‘Fasilitas’ parkir kreatif ala arek Malang

Pagi masbro..

Petugas jasa parkir, alias akrab disapa jukir–juru parkir, memang bejibun jumlahnya. Termasuk di kota Malang, yang jumlah jukir resminya mencapai angka hampir 2.000. Banyak juga kan? Hal ini berdasar informasi Dinas Perhubungan Kota Malang, yang telah mendata jukir resmi, dan juga telah mendistribusikan rompi khusus jukir resmi berwarna hijau.Dengan tarif resmi parkir yang telah ditetapkan Pemkot Malang, yaitu IDR 2.000 untuk sepeda motor/R2 dan IDR 3.000 untuk kendaraan R4, sebenarnya banyak pihak masyarakat yang mengeluhkan. Nggak sebanding dengan layanan jukirnya, demikian rata-rata keluhan masyarakat.

Seringkali jukir cuek dengan kondisi kendaraan yang terparkir. Pokoknya biaya parkir dibayar , ya sudah. Motor diparkir seenaknya, mepet-mepet yang penting di lahan parkirnya muat sebanyak-banyaknya. Ujungnya kan dapat banyak tuh duit parkir. Pokoknya kurang peduli sama motor deh. Nah, kali ini, ada pemandangan yang lain di area parkir jalan Bromo Kota Malang ini.

Di sisi jalan, memang tersedia lahan parkir resmi, dengan papan petunjuk komplit berikut tarif parkirnya. Berkali-kali saia lewat, kondisinya selalu rapi. Sepeda motor parkir ditata dengan rapat dan rapi, nggak asal-asalan sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas di jalan yang notabene dekat dengan 2 sekolah, pangkalan militer dan pusat kesehatan dan kuliner ini. Acung jempol deh sama jukirnya.

Nah, saat lewat lagi daerah situ, beberapa hari lalu saia menemukan pemandangan unik pada kendaraan yang parkir rapi ditempat ini. Coba deh simak gambar berikut

Kreatif kan? Ide jukir di area parkir Jl Bromo ini memang unik  dan perlu diapresiasi. Sepele memang, hanya berbekal kantong kresek hitam sebagai penutup helm yang nangkring di sepeda motor konsumen. Tapi, manfaatnya sangat terasa bagi pemilik kendaraan. Saat hujan turun dengan derasnya, maklum musim hujan yang hampir setiap hari dihujani air dengan volume mantap, helm yang ada di sepeda motor, bisa aman terlindungi dari guyuran air. Alhasil, saat hendak pulang, helm tetap kering dan nyaman dipakai.

Memang, masih jauh-lah dibanding layanan parkir di beberapa tempat yang tertutup alias punya penaung. Macam di gedung tertutup, yang jelasnya, baik helm maupun motornya terlindungi dari panas dan air hujan. Tapi, untuk ukuran pinggir jalan seperti ini, saia belum menemukan kreatifitas kayak gini. Ajibb…masyarakat pengguna juga puas nih, helm gak basah. Ayo, ada yang mau ikutan ide kreatif seperti ini? :mrgreen:

Semoga berguna

Advertisements

One comment on “‘Fasilitas’ parkir kreatif ala arek Malang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s