Wisata antimainstream di Kota Malang, naik mobil pemadam kebakaran

Pagi masbro..

Wisata, memang banyak banget macamnya di Malang. Mau wisata alam, ada pantai-kebun teh. Wisata mall, juga banyak. Nah, baru saja Pemerintah Kota Malang, meluncurkan sebuah wisata yang rada nggak umum. Kalau bahasa kerennya, rada-rada antimainstream :mrgreen: Apaan tuh?

‘Malang Firefighter City Tour” demikian tajuk wisata baru di kota Malang ini. Kamis  8/02/2018 walikota Malang Moh Anton, secara resmi merilis wisata berbasis edukasi penanganan kebakaran ini. Di UPT PMK Kota Malang yang berlokasi di Jl Bingkil, 2 mobil pemadam kebakaran / PMK siaga dengan gagah, siap mengantar wisatawan dengan rute khusus dalam kota Malang.

Kedua mobil PMK yang termasuk kuno sebenarnya, karena menurut informasi rekan yang berdinas di PMK, lansiran 1962. Weleh…mobil antik nih. Jadi ingat sebuah film ya, si Jago Merah. Sama kan mobil truk-nya? Sayang, saat saia tanya tentang spesifikasi termasuk merk, dijawab dengan gelengan kepala. Maklum juga sih, dari beragam atribut yang tertempel di truk berkelir merah tersebut, sangat minim informasi. Yang jelas, kedua truk tersebut merupakan kendaraan hibah dari Pemda DKI Jakarta pada tahun 1982 untuk Kota Malang, yang dulunya bernama Kotamadya Malang.

Secara fungsi sih, mesin masih sehat dan bisa berjalan normal, hanya saja beberapa fungsi seperti pompa penyemprot sudah tidak bisa lagi diremajakan. Makanya, daripada tidak berfungsi maksimal, ada ide kreatif untuk dimanfaatkan sebagai edukasi sekaligus wisata di kota Malang. Lho, apa nggak mengganggu kinerja PMK tuh? Nggak masbro dan mbaksis, kan mendayagunakan kendaraan yang tidak lagi terpakai, untuk operasional PMK, sudah ada kendaraan lain dengan beragam jenis dan keluaran tahun yang lebih muda, lebih segar dan bisa maksimal menangani kebakaran.

Modifikasi pada truk PMK kuno ini nggak ekstrem. Sekedar menambahkan kapasitas penumpang pada bagian tengah. Kalau di tepi, tetap akan ditempati petugas PMK sebagai pemandu dan pengamanan. Secara fisik, masih dipertahankan keadaan orisinal truk lawas ini. Masih garang kan? Masih pula dilengkapi dengan sirine dan lampu rotator sebagai kelengkapan standar kendaraan PMK. Wisata edukasi dengan mobil PMK ini, nggak hanya sekedar berkeliling kota saja. Tapi juga akan mendapatkan edukasi dari petugas PMK mulai sejarah PMK di Kota Malang yang sudah ada sejak tahun 1932, gedung PMK yang juga masuk cagar budaya karena memang peninggalan kolonial Belanda termasuk yang ditunggu-tunggu nih, edukasi penanganan kebakaran. Selain berupa informasi, juga telah disiapkan praktek alias demo penangangan kebakaran. Mantap kan??

Untuk jadwalnya sendiri, dari hari Senin hingga Jumat, dikhususkan untuk siswa sekolah, mulai PAUD-TK hingga SD. Sementara untuk wisatawan, bisa memaksimalkan pada weekend, yaitu Sabtu dan Minggu. Asyik nih, bisa merasakan feel seorang petugas PMK diatas kendaraan dinasnya. Yang jelas, nggak bakalan diajak ngebut kok, kan wisata. Kecepatan antara 40-50 kpj saja, bahkan kurang karena melintas dalam kota  dan tidak sedang bertugas. Beda dengan mobil PMK aktif, yang kalau sedang bertugas, bisa dibejek kencang karena darurat. Melawan arus pun dilakoni demi kondisi darurat, berupaya secepatnya ke lokasi kebakaran untuk memadamkan kebakaran. Joss tenan nih driver-nya, skill dewa mah ini.

Inovasi yang brilian nih, memanfaatkan kendaraan PMK yang hampir tidak berfungsi maksimal untuk wisata. Bisa kontak ke UPT Damkar Kota Malang, kalau ingin tanya-tanya jadwal wisata PMK ya.

Semoga berguna, dan prioritaskan kendaraan PMK bila ketemu lagi ngebut di jalan ya masbro..

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s