Akhir pekan lagi santai? Yuk sambil cek dan rawat rantai

Pagi masbro..

Akhir pekan seperti ini, cocoknya memang buat bersantai. Istirahat, rileks sejenak dari rutinitas aktifitas pekerjaan yang menyita waktu, fisik dan mental kita. Tapiiii…ada lho kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan dan imbasnya, motor kesayangan lebih terawat, siap buat ngacir menemani aktifitas kerja. Santai setel rantai…yukss…mareee

Rantai nih, salah satu komponen penting pada sepeda motor. Dia punya fungsi, adalah sebagai penyalur tenaga dari mesin untuk menggerakkan roda belakang sepeda motor. Terbayang kan, kalau nih benda putus?? Ya nggak bisa jalan lah motornya, meskipun mesin hidup dan menyala normal. Makanya, dibutuhkan perawatan guna menjaga performa rantai tidak menurun. 

Ilham Wahyudi selaku GM Service & Sparepart dari PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) menuturkan “Perawatan yang baik tentu akan memperpanjang umur dari kendaraan. Yang pasti akan mengurangi risiko kecelakaan pengemudi. Jadi sebaiknya sebelum bepergian, pengendara mengecek kondisi kendaraannya,” 

“Rantai motor yang tidak dirawat berpotensi untuk putus ditengah jalan. Idealnya masa pakai rantai itu sekitar 15 ribu kilometer dengan pemakaian normal,” lengkapnya.

Pengecekan kondisi rantai bisa dilakukan setelah melewati jarak tempuh 1000 km. Sedangkan pelumasan dapat dilakukan setelah motor konsumen dicuci atau selesai berkendara di cuaca hujan. 

Adapun tips yang diberikan oleh Yamaha STSJ agar kondisi rantai motor selalu dalam kondisi prima  :

1.      Perhatikan ketegangan rantai. 

Pastikan setelan rantai tidak terlalu kencang, namun tidak terlalu kendur. Jika terlalu kencang, rantai berpotensi untuk putus. Sedangkan jika terlalu kendur, rantai berpotensi lepas dari gear. 

2.                  Rajin membersihkan rantai.

Pemakaian kendaraan rutin akan membuat rantai terkena debu, kotoran, hingga air hujan yang berpotensi berkarat. Sehingga dapat mengurangi performa motor. 

3.                  Gunakan pelumas rantai. 

Rutin menggunakan pelumas rantai setiap 1000 km sehingga rantai tidak kering. Gunakan pelumas khusus untuk motor agar rantai tetap awet. 

Nah, itu dia beberapa cara merawat rantai,yang bisa dilakukan saat bersantai, atau libur di rumah. Nggak perlu ke bengkel, dan yang jelas, nggak butuh waktu lama untuk dilakukan. Rawat dan perhatikan semua komponen ya, agar tetap memiliki performa yang baik dan umur yang panjang.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s