Nggak bisa starter Honda PCX 150 meski sudah tekan tuas rem? Ini penjelasannya

Pagi masbro..

All New Honda PCX 150 atau yang biasa disapa PCX lokal, memang sudah beberapa lama dirilis, dan sudah bisa dinikmati oleh masyarakat. Terbukti, sudah beberapa kali saia ketemu di jalanan Malang, nih skutik elegan juga diminati. Mengusung beberapa fitur unggulan seperti immobilizer, sistem keyless, mesin advanced 150cc, lampu depan LED serta tampilan bongsor elegan, menjadi beberapa daya tarik peminang PCX 150.

Saia nggak membahas tentang sistem maupun cara operasional keyless , sudah  banyak banget informasi bertebaran  tuh. Yang saia mau bahas adalah sistem starter pada Honda PCX 150.

Seperti juga umumnya skutik jaman now , yaitu  dilengkapi pengaman pada sistem starter, hal sama juga terpasang pada PCX 150. Pengaman dimaksud adalah tuas rem. Bila hendak menyalakan atau starter mesin motor, setelah posisi kontak pada kondisi ON, sebelum menekan tombol start, pengendara harus menekan tuas rem dahulu. Kalau nggak, motor nggak akan  bisa nyala. Tuas rem yang ditekan terserah, mau tuas rem depan yang di kanan atau tuas rem belakang di kiri. Namun, khusus Honda PCX 150 2018 ini, masbro dan  mbaksis yang  mau menyalakan mesin, harus menekan tuas rem belakang alias tuas rem sebelah kiri. Lho???

Iya, karena bila hanya sambil menekan tuas rem depan/kanan, dipastikan motor nggak akan  bisa dinyalakan. Kenapa begini? Usut punya usut, ini merupakan salah satu fitur keamanan. Dengan harus menekan tuas rem kiri, dipastikan bahwa kedua tangan pengendara sudah berada pada posisi memegang setang. Dengan  posisi siap berkendara ini, refleks pengendara akan jauh lebih baik dan siap, sehingga bila motor menyala, bisa langsung stabil dan berjalan. Makanya, sistem switch terpasang di tuas rem  belakang alias tuas rem kiri

Bila  layaknya skutik lain yang  bisa menyalakan mesin cukup dengan menekan tuas rem kanan/depan, satu tangan yaitu tangan kiri bebas. Bisa beraktifitas lain seperti misalnya menenteng barang belanjaan. Kan rada kurang safety  tho? Betul nggak? Yang namanya pegang setang dengan 1 tangan pasti kurang stabil ketimbang pegang  setang dengan 2 tangan.

Dan inovasi pabrikan Honda tentang pengaman starter Honda PCX 150 nggak berhenti sampai disitu. Saat masbro amati di bawah tuas rem belakang di setang kiri, akan  nampak sebuah switch alias saklar 2 kutub yang terlindung penutup karet. Ini merupakan switch yang berhubungan dengan lampu rem dan sistem starter.

Bila pengendara sudah menekan tuas rem kiri dan  hendak menyalakan mesin dengan  menekan tombol start,   pastikan menekan tuas rem belakang secara penuh. Maksudnya? Iya, karena bila sekedar menekan ringan tuas rem kiri, dipastikan PCX 150 nggak akan mau dinyalakan. Meskipun lampu rem sudah menyala menandakan tuas rem sudah ditekan.

Ada 2 posisi switch yang saia tunjukkan pada gambar berikut. Posisi pertama, switch sudah ON dengan bunyi klik halus. Posisi ini, rem sudah bekerja namun belum maksimal dan lampu rem  belakang juga sudah menyala. Namun, posisi ini belum mengaktifkan sistem starter alias masih terputus. Nggak bakal menyala tuh mesin PCX meski tombol starter ditekan.

Pada posisi kedua, yaitu dengan menekan tuas rem secara maksimal alias penuh, ditandai dengan bunyi klik halus kedua, barulah  sistem starter terhubung. Pada posisi inilah, masbro baru akan bisa menyalakan PCX 150.

Nah, sudah gamblang kan? Bila susah starter Honda PCX 150 atau malah nggak bisa menyalakan, pastikan kalau sudah menekan tuas rem kiri secara penuh. Pasti deh langsung jreeeng…mesin PCX masbro dan mbaksis akan menyala dengan sempurna. Simak juga video berikut, pasti lebih paham

Lanjutannya yang ini nih

Jelas banget kan? Jadi jangan bingung dan gusar dulu ya kalau nggak bisa menyalakan mesin Honda PCX 150 gara-gara tuas rem kiri nggak ditekan maksimal. Ntar nyalahin motornya lagi, hehehehehe

Semoga berguna

Advertisements

2 comments on “Nggak bisa starter Honda PCX 150 meski sudah tekan tuas rem? Ini penjelasannya

  1. Hahahahaha iyo bener lek, wingi aku jajal motor’e om andi bekasi pas stater rem kudu ditarik kuat nek sekedar di tarik ora iso urip. Wah nyaman tenan lek posisine pcx

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s