Modifikasi Honda CB150R tracker, bohay elegan nih

Pagi masbro..

Modifikasi aliran japstyle, tracker, bobber, street tracker dan sejenisnya, memang marak banget di tanah air. Beragam aliran ini diterapkan pada motor lansiran lokal, mulai motor genre sport hingga bebek alias cub sekalipun. Tak terkecuali pada Honda CB150R Streetfire gen awal ini, yang biasa disebut OCB. Motor keluaran Honda yang punya spesifikasi overbore ini tak luput dari jamahan modifikasi.

Padahal, berbeda sekali ya arahan modelnya dari bawaan pabrik? Model naked modern digusur deh dengan model tracker yang retro alias rada jadul. Paling utama yang mencolok dan memikat perhatian memang dari wadah penampung bahan bakar. Model sporty yang berpunuk dengan tutup tangki njendul, berganti model dengan model jaman dulu yang membulat klasik. Kapasitas penampung bahan bakar pun sedikit bertambah karena ukuran tangki yang sedikit lebih gemuk.

Ada yang tanya, tetap pakai sistem injeksi kah? Yes, pasokan BBM sistem injeksi bawaan tetap dipertahankan. Triknya, menggunakan bagian bawah alias dasar tangki yang mengacu pada tangki asli, yaitu punya dasar dan dudukan untuk posisi pompa BBM alias fuelpump duduk manis. Piranti ini lah kunci injeksi berjalan karena memompa bahan bakar ke arah injektor.

Tangki custom ini kemudian dikelir warna elegan, merah marun. Rada gelap namun berkesan mewah, dengan imbuhan lapisan pernis mengkilap. Masih ditambah aksesoris berbentuk mahkota pada bagian penutup tangki, makin mevvah ya?

Beralih ke belakang. Rangka bawaan OCB, sebagian besar masih dipertahankan, makanya model tralis dibawah tangki masih ada. Demikian pula rangka belakang, masih gunakan aslinya hanya sedikit mengalami pemotongan pada buntut. Lebih pendek dan posisi rangka yang aslinya sporty dan menungging, digeser lebih mendatar. Sisi datar ini kemudian dipasangi jok racikan sendiri yang rada pendek dan punya motif garis-garis klasik.

Di buritan, spatbor bikinan berbahan plat dengan dimensi mini, menutup sisi belakang. Meski minimalis, menyumbang tampilan ringkas area belakang. Diatas sepatbor nongkrong lampu belakang variasi beserta dudukan plat nomor yang ngikut di sasis belakang.

Sisi depan, seperti biasa, lampu klasik berbentuk bulat wajib terpasang demi menaikkan kesan klasiknya. Lampu bulat dengan berisi bohlam H4 ini ditemani sepasang sein mungil yang bentuknya sama, bulat. Diatasnya, perangkat indikator masih berbentuk sama bulat, duduk manis. Yaitu pemantau kecepatan alias spidometer dan penunjuk bahan bakar.

Sektor kaki, weh, berubah nih. Sepasang roda gendut kini terpasang di kaki OCB ini, melungsurkan roda bawaan yang terpasang di velg CW. Roda berdasar model klasik ruji alias jari-jari ini, tetap mempertahankan rem cakram didepan dan belakang yang punya aksen modern. Iya nih, soal pengereman jangan main-main deh, modern nggak apa-apa asal tetap aman. Velg jari-jari dengan warna hitam punya lebar tapak 3,5 inchi sama depan belakang. Lanjut dibalut dengan ban gendut berukuran 4.00 yang sama juga, depan belakang. Langsung kekar, menjurus gambot dan gendut. Ajib bener..

Kesan klasik mantap kan? Dan ternyata, ini nggak membuat pemilik puas. Buktinya, untuk menguatkan kesan klasik, sokbreker tunggal di belakang dilepas copot. Gantinya, sepasang sokbreker variasi berkelir merah, dengan tabung oli terpisah, terpasang di buritan. Lho, pasangnya gimana? Dibuatkan lah dudukan sokbreker yang dilas pada rangka belakang untuk dudukan atas sokbreker. Sementara dudukan bawah, dilas pada lengan ayun orisinal bawaanya. Beres..

Alhasil, tampilan OCB ini makin klasik deh, meski bau modern masih ada pada mesin dengan sistem injeksi dan pendingin radiator. Kombinasi ciamik deh, hehehehe. Bocoran dari pemilik, perkiraan biaya modifikasi juga maish terjangkau, antara IDR 7 jutaan.

Semoga menginspirasi ya..

 

Advertisements

One comment on “Modifikasi Honda CB150R tracker, bohay elegan nih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s