Ajib, skuter listrik beroda 1 nan canggih

Pagi masbro..

Perkembangan teknologi memang luar biasa loncatannya. Semisal tentang mesin, aplikasi motor listrik sebagai penggerak pada kendaraan makin meluas, meskipun belum mengancam mesin dengan bahan bakar fosil. Kalau masa depan sih, sangat layak dipertimbangkan mengingat ketersediaan bahan bakar minyak alias fosil yang makin menyusut drastis.

Kalau di sepeda motor, mulai marak skutik listrik nih. Meski bentuk kecil, tapi skutik yang ini sangat minim polusi ini karena mengkonsumsi daya listrik sehingga gas buangnya juga minimal banget

Yang ajib nih, ada skuter listrik yang hanya punya 1 roda. Secara fisik, bentuk skuter Vespa kental banget. Liukan seksi dan buritan yang semok khas pada bagian belakang kiri dan kanan. Yang bikin mengernyitkan dahi , adalah absennya roda depan. Penampakannya ini nih

Weleh, lha terus gimana naiknya? Gimana jalannya? Nggak ambruk/roboh?  Simak deh video berikut

Kali ini, teknologi canggih mulai menyentuh sistem pengendalian. Mungkin, bagi yang biasa main aeromodelling macam drone dan helikopter remote control , sudah akrab dengan istilah gyro. Nama lengkapnya teknologi ini adalah gyroscope. Secara garis besar, karena saia sendiri juga masih belajar paham, teknologi ini adalah tentang bagaimana suatu benda mampu menyeimbangkan diri secara otomatis meski posisi si benda tersebut berubah-ubah. Kalau versi terbaru, sistem gyroscope berbasis elektronik berupa chip/mikrokontroler

sumber : wikipedia

Makanya, seperti dalam video tadi, meski si motor roda 1 berbelok, rada mendongak ataupun berubah arah dan posisi, maka nggak akan roboh. Kalau pada drone , posisi si pesawat akan tetap stabil horisontal meski dibelak-belokkan berkali-kali. Stabil, singkatnya.

Canggih ya? Hmm..kayaknya, di masa depan kemungkinan akan banyak diaplikasi pada kendaraan darat nih. Secara nih, fisik kendaraan jadi lebih hemat alias praktis. Parkir gampang, gak makan tempat, hehehehe.

Semoga berguna

 

Advertisements

2 comments on “Ajib, skuter listrik beroda 1 nan canggih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s