumayan tahan lama. Supaya gak lecet, ujung spatbor depan bisa ditempeli  isolasi sedikit.

Nah, kalo untuk belakang, lembaran karet yang agak panjang tadi bagian atas ditempel ke sisi dalam pangkal sepatbor. Saia pake double tape yang tipe busa/foam.

DSC_0215Beri sedikit ruang untuk fleksibilitas si kepet main di kala monoshock bekerja.

DSC_0216Nah, ujung bawahnya, silakan diikat pake cable ties ke tengah-tengah swing arm. Beres. Maaf kalo fotonya kurang jelas. Semoga berguna trik kecil ini 😉

Update

penampakan pelindung monoshock terpasang

dari samping

dari samping

dari dalam

dari dalam

Advertisements

3 comments on “Pasang kepet spatbor dan pelindung monoshock Honda CB150R

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s