Ganti sendiri kampas rem Honda New CB150R, cuma perlu 2 tools

Pagi masbro..

Kampas rem, dikenal sebagai komponen fast moving alias rutin dan lekas diganti. Ya iya, lha wong komponen efektif buat menghentikan  laju motor je…

Nah, kali ini, mumpung ingat dan sempat, saia ada dokumentasi penggantian kampas rem depan si bleki, Honda New CB150R. Nggak ribet sama sekali lho. Hanya perlu 2 alat saja, dan waktu yang dibutuhkan, maksimal 10 menit, kecuali ditambah ngudud dan ngopi buat yang melaksanakannya :mrgreen:

Langsung saja deh. Parkir motor dengan standar tengah. Tools yang diperlukan cukup 2 saja. Yaitu kunci ring ukuran 8mm dan kunci L bintang ukuran sama. Bila nggak punya, bisa tuh, beli ketengan di bengkel. Terjangkau kok..dan bisa dipakai berkali-kali lagi 😆

Kendorkan terlebih dahulu baut pengunci kampas rem dengan kunci ring 8mm. Nggak perlu sampai lepas, cukup dilonggarkan saja atau sampai bisa diputar dengan tangan. Posisi baut pengunci ini ada di bagian bawah kaliper

Kalau sudah, lanjutkan dengan mengendurkan baut bintang pengunci kaliper. Jumlahnya ada 2 dan mengikat kaliper dengan tabung sokbreker depan. Biasanya, memang rada keras nih baut, ya karena fungsinya yang vital dan sellau kena tekanan saat pengereman. Bila kelewat keras, bisa dibantu dengan pengungkit macam pipa besi kecil atau alat bantu lainnya.

Lepas kaliper atau kepala babi dari ikatan di sokbreker depan. Lanjutkan dengan melepas baut pengunci kampas rem tadi hingga lepas.

Nah, begitu baut pengunci lepas, 2 keping kampas rem lama yang aus, bakal copot juga. Tuh…kondisinya, menipis kan??

Bila punya waktu luang, bisa nih, sembari dicuci itu kaliper berikut pistonnya. Karena, jamak kotoran dan debu hingga lumpur serta sisa pengereman ngumpul disitu. Karena pagi itu saia keburu berangkat gawe, ya, sementara hanya saia ganti saja, nggak bersih-bersih. Skip..

Tinggal pasang deh kampas rem yang baru. Jangan lupa, untuk mendorong 2 piston kaliper rem ke dalam. Kenapa? Karena, dengan kampas rem lama yang menipis, posisi piston kaliper pasti akan maju atau nongol keluar. Pas dipasangkan kampas rem baru yang tebal, bakal nggak ada celah atau jeda buat piringan cakram untuk masuk.

Piston kaliper didorong, bisa ditekan kedalam pakai tangan saja, atau pakai alat bantu. Entah gagang obeng atau gagang tang. Asal pelan-pelan saja, dan si piston bisa balik masuk ke sarangnya. Lakukan pada kedua piston ya, karena kalau hanya satu, kampas rem bakalan miring posisinya dan tetap, piringan cakram nggak bakal bisa masuk.

Beres, pasang 2 keping kampas   rem yang baru. Yang pendek di sisi dalam yaitu yang nempel pada piston kaliper, dan yang rada panjang di sisi luar.

Tenang, bila kebalik nggak bakal bisa dipasang kok, jadi nggak bakal keliru 😆 Tekan sedikit kampas rem yang sisi luar/kampas panjang, karena ada pelat penahan. Lalu, masukkan deh baut panjang 8 pengunci kampas yang tadi dilepas.

Pasang hingga nyaris kencang. Lalu, kembalikan kaliper ke posisinya di tabung sokbreker kanan. Pastikan, piringan cakram masuk diantara kampas rem dengan pas ya…. Lanjut pasang serta kencangkan baut bintang penguncinya, disusul mengencangkan baut 8 mm pengunci kampas rem.

Selesai. Kampas rem sudah diganti baru, dan siap menjalankan fungsinya, mengerem dengan pakem. Jangan lupa, selalu pakai kampas rem orisinal Honda ya, yang terjamin kualitasnya :mrgreen:

Semoga berguna

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s